GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tips Memilih Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Bergizi untuk Menjaga Stamina Selama Bulan Ramadhan 2023

Contoh menu buka puasa selama ramadhan


PEWARTA.CO.ID - Bulan Ramadhan 2023 sebentar lagi akan tiba, dimana umat Muslim di seluruh dunia akan berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Berbuka puasa menjadi momen yang dinanti-nanti untuk mengisi kembali energi dan nutrisi yang hilang selama berpuasa. 


Namun, banyak orang yang tergoda untuk memilih makanan dan minuman yang kurang sehat saat berbuka puasa, yang justru dapat menurunkan stamina dan membuat tubuh lemas. 


Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih menu berbuka puasa yang sehat di bulan Ramadhan 2023, yang dapat meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh.


1. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks


Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang kompleks dan lambat dicerna oleh tubuh. Makanan seperti roti gandum, nasi merah, dan kentang dapat memberikan energi yang bertahan lebih lama, sehingga dapat membantu meningkatkan stamina selama berpuasa. 


Selain itu, karbohidrat kompleks juga mengandung serat yang dapat membantu menjaga pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus.


2. Konsumsi protein berkualitas


Protein merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Pilihlah sumber protein berkualitas seperti ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan untuk memastikan asupan protein yang cukup selama berbuka puasa. Protein juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi rasa lapar selama berpuasa.


Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula dan lemak berlebih


Makanan dan minuman yang mengandung gula dan lemak berlebih dapat menurunkan stamina dan membuat tubuh terasa lemas. Hindari makanan dan minuman manis seperti kue, permen, dan minuman bersoda, serta makanan yang digoreng atau berlemak tinggi seperti keripik, kentang goreng, dan ayam goreng.


3. Pilih makanan yang tinggi serat


Makanan tinggi serat dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi risiko sembelit selama berpuasa. Pilihlah buah-buahan, sayuran hijau, dan biji-bijian sebagai sumber serat yang baik. Serat juga dapat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat.


4. Minum air putih yang cukup


Ketika berpuasa, tubuh mengalami dehidrasi karena tidak mendapatkan cairan dari makanan dan minuman. Oleh karena itu, sangat penting untuk minum air yang cukup saat berbuka puasa. Hindari minuman yang mengandung kafein dan gula berlebihan seperti kopi dan minuman bersoda, karena dapat menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.


5. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting


Makanan yang mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan stamina selama berpuasa. Konsumsi makanan seperti ikan salmon, kacang-kacangan, dan sayuran hijau untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup.


Memilih menu berbuka puasa yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina selama bulan Ramadhan 2023. Perhatikan kebutuhan nutrisi dan energi yang diperlukan oleh tubuh, serta hindari makanan dan minuman yang tidak sehat. 


Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan nutrisi penting, serta jangan lupa untuk berolahraga secara teratur untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan sehat. 


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memilih menu berbuka puasa yang sehat dan meningkatkan stamina selama bulan Ramadhan 2023.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.