GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Selama Ini Salah Sangka, Ternyata Buah Utuh dan Jus Buah Itu Beda Khasiat. Lebih Baik yang Mana?

Selama Ini Salah Tangkap, Ternyata Buah Utuh dan Jus Buah Itu Beda Khasiat. Lebih Banyak yang Mana?
Ilustrasi Jus Buah dan Butuh Utuh, Mana yang Lebih Sehat?


PEWARTA.CO.ID - Semua orang tahu bahwa buah adalah salah satu menu diet sehat yang direkomendasikan oleh para pakar kesehatan. Ada yang memakannya secara langsung ada juga yang membuatnya menjadi jus.


Mengkonsumsi buah bisa dimakan secara langsung dan bisa juga diolah terlebih dahulu menjadi produk jus buah. Tapi mana yang lebih sehat? Mana yang lebih baik antara jus buah atau buah utuh?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mengetahui penjelasan dari dokter ahli gizi. Seperti yang dijelaskan oleh Johanes Casay, seorang Dokter Gizi di Rumah Sakit Melinda Bandung, menjelaskan bahwa buah utuh yang dikonsumsi secara langsung adalah cara yang paling baik untuk mendapatkan manfaat secara maksimal.


Semua nutrisi yang ada di dalamnya bisa diserap tubuh secara maksimal, mulai dari vitamin, serat, hingga zat antioksidannya. Namun, bukan berarti tidak boleh dibuat menjadi jus buah ya. Hanya saja dengan diolah menjadi jus buah, beberapa nutrisi penting akan menghilang.


"Sebaiknya dimakan langsung, bukan tidak boleh dijadikan jus. Tapi ketika jadi jus banyak nutrisi penting yang malah hilang," kata Johanes.


Beliau melanjutkan bahwa banyak yang tidak sadar bahwa ketika seseorang mengkonsumsi buah dalam bentuk jus, maka akan cenderung berlebihan. Misal mengkonsumsi jeruk yang dalam bentuk buah, pastinya akan berbeda ukurannya dengan konsumsi jeruk dalam bentuk jus buah.


Misalnya ketika seseorang meminum satu gelas jus jeruk, maka kurang lebih butuh sekitar 8-10 buah jeruk. Padahal ketika seseorang memakan jeruk utuh, memakan dua buah jeruk saja sudah sangat cukup untuk menutrisi tubuh.


Perlu diketahui, ketika seseorang memakan buah dalam jumlah yang banyak, bisa dipastikan kandungan gula yang terdapat di dalam buah tersebut juga akan ikut masuk ke dalam tubuh. Artinya seseorang akan mengkonsumsi gula secara berlebihan.


Walaupun jus jeruk tersebut sudah diolah tanpa tambahan campuran apapun, tetap saja zat-zat yang terkandung di dalamnya menjadi berlebihan. Jika over, maka itu tidak baik juga untuk kesehatan manusia.


Tidak hanya itu saja, jika seseorang mengkonsumsi buah utuh, maka kandungan serat yang ada di dalam buah masih utuh dan bisa terserap ke dalam tubuh secara maksimal. Beda dengan jus buah yang kebanyakan kandungan seratnya sudah dihilangkan, atau ketika masih ada pun sisanya juga tinggal sedikit saja.


Padahal, kita sudah mengetahui bahwa serat memiliki peran yang penting untuk kesehatan. Salah satunya untuk membantu melancarkan pencernaan. Maka, ketika seseorang kekurangan serta, sistem pencernaannya bisa terganggu.


Nah, itulah perbedaan khasiat antara buah utuh dengan jus buah. Mulai sekarang, mulailah bijak dalam mengkonsumsi buah agar efek sehatnya lebih terasa bagi tubuh.  



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close