GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

5 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Lagi Hits 2023

5 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Lagi Hits 2023


Pewarta.co.id - Jawa Timur adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan Surabaya sebagai ibu kota provinsi. Provinsi ini berbatasan dengan Jawa Tengah pada sebelah barat dan Selat Bali pada bagian timur. 


Provinsi ini memiliki luas wilayah sebar 47.963 kilometer persegi yang meliputi dua bagian utama, yaitu Jawa Timur daratan dan Kepulauan Madura. 


Secara  administratif, Jawa Timur terbagi menjadi 29 kabupaten dan sembilan kota. Angka ini menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi yang memiliki jumlah kabupaten atau kota terbanyak di Indonesia.  


Di Jawa Timur ada berbagai macam wisata mulai dari wisata sejarah, alam, hingga wisata modern.


Simak ulasan wisata di Jawa Timur berikut ini. 


1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru 


Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terkenal karena keindahannya. Lokasinya di sebelah timur kota Malang dan Lumajang, di sebelah selatan Pasuruan dan Probolinggo, dan di sebelah tenggara Surabaya.


Taman nasional ini adalah satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir, yaitu Laut Pasir Tengger. Di seberangnya terdapat kaldera gunung berapi purba tempat munculnya empat kerucut gunung berapi baru.


Pengunjung dapat melihat ragam pemandangan indah yang mencakup area seluas 5.250 hektare pada ketinggian sekitar 2.100 meter. Tinggi Gunung Semeru mencapai 3.676 meter dan merupakan puncak tertinggi di Jawa.


Kaldera Tengger merupakan kaldera terbesar di Jawa dengan 10 kilometer lautan pasir tandus seperti gurun. Suhu di puncak Gunung Bromo berkisar antara lima sampai 18 derajat Celcius. 


Pengunjung juga akan terpesona dengan lautan pasir yang menjadi jalan menuju puncak Bromo. Gerbang utama menuju lautan pasir dan Gunung Bromo adalah melalui Cemoro Lawang. 


Jalur ini adalah area kunjungan yang paling ramai, terutama pada hari libur. Ada banyak jenis kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan ini seperti berkemah, menyaksikan pemandangan, menunggang kuda ke lautan pasir atau berjalan kaki. 


2. Kawah Ijen


Dataran Tinggi Ijen atau dikenal sebagai Kawah Ijen terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah aktif ini berukuran 950 kali 600 meter dan terletak di puncak Gunung Ijen. 


Kawahnya memiliki warna pirus yang indah sehingga membuat siapa saja yang melihatnya terpesona. Wisatawan yang datang ke Kawah Ijen juga dapat menyaksikan fenomena api biru atau blue fire.


Pengunjung harus mendak dahulu selama dua jam hingga puncak, diikuti dengan pendakian 45 menit ke tepi kawah. 


Api biru adalah fenomena dari gas belerang yang muncul dari retakan pada suhu sekitar 600 derajat Cecus. Nyala api bisa mencapai tinggi 5 meter. 

Untuk bisa melihatnya, Anda harus mulai mendaki pada pukul 01.00 atau 02.00 dini hari Bagi masyarakat sekitar, Kawah Ijen juga memberikan manfaat ekonomi. 


Mereka menggunakan kawah sebagai lokasi penambangan batu belerang. Setiap hari, mereka membawa keranjang berisi bongkahan belerang yang diambil dari bagian bawah kawah.


3. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan berada di Ngluweng. Sarangan, Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan dikelilingi bukit-bukit nan hijau sehingga menyuguhkan pemandangan yang indah.Di tempat ini juga terdapat area permainan untuk  anak-anak.


Telaga Sarangan bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Momen terbaik untuk menikmati suasana di sini adalah sore menjelang malam.


Pada waktu tersebut, suasana Telaga Sarangan akan lebih sejuk. Kamu pun berkesempatan melihat sunset yang cantik dari tempat ini.


Terdapat sejumlah alokasi harga tiket masuk untuk pengunjung yang ingin menikmati berbagai wahana menarik di Telaga Sarangan. Untuk bisa masuk ke Talaga Sarangan, pengunjung hanya perlu menyiapkan uang Rp 20 ribu saja


4. Pulau Bawean 


Pulau Bawean adalah salah satu pulau terindah di Indonesia. Letaknya di Jawa Timur dan secara administratif berada di Kabupaten Gresik. 


Tepatnya di Laut Jawa, sekitar 80 mil atau 120 kilometer sebelah utara Gresik. Nama Bawean sendiri memiliki arti khusus. Bawean diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti “Ada Sinar Matahari”.


Untuk mencapai pulau ini, dibutuhkan tiga jam perjalanan dengan kapal cepat dari pelabuhan Gresik. Pelabuhan ini selalu sibuk, banyak aktivitas bongkar muat barang serta para penumpang yang berbondong-bondong keluar ke pelabuhan merupakan pemandangan ramai di pelabuhan. 


Pulau Bawean memiliki luas wilayah 196,27 kilometer persegi dan secara administratif terbagi atas Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak, dan membawahi 30 desa. 


Sangkapura adalah kabupaten terbesar di pulau Bawean. Pulau ini memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia. Selain wisata bahari, wisata danau dan air terjun, para pengunjung juga dapat menikmati budaya masyarakat adat di Pulau Bawean. 


Ada pula spesies rusa yang hanya ditemukan (endemik) di Pulau Bawean, yang disebut Axis Kuhli. Selain itu, banyak tanaman manggis, salak, buah merah, dan durian ditanam di pulau ini. Puluhan spesies ikan juga dapat ditemui di pesisir pulau.


5.Taman Nasional Baluran


Taman Nasional Baluran merupakan taman nasional pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1980 dan mendapat julukan Africa Van Java.


Julukan itu didapatkan karena keindahan alam Taman Nasional Baluran mirip dengan di Afrika. Disebut Baluran karena berada tidak jauh dari gunung Baluran.


Beragam hal menarik bisa disaksikan mulai dari Hutan, Gua, Padang Savana, dan masih banyak lagi. Seperti Taman Nasional lain yang dikelola pemerintah harga tiket masuk kawasan wisata ini terbilang sangat terjangkau.


Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Yuk, tentukan pilihan tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi bersama keluarga.




Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close