Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Manfaat Dauh Sirih, Selamat Tinggal Jerawat dan Komedo Bandel

Minggu, 27 Februari 2022 | 03:01 WIB Last Updated 2022-04-12T18:25:56Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


manfaat daun sirih untuk menyembuhkan jerawat dan komedo
Masker wajah menggunakan daun sirih

Pewarta.co.id - Setiap orang ingin terlihat tampan atau pun cantik. Sampai perawatan mahal pun dilakukan.


Berbagai macam perawatan dilakukan, seperti membeli kosmetik mahal, bahkan ada yang masih setia memanfaatkan bahan-bahan herbal demi mendapatkan penampilan yang maksimal.


Seiring bertambahnya usia , terkadang masalah penampilan menjadi masalah tersendiri. Bukan hanya menyoal mahalnya biaya perawatan, tapi kadang waktu dan pikiran sering menjadi penghalang untuk sekedar menyisihkan waktu demi melakukan perawatan penampilan.


Salah satu masalah yang sering membuat resah dalah penampilan di sekitar wajah. Jerawat dan komedo adalah 'kawan lama' yang sering datang bersamaan. Kehadiran jerawat dan komedo sering membuat kesal. Karena mau semahal apapun pakaian yang digunakan, sementereng apapun merek sepatu yang dikenakan, tetap saja akan terasa kurang jika masalah jerawat dan komedo yang membandel selalu menganggu.


Tak jarang orang bukan hanya merasa risih, tapi juga kurang percaya diri terhadap penampilan tatkala memiliki jerawat dan komedo di wajahnya. Terkadang sampai harus merogoh kocek dalam demi membersihkan jerawat dan komedo di wajah.


Lalu bagaimana solusinya untuk menghilangkan jerawat dan komedo yang aman tapi terbilang ampuh?


Kabar baiknya ternyata Anda bisa memanfaatkan daun sirih sebagai bekal memerangi jerawat membandel, atau meminimalisir adanya komedo di wajah. Cara ini terbilang aman karena seperti kita ketahui daun sirih merupakan obat herbal alami yang tanamannya sangat mudah dijumpai.


daun sirih tanaman asli indonesia
Daun sirih

Tentang Daun Sirih


Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia, yang proses tumbuhnya dengan cara merambat pada batang pohon lain.


Sirih sendiri memiliki banyak sebutan, tergantung daerah asal dimana daun tersebut tumbuh. Nama lain sirih antara lain suro, sireh, bido, base, dan amo (Sumber: Wikipedia).


Dalam tradisi masyarakat adat, sirih dan buahnya sering juga digunakan untuk campuran gambir, pinang, tembakau, dan kapur, tujuannya untuk perawatan kesehatan gigi dengan cara menumbuk semua bahan tadi menjadi satu, lalu mengunyahnya.


Daun Sirih sebagai Obat Jerawat Alami


Daun sirih memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain untuk perawatan gigi seperti dijelaskan tadi, daun sirih juga bermanfaat untuk penyembuhan jerawat dan komedo secara alami dan menyehatkan.


Permasalahan kulit berminyak, bisa teratasi dengan memanfaatkan daun sirih. Asal tepat dalam penggunaannya, dan sesuai yang dianjurkan.


Daun sirih dapat digunakan sebagai masker wajah, terutama bagi Anda yang saat ini mengalami masalah kulit berminyak, komedo, dan jerawat yang susah hilang.


Masker wajah menggunakan daun sirih bisa sebagai alternatif solusi selain Anda juga bisa memanfaatkan bahan herbal lain seperti madu, lidah buaya, mentimun, dan berbagai macam buah-buahan yang memang selama ini dikenal baik untuk perawatan kulit wajah.


Cara Menyembuhkan Jerawat Menggunakan Daun Sirih


1. Membuat Masker Wajah Daun Sirih untuk Kulit Berminyak


- Siapkan daun sirih segar lalu hancurkan;


- Lalu ambil air sari-sari dari hasil tumbukan tadi;


- Campurkan tiga sendok teh air daun sirih dengan dua sendok teh madu dan dua sendok teh garam; lalu


- Tempelkan pada permukaan wajah yang berjerawat. Lakukan rutin sampai memperoleh hasil yang maksimal.


Peran madu disini untuk menjaga kelembaban kulit wajah agar tidak memproduksi minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Sedangkan daun sirih bermanfaat untuk membuka pori-pori kulit yang tersumbat.


2. Membuat Masker Wajah Daun Sirih untuk Penyembuhan Jerawat


- Pilih daun sirih terbaik, ambil beberapa helai daun lalu tumbuk halus sampai membentuk pasta;


- Tambahkan sejumput bubuk kunyit dan campurkan merata ke dalam pasta tadi;


- Oleskan pada area wajah yang berjerawat;


- Tunggu sampai kering, lalu bilas atau bersihkan wajah di bawah air mengalir; dan


- Lap wajah menggunakan handuk berbahan halus secara perlahan.


Pentingnya melakukan metode ini secara berkala agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Maka jangan kaget kalau kemudian jerawat bandel yang selama ini Anda alami akan hilang dan kulit wajah menjadi sehat kembali.


Namun demikian hasil setiap orang selalu berbeda, tergantung tingkat keparahan yang dialami. Jika memang threatment ini menjadikan iritasi selama prosesnya, jangan segan untuk berkonsultasi ke dokter kulit. Tapi jika dirasa semua aman dan nyaman lakukan secara rutin.


3. Gunakan Air Daun Sirih sebagai Bilasan


- Siapkan 10 lembar daun sirih terbaik dengan kondisi masih segar;


- Rebus ke dalam panci dengan takaran air 1 liter;


- Saring air rebusan tersebut, tunggu sampai dalam keadaan hangat kuku; kemudian


- Gunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci muka setiap malam menjelang tidur.


4. Manfaat Daun Sirih untuk Menyamarkan Flek Hitam


- Pilih daun sirih terbaik, lalu cuci sampai bersih;


- Rendam daun sirih ke dalam air hangat;


- Campurkan sedikit jeruk nipis; terakhir


- Rendam handuk berbahan halus ke air rebusan tadi, lalu kompreskan ke bagian wajah yang terdapat bercak flek hitam.


Jika Anda mau bersabar melakukannya secara rutin dan kontinyu, maka permasalahan wajah seperti komedo, jerawat, flek hitam, kulit kerut akibat penuaan dini, semua dapat teratasi hanya dengan memanfaatkan daun sirih tersebut.


Itu dia tadi serangkaian tips sehat manfaat daun sirih untuk perawatan wajah. Semoga hasil terbaik bisa Anda dapatkan, dan waktunya mengucapkan selamat tinggal jerawat dan komedo bandel.


(ami/kj)


Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close