GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Sering Alami Anxiety Saat Hendak Tidur di Malam Hari? Begini Solusinya!

Sering Alami Anxiety Saat Hendak Tidur di Malam Hari? Begini Solusinya!

PEWARTA.CO.ID - Kecemasan dan gangguan tidur kerap menjadi masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang. Terutama bagi mereka yang memiliki gangguan kecemasan, kecemasan yang muncul pada malam hari dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur dan membuat tidur tidak nyenyak. 


Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa kecemasan kerap muncul saat akan tidur di malam hari dan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.


Apa itu Anxiety?


Anxiety adalah perasaan ketidaknyamanan atau rasa khawatir yang berlebihan terhadap suatu situasi atau kejadian. Kecemasan sebenarnya adalah respons alami dari tubuh kita terhadap situasi yang menantang atau berbahaya, namun jika kecemasan tersebut berlebihan dan terjadi terus-menerus, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang.


Mengapa Anxiety Kerap Muncul saat Akan Tidur di Malam Hari?


Kecemasan yang muncul saat akan tidur di malam hari dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:


1. Berpikir Terlalu Banyak


Saat kita akan tidur, otak kita seharusnya istirahat dan tidak dipaksa untuk bekerja secara terus-menerus. Namun, jika kita terus berpikir dan merenungkan masalah atau kekhawatiran di malam hari, otak kita akan tetap aktif dan sulit untuk tidur.


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association, 40% responden mengalami kesulitan untuk tidur karena kekhawatiran yang terus-menerus menghantui mereka pada malam hari.


2. Perubahan Hormon


Hormon kortisol dan adrenalin, yang berperan dalam meningkatkan respons tubuh terhadap stres, akan mencapai puncaknya pada pagi hari dan akan menurun pada malam hari. Namun, pada beberapa orang, hormon-hormon tersebut dapat tetap tinggi pada malam hari sehingga menyebabkan rasa gelisah dan kesulitan untuk tidur.


3. Gangguan Kecemasan


Orang yang memiliki gangguan kecemasan, seperti gangguan kecemasan generalisasi, gangguan panik, atau gangguan obsesif-kompulsif, memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak mengalami gangguan kecemasan. Kecemasan yang tinggi pada malam hari dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur dan membuat tidur tidak nyenyak.


4. Pengaruh Lingkungan


Faktor lingkungan seperti suhu kamar yang tidak nyaman, kebisingan dari luar, atau cahaya yang terlalu terang dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Lingkungan yang tidak nyaman dapat memicu kecemasan dan membuat sulit untuk tidur.


Bagaimana Mengatasi Anxiety yang Muncul Saat Akan Tidur di Malam Hari?


Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu mengatasi kecemasan yang muncul saat akan tidur di malam hari:


1. Atur Waktu Tidur yang Teratur


Membuat jadwal tidur yang teratur dan konsisten dapat membantu tubuh untuk terbiasa dan mempersiapkan diri untuk tidur di waktu yang sama setiap hari. Cobalah untuk tidur minimal 7-8 jam setiap malam untuk memastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.


2. Hindari Kafein dan Alkohol pada Malam Hari


Kafein dan alkohol dapat mempengaruhi kualitas tidur dan membuat tubuh lebih sulit untuk tidur. Cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol pada malam hari.


3. Hindari Penggunaan Gawai Sebelum Tidur


Paparan sinar biru dari layar gadget dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yang mempengaruhi kualitas tidur. Hindari penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur untuk memastikan tubuh memproduksi melatonin dengan optimal.


4. Lakukan Relaksasi atau Meditasi Sebelum Tidur


Meditasi atau relaksasi dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga mempersiapkan diri untuk tidur. Cobalah untuk melakukan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam-dalam atau yoga sebelum tidur.


5. Tingkatkan Kondisi Lingkungan


Pastikan kamar tidur Anda nyaman dan tenang. Cobalah untuk menyesuaikan suhu kamar, mengurangi kebisingan dari luar, dan mematikan cahaya yang terlalu terang.


6. Konsultasikan dengan Ahli Kesehatan Mental


Jika kecemasan yang muncul pada malam hari terus berlanjut dan mengganggu kualitas tidur Anda, konsultasikan dengan ahli kesehatan mental untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Dengan mengikuti beberapa tips di atas, Anda dapat mengatasi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Jika kecemasan tersebut terus berlanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.