Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Kenapa Produk Apple Mahal? Ternyata ini 5 Alasannya!

Kamis, 17 Februari 2022 | 08:12 WIB Last Updated 2022-02-28T17:54:26Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Kenapa Produk Apple Mahal? Ternyata ini 5 Alasannya!
Ilustrasi: Produk-produk Apple. Dok: Official

Pewarta.co.id, Teknologi - Kebanyakan orang pasti sepakat jika ditanya apa yang terlintas pertama saat mendengar kata Apple, pasti menjawab terkenal dengan produk yang mahal.

Meskipun mahal nyatanya produk keluaran Apple tetap menjadi incaran pecinta gadget.

Bahkan bukan hanya para pemerhati smartphone saja yang beranggapan demikian, malah kebanyakan pebisnis, profesional muda, sampai kalangan selebritis seakan sudah menjadikan Apple sebagai standar paten untuk merepresentasikan sosok mereka dengan memiliki gadget berlogo apel tersebut.

Tidak bisa dihindari bahwa persepsi jika seseorang memiliki produk Apple pasti berasal dari kalangan orang kaya.

Ambil contoh, yang terbaru Apple merilis iPhone 13 Pro Max dengan varian memori internal 512 GB. Harga iPhone 13 Pro Max di Indonesia mencapai 27 juta rupiah. Namun nyatanya tetap banyak juga peminatnya.

Tapi pernahkah Anda berpikir kenapa harga produk Apple bisa mahal?

Padahal secara fungsi hampir sama persis dengan kebanyak gadget lain. Seperti iPhone misalnya, layaknya ponsel yang digunakan untuk telpon dan layanan pesan singkat, sama seperti ponsel pada umumnya.

Atau iPad, gadget dengan layar lebar yang juga dimiliki merk lain, yang gunanya bisa untuk mempermudah pekerjaan, sebagai alternatif saat tidak membawa laptop.

Dan ternyata ada loh alasannya kenapa produk Apple bisa mahal. Bukan semata soal nama besar brand yang saat ini tersemat. Tapi memang ada hal istimewa yang membuat produk Apple menjadi mahal.

Setidaknya berikut 5 alasan mengapa produk Apple bisa dikenal mahal.

1. Biaya Riset dan Pengembangan Mahal


Dibalik alasan harga jual produk Apple yang mahal ternyata juga dilatarbelakangi biaya riset dan pengembangan yang tidak murah.

Pada 2020 lalu saja Apple menghabiskan biaya sekitar Rp 256 triliun untuk kebutuhan riset dan pengembangan.

Dana tersebut sepenuhnya untuk membiayai kegiatan riset dan pengembangan di berbagai laboratorium penelitian kecil milik Apple yang tersebar di seluruh dunia. Dan biaya itu yang akhirnya menjadi tanggungan konsumen saat membeli produk Apple.

2. Perangkat Lunak yang Eksklusif


Semua produk Apple menggunakan perangkat lunak atau software yang eksklusif. Artinya tidak menggunakan produk dari pengembang lain, melainkan diproduksi sendiri oleh perusahaan Apple.

Pengguna tidak akan menemukan software Apple di gadget pada merek lain.

Sistem operasi iOS misalnya, yang hanya berlaku di produk Apple. Berbeda dengan produk Android besutan Google yang biasa dipakai banyak merek seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan masih banyak lainnya.

Begitu juga operating system (OS) untuk produk dekstop. Dimana ekslusifitas itu tidak bisa didapatkan pada perangkat komputer yang menggunakan OS seperti Windows, buatan Microsoft.

3. Garansi Dukungan Pembaruan Software


Apple merasa layak menghargai mahal produknya, salah satunya karena dukungan pembaruan software kepada penggunanya.

Jaminan dukungan tersebut bahkan diberikan untuk jangka waktu yang lama. Apple dengan sangat leluasa melakukan ini karena alasan perangkat lunak yang ekslusif tadi.

Dengan sistem ekslusifitas ini Apple bisa lebih optimal melakukan pembaruan tanpa harus berpikir tentang kompatibilitasnya. Sebagai contoh, iPhone 6s yang diluncurkan pada 2015 lalu, hingga kini masih bisa mendapat dukungan pembaruan software versi terbaru, yaitu iOS 15.

4. Sistem Keamanan yang Ketat


Yang tak kalah pentingnya bagi pemilik gadget adalah scurity system atau sistem keamanan. Dengan sistem pengembangan software yang tidak bersifat terbuka (open source), produk Apple cenderung sulit untuk dibobol.

Jadi persepsi mahal untuk produk Apple bisa dibilang sesuai dengan jaminan keamanan yang diberikan oleh perusahaan.

Maka tak heran kenapa banyak kalangan selebritis yang menggunakan Apple, salah satunya agar data privasi mereka terlindungi dengan maksimal.

5. Penggunaan Komponen Kelas Premium


Kenapa produk Apple mahal? Karena mereka menggunakan komponen perangkat keras (hardware) yang paling handal di kelasnya. Jarang terdengar ada keluhan dari konsumen terkait adanya gangguan pada fisik gadget mereka.

Dengan komponen yang bersifat premium tersebut membuat produk Apple dapat bertahan lebih lama dibandingkan merek lainnya.

Komponen yang handal membuat produk Apple dapat berfungsi dengan baik meskipun dalam kurung waktu puluhan tahun sekalipun.

Nah sobat gadget, itulah alasan kenapa produk Apple mahal. Setelah melihat ulasan di atas tentu stigma tersebut dapat terjawab.

Bagaimana sobat gadget, Anda kah diantaranya yang selalu mengelu-elukan produk Apple tersebut?

(spl/dim)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close