GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Keren, Desa Ini Bangkit Dari Kemiskinan Karena Faktor Kambing, Bagaimana Ceritanya?

Keren, Desa Ini Bangkit Dari Kemiskinan Karena Faktor Kambing, Bagaimana Ceritanya?
Ilustrasi peternakan kambing


Pernah mendengar nama Desa Tangkil? Sebuah desa yang terletak di kawasan lereng Gunung Merapi serta tercatat sebagai desa yang miskin.


Desa Tangkil ada di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Memang awalnya desa ini termasuk desa yang miskin, sampai pada akhirnya potensi luar biasa desa ini bisa tergali dengan maksimal.


Sebagian besar profesi masyarakat Desa Tangkil adalah sebagai peternak dan petani biasa, seperti pada umumnya profesi orang-orang di desa lainnya.


Kondisi desa ini mulai berubah, sejak mendapatkan pembinaan langsung dari balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Klaten pada tahun 2021 yang lalu.


Sejak adanya agenda pembinaan tersebut, dalam waktu kurang lebih 1 tahun, ternyata banyak sekali potensi desa yang bisa dimaksimalkan. Beberapa diantaranya ada di sektor UMKM, peternakan, sampai pada sektor kesenian.


Dari sekian banyak sektor yang mulai  terberdayakan, ada satu sektor yang ternyata memberikan efek luar biasa bagi warga masyarakat Desa Tangkil, yaitu sektor peternakan. Alhasil desa yang awalnya miskin tersebut, lambat laun berubah menjadi desa yang kaya dan makmur.


Dari sektor peternakan ini, Desa Tangkil berhasil melahirkan kambing etawa berkualitas unggul. Dari sinilah kisah itu bermula, serta memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat Desa Tangkil.


Kualitas kambing etawa yang dihasilkan pun juga teruji dalam kontes tingkat nasional yang pernah diadakan di Yogyakarta. Kambing etawa dari Desa Tangkil akhirnya bisa meraih peringkat juara tiga dalam kontes tersebut.


Dengan adanya prestasi tersebut, maka harga jual kambing-kambing etawa yang merupakan produk unggulan dari Desa Tangkil akhirnya meningkat berkali-kali lipat bahkan sampai menyentuh harga puluhan juta rupiah.


Dulu, setiap warga hanya memiliki kambing etawa sejumlah 8 hingga 10 ekor saja, namun sekarang setiap warga bahkan ada yang memiliki 30 ekor indukan kambing etawa. Kambing-kambing etawa tersebut dipelihara untuk dijual susunya dan juga untuk diikutkan kontes. 


Kambing etawa memang termasuk kambing yang memiliki nilai jual tinggi, sebab bisa menghasilkan susu yang baik bagi kesehatan. Bahkan, nilai jualnya bisa meningkat drastis ketika kambing tersebut memang dalam kontes. Harganya bisa naik menjadi puluhan sampai ratusan juta rupiah.


Selain potensi kambing etawa, produk olahan ubi talas di Desa Tangkil ini juga cukup prospektif. Pasarnya sudah menjangkau di seluruh Kabupaten Klaten.


Berkat pendamping dari Balkesmas tersebut, masyarakat Desa Tangkil mulai memahami akan potensi yang terpendam di tempat mereka tinggal. Sehingga hanya dalam waktu sekitar 1 tahun, potensi Desa Tangkil ini bisa terangkat dan memberikan efek positif bagi warga masyarakat.


Nah, begitulah ceritanya Desa Tangkil yang awalnya adalah desa yang miskin, bisa bangkit dan berkembang menjadi desa yang kaya, karena berhasil melahirkan kambing-kambing etawa dengan kualitas yang unggul.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close