GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Asal-usul Sejarah Perayaan Hari Valentine, Kapan Pertama Kali Diperingati

 

Asal-usul Sejarah Perayaan Hari Valentine, Kapan Pertama Kali Diperingati
Ilustrasi Hari Valentine. (Dok.Web)


PEWARTA.CO.ID - Salah satu perayaan yang banyak dirayakan ketika bulan Februari datang adalah Hari Valentine. Hari Valentine diperingati setiap tanggal 14 Februari.

 

Hari Valentine biasa disebut dengan hari kasih sayang. Hari Valentine umumnya dirayakan dengan orang-orang yang terkasih, menghabiskan waktu bersama serta bertukar hadiah.

 

Jika dirunut lagi ke belakang, sebenarnya bagaimana Hari Valentine bermula dan ada sejarah apa dibaliknya?

 

Perayaan hari kasih sayang ini memang seringkali terasa ketika bulan Februari datang. Bahkan sebelum Hari Valentine tiba ramai di mal, supermarket, hotel dan tempat-tempat tertentu didominasi dengan hiasan bunga, promo makan malam romantis, pernak-pernik berbentuk hati serta balon-balon yang menyemarakkan berbagai tempat.

 

Hari kasih sayang menjadi hari yang tepat untuk mengungkapkan perasaan, memberikan coklat kepada pasangan, serta menghabiskan waktu berdua. Di balik perayaanya yang romantis, namun Hari Valentine ternyata mengandung cerita kelam dibaliknya.

 

Sejarah Perayaan Hari Valentine 


Sejarah datang dari seorang pendeta Roma yang bernama Valentine, dia memiliki akhir hidup yang tragis. Legenda ini menceritakan bahwa Valentine dipancung kepalanya pada tanggal 14 Februari 278 masehi. Bentuk eksekusi ini adalah hukuman karena Pendeta Valentine dianggap menentang kebijakan seorang kaisar yang bernama Claudius II.

 

Berdasarkan catatan sejarah, Claudius II dikenal kejam setelah membuat Roma terlibat dalam serangkaian pertemuan berdarah.  Hal ini agar Roma dapat selalu menang dalam peperangan. Untuk mewujudkan ambisinya, sang kaisar ingin membentuk tentara yang siap mati di medan perang. Namun bala tentaranya enggan untuk datang ke medan perang karena terikat pada kekasih atau istri mereka. Akhirnya sang kaisar Claudius II melarang semua masyarakat di Roma untuk menikah serta melakukan pertunangan.

 

Akan tetapi kebijakan ini ditentang oleh pendeta Valentine. Dia secara diam-diam menikahkan pasangan muda. Tindakan ini ternyata ketahuan dan pada akhirnya Pendeta Valentine ditahan serta dihukum pancung.

 

Atas jasanya, Valentine dinobatkan sebagai orang suci yang disebut sebagai Santo Valentine.  Hukuman ini sekaligus dijadikan sebagai peringatan yang dilakukan setiap tanggal 14 Februari.

 

Pertama Kali Diperingati

 

 Sesungguhnya perayaan pertama hari valentine tak terelepas dari pendeta valentine yang dihukum pancung pada tanggal 14 Februari karena dia telah memperjuangkan kisah cinta sepasang pemuda yang ingin menikah.

 

Berdasarkan legenda menyebutkan bahwa Pendeta Valentine sebelum meninggal sempat meninggalkan catatan perpisahan untuk putri penjaga penjara yang menjadi temanya. Dengan tulisan “From Your Valentine” yang artinya ”dari Valentine-mu”.

 

Ekspresi cinta yang ada dalam surat tersebut membuat orang lain kemudian meniru tindakan yang dilakukan Pendeta Valentine yaitu dengan menulis surat cinta dan puisi kepada orang yang disayang.

 

Hingga kini tradisi itu tetap dilakukan oleh masyarakat di seluruh dunia, yaitu dengan memberikan surat cinta atau bertukar kado kepada orang yang dicintai.    

 



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close