GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Sirkuit Mandalika Kotor, Pebalap MotoGP 'Sambat'

Sirkuit Mandalika Kotor, Pebalap MotoGP Sambat
Foto: Marc Marquez mencoba lintasan sirkuitt Mandalika. Dok. CNN 

Pewarta.net, Lombok - Sejumlah rider sudah melakukan uji coba lintasan di sirkuit Mandalika, Lombok Barat, NTB.

Beragam komentar bernada 'sambat' pun terlontar usai agenda uji lintasan tersebut. Terutama kotornya trek lintasan yang berpotensi membahayakan para pebalap.

Hal tersebut dikarenakan kondisi cuaca yang diguyur hujan lebat di area sekitar sirkuit. Diantara para rider yang mengeluh salah satunya adalah Andrea Dovizioso.

Pebalap WithU RNF Yamaha itu mengungkapkan dimana para pebalap harus turun sendiri untuk membersihkan lintasan, yang menurutnya seharusnya ada cara lain untuk mengatasi hal tersebut.

"Setiap rider tidak benar-benar ingin membalap, karena saya keluar sebelum pertemuan dan saya tidak bisa menjelaskan seberapa buruk itu. Tetapi mereka sudah mencoba membersihkan sebelum saya keluar, di tikungan 1 dan 2, dan saya tidak melihat perbedaan antara tikungan itu dan yang lainnya." ungkapnya.

Ia menambahkan, jika seharusnya ada cara yang lebih efektif untuk membersihkan lintasan, seperti menggunakan mesin misalnya. Sehingga pebalap tidak sampai melakukan hal demikian.

Namun menurut Dovizioso hal tersebut sudah tidak memungkinkan mengingat waktu persiapan yang semakin mepet.

"Jadi pertanyaannya adalah, jika bisa membersihkan dengan cara yang lebih baik, maka sebaiknya balapan menunggu sampai besok (Sabtu .red)." imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan pebalap LCR Honda, Alex Marquez. Ia menyebutt ide membersihkan trek lintasan awalnya berasal dari dia.

"Jadi pada saat itu semua orang mulai membersihkan trek, jadi itu bagus. Garisnya cukup bersih. Memang benar jika Anda membuat kesalahan kecil, Anda bisa keluar dari line dan bisa jatuh." ujarnya.

"Tapi garisnya tidak buruk, dan cengkeraman dari aspal dan trek tidak buruk. (Namun) itu benar-benar kotor, tapi saya harus mengatakan dari level grip murni dan itu tidak buruk." pungkasnya.

Meskipun banyak pebalap yang berkeluh kesah karena kotornya lintasan, namun tak sedikit yang tetap mengapresiasi kualitas sirkuit Mandalika yang menurut mereka menyuguhkan sensasi luar biasa.

(emd/sp)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close