GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Workshop dan Temu Usaha IPDMIP Digelar di Sidrap

Workshop dan Temu Usaha IPDMIP Digelar di Sidrap
Workshop dan Temu Usaha IPDMIP Digelar di Sidrap 

PEWARTA.CO.ID - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Sidrap melaksanakan Kegiatan Workshop dan Temu Usaha (Business Meeting) yang  merupakan Program Integrated Participatory Depelopment And Management of Irrigation Project (IPDMIP) dengan mengangkat tema "Saatnya Petani Bicara Kabupaten Sidenreng Rappang", berlangsung di Cafe Hadide, Rabu 15 Maret 2023.


Kegiatan Temu Usaha tersebut dihadiri Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Sidrap, Ibrahim SP, Kepala Bidang Penyuluhan DTPHPKP Sidrap H. Muhammad Zainal SP, Pimpinan Perum Bulog, Perwakilan Pihak Perbankan BRI, BPD, Kordinator dan  Konsultan IPDMIP regional 6 Provinsi Sulsel, Jajaran Dinas Bappeda, Perdagangan, Bapelitbangda, Koperasi, Perpadi, PT Japfa, Petrotani, PB Rahma, Koordinator Penyuluh Pertanian, Fungsional Kabupaten dan 9 Kordinator BPP Pelaksana IPDMIP yang tersebar di 7 Kecamatan yakni BPP Panca Lautang, BPP Tellu Limpoe, BPP Maritengngae, BPP Watang Pulu, BPP Baranti, BPP Kulo, BPP Pitu Riawa, program IPDMIP. 


Kadis Pertanian Sidrap, Ibrahim SP dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa temu usaha ini sebagai sarana untuk membangun akses kerjasama/kemitraan antara petani dengan penyedia saprodi, lembaga keuangan atau offtaker dalam rangka peningkatan kapasitas petani dalam menyediakan beras dan komoditi bernilai tinggi lainnya di daerah irigasi. 


"dalam kegiatan IPDMIP ada 3 OPD yang berperan penting yakni Bapenas, Bappeda, dan Pengairan," jelas Ibrahim


Selain itu Kadis Pertanian Sidrap,Ibrahim membahas diantaranya mengenai sekolah lapang dan  penangkaran benih. 


"sekolah lapang itu  petani telah dilatih mengenai pengolahan tanah, teknologi, pemupukan, pasca panen, dan penggunaan benih yang tepat agar petani dapat mengaplikasikannya di lokasi masing-masing, "jelas Ibrahim.


Harapan saya mengenai IPDMIP agar dapat mewujudkan petani-petani milenial yang siap memberi kontribusi untuk peningkatan produksi bagi petani lainnya, "tutupnya.


Untuk diketahui Program IPDMIP di Kabupaten Sidrap tersebar di 9 titik yaitu, Daerah Irigasi (DI) Wette, DI Botto, DI Takkalasi, DI Watang Loa, DI Bangkai, DI Tellang Kulo, DI Simae, DI Ana Banna, DI Lancirang.


Sementara itu, Koordinator Regional 6  IPDMIP Provinsi Sulsel, Abu Talib menyampaikan bahwa "tujuan umum dari temu usaha petani dan offtaker (business meeting di wilayah proyek integrade participatory development and management off irrigation (IPDMIP) adalah yakni sarana desiminasi informasi hasil-hasil kerja petani di wilayah proyek IPDMIP, sarana untuk meningkatkan wawasan petani dalam pengembangan bisnis dari hulu sampai hilir dengan melibatkan stakholder. 


"Output yang ingin dicapai dari kegiatan temu usaha IPDMIP ini yakni terlaksananya promosi dan desiminasi produk petani milenial/kelompok tani/KWT melalui kegiatan temu usaha, "tutup Abu Talib.***



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close