GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Daftar Lowongan Kerja di Ibu Kota Baru, Tersedia Banyak Posisi

Daftar Lowongan Kerja di Ibu Kota Baru, Tersedia Banyak Posisi
Ilustrasi: Desain 3D Kawasan Ibu Kota Baru Nusantara

Pewarta.co.id, IKN Nusantara - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa Indonesia akan memiliki Ibu Kota Baru, yaitu Nusantara.

Sejumlah persiapan telah dilakukan berkaitan pemindahan Ibu Kota Negara Nusantara tersebut. Tentunya selain membutuhkan modal yang tak sedikit, segala persiapan berkaitan dengan teknis juga tentu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang banyak pula.

Hal ini menjadi kabar gembira terutama para job hunter, atau pemburu info lowongan kerja.

Berdasarkan Lampiran II Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN, setidaknya ada enam klaster yang akan dikembangkan pada fase awal pembangunan, yaitu teknologi bersih, farmasi, pertanian, ekowisata, kimia, dan energi rendah karbon.

"Klaster-klaster yang terbentuk dari sektor ekonomi IKN dapat mendorong kesempatan kerja dan meningkatkan pendapatan penduduk lokal. Di antara berbagai klaster tersebut, terdapat dua klaster yang sudah melekat dengan penduduk lokal dan memiliki partisipasi yang cukup tinggi yaitu ekowisata dan pariwisata kesehatan/kebugaran," demikian bunyi aturan tersebut, seperti dikutip dari detikFinance, Jumat (25/2/2022).

Sehingga untuk optimalisasi pembangunan Ibu Kota Baru tersebut, saat ini dibukalah banyak lowongan kerja yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Dan berikut ini daftar lowongan kerja di Ibu Kota Baru selengkapnya.

1. Pengusaha dan pemandu wisata beserta pemandu satwa liar, jagawana, serta ekowisata komunitas dan budaya;

2. Perajin, pengusaha dan pekerja di toko cenderamata lokal dan penyelenggara lokakarya kerajinan tangan;

3. Pengusaha dan pekerja di pusat kesehatan/kebugaran, spa lokal, klinik kecantikan, dan penyembuhan tradisional;

4. Pengusaha, manajer, serta pekerja di bidang akomodasi dan kuliner;

5. Pengusaha dan pekerja di agro-ekowisata, koperasi pertanian, serta pasar pertanian; dan

6. pengusaha dan pekerja di bidang ritel, makanan dan minuman, serta seni dan hiburan.

Sementara itu untuk daftar lowongan kerja di IKN klaster kedua, lebih spesifik pada bidang industri pertanian berkelanjutan, terutama untuk ekstrak tanaman dan produk herbal.

Klaster ini lebih diarahkan untuk meningkatkan nilai tambah dari komoditas pertanian yang dihasilkan oleh penduduk lokal, yang nantinya akan membuka banyak kesempatan lapangan kerja dari proses hilirisasi pengolahan komoditas pertanian.

Daftar Lowongan Kerja di IKN:


1. Petani tanaman sumber ekstrak;

2. Pekerja tanam, panen, pengeringan, dan produksi;

3. Pengumpul hasil alam liar;

4. Pengusaha, manajer, dan pekerja di manufaktur produk pertanian tradisisonal lokal;

5. Pedagang besar dan kecil, dan

6. Pengusaha dan pekerja pengemasan dan pemasaran.

Melalui daftar lowongan kerja di Ibu Kota Baru tersebut, diharapkan dapat menjaring SDM berkompeten sesuai posisi yang dibutuhkan. Meski demikian proses menjaring pekerja juga dipastikan tidak asal-asalan, mengingat proyek pembangunan IKN Nusantara menelan banyak sekali biaya. Sehingga hanya SDM berkualitaslah yang nantinya akan terpilih.

(ang/prm)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close