Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

10 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah dan Tepat Waktu

Minggu, 27 Maret 2022 | 22:33 WIB Last Updated 2022-03-27T15:33:53Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


10 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah dan Tepat Waktu
Ilustrasi dua anak kecil sedang sholat.


PEWARTA.CO.ID - Sholat Subuh termasuk kewajiban dalam sholat lima waktu yang harus dilakukan umat Islam. Selain karena alasan wajib, ada banyak keutamaan sholat Subuh yang bisa didapatkan jika menjalankannya.

Setidaknya ada 10 keutamaan sholat Subuh yang didapat umat Islam jika dengan tulus ikhlas melaksanakannya. Terlebih jika sholat Subuh tersebut dilakukan secara berjamaah, dan tepat waktu tentunya.

Mungkin saat di usia pelajar Sekolah Dasar (SD) dulu Anda sering mendengarkan penjelasan tentang keutamaan Salat Subuh berjamaah ini. Namun tak ada salahnya untuk coba mengingat kembali materi tersebut, laku berusaha istiqomah dalam mengamalkannya.

Jika membahas tentang kebaikan, keutamaan, maupun fadillah dalam beribadah, rasanya tidak cukup jika menghitung manfaatnya dari sudut pandang seorang hamba. Karena pasti masih banyak keutamaan lain yang belum terhitung, apalagi hanya dengan menyebut 10 keutamaan saja.

Namun setidaknya, dalam artikel ini akan dibahas secara garis besarnya saja, di mana 10 keutamaan sholat Subuh berjamaah yang dilakukan secara tepat waktu memang di antaranya seperti disebutkan dalam poin-poin berikut. Sekalipun tidak menutup kemungkinan masih banyak manfaat lain yang belum dituliskan.

Melansir dari situs Orami.co.id, tim redaksi Pewarta telah merangkum 10 keutamaan Salat Subuh berjamaah dan tepat waktu yang wajib diketahui umat Islam.

1. Mendatangkan Keberkahan


Keutamaan yang pertama jika melaksanakan sholat Subuh berjamaah serta tepat waktu adalah dapat mendatangkan keberkahan bagi yang menjalankan.

Karena Sholat Subuh merupakan aktifitas yang di pagi hari yang turut didoakan oleh Rasulullah SAW.

"Yaa Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya." (HR. Abu Dawud, Tarmizi, dan Ibn Majah).

Jika mengetahui keutamaan mendapatkan doa dari Nabi Muhammad SAW, mulai sekarang jangan telat lagi ya Subuhnya.

2. Menjadi Jalan Masuk Surga


Keutamaan Sholat Subuh yang kedua, sering kita dengan dalam pelajaran pendidikan agama di sekolah atau mendengarnya langsung dari ustaz, yaitu menjadi jalan masuk surga bagi umat Islam.

Rasulullah SAW bersabda,

"Barangsiapa yang mengerjakan salat berdain (yaitu salat Subuh dan Ashar) maka dia akan masuk surga." (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635).

3. Penghalang Masuk Neraka


Hampir semua ibadah dalam Islam memiliki nilai kebaikan, begitu juga dalam keutamaan sholat Subuh berjamaah dan tepat waktu.

Dikatakan satu riwayat, jika seorang muslim menjalankan sholat subuh maka dapat menghindarkannya dari pintu neraka.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

"Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan salat sebelum terbitnya matahari (yaitu salat Subuh) dan salat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu salat Ashar)." (HR. Muslim no. 634).

4. Pahala Seperti Sholat Semalam Penuh


Keutamaan shalat Subuh memang luar biasa. Diriwayatkan jika seorang muslim yang melaksanakan sholat Subuh pahalanya sama dengan sholat semalam penuh.

Meskipun Subuh cuma 2 rekaat, namun nyatanya memliki banyak keistimewaan dari segi hitungan pahala yang Allah SWT berikan kepada hambanya.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam.

Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu." (HR. Muslim, dari Ustman bin Affan Radhiallahu 'anhu).

5. Berada dalam Jaminan Allah SWT


Keutamaan lain dari menjalankan sholat Subuh adalah akan berada dalam Jaminan Allah SWT.

Hal ini sesuai penjelasan dalam hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Barangsiapa yang sholat Subuh maka dia berada dalam Jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya.

Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam." (HR. Muslim no. 163).

6. Sama Besarnya dengan Pahala Haji atau Umrah


Siapa yang tak ingin melaksanakan ibadah di Baitullah, kota suci yang dirindukan semua umah Islam. Namun tak semua dapat menginjakkan kaki dengan mudah untuk beribadah dan berdoa di hadapan Ka'bah.

Namun ternyata, hanya dengan menjalankan sholat Subuh berjamaah, nilai pahalanya sama dengan pahala Haji atau Umrah. Jadi, kapan lagi bisa mendapatkan pahala sama besarnya dengan orang yang berhaji atau umrah, namun dengan cukup sholat di masjid terdekat dari rumah Anda. Sangat murah kan?

Dari Anas ibn Malik Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang sholat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas sholat dua rekaat, maka baginya seperti pahala Haji dan umrah yang sempurna." (HR. Tirmidzi).

7. Terhindar dari Sifat Munafik


Keuntungan lagi bagi umat muslim yang menjalankan ibadah wajib Sholat Subuh, terlebih secara berjamaah dan tepat waktu, maka akan terhindar dari sifat munafik.

Hal ini sesuai yang diterangkan dalam hadits yang berbunyi:

"Tidak ada shalat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahun (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak.

Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas adzan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang tidak keluar melaksanakan shalat (di masjid)." (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu).

8. Doanya Disaksikan para Malaikat


Setiap muslim wajib percaya dan mengimani bahwa apa saja yang dilakukan di dunia selalu diketahui oleh Allah SWT. Pun demikian Allah telah memerintahkan kepada malaikat untuk mencatat setiap amalan baik dan buruk selama hidup.

Begitu juga dengan amalan saat shalat Subuh, yang ternyata salah satu keutamaannya adalah doa-doa umat muslim akan disaksikan oleh malaikat.

Hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

"Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka.

Dan dia lebih tahu keadaan hamba-hambaNya, 'Bagaimana kondisi hamba-hambaKu ketika kalian tinggalkan?' Para malaikat menjawab, 'Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat." (HR. Bukhari-Muslim).

9. Berkesempatan Sholat Sunah Subuh


Umat Islam yang menjalankan ibadah wajib sholat Subuh, juga berkesempatan menambah amalan lain dengan melakukan sholat sunah Subuh, ibadah yang memiliki banyak kebaikan, bahkan dikatakan lebih baik dari dunia dan seisinya.

Hadist yang menerangkan bab ini, berbunyi:

"Dua rakaat (shalat sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya." (HR. Muslim dan Ummul Mukminin Aisyah Radhiyallahu'anha).

10. Mendapat Cahaya Sempurna pada Hari Kiamat


Berikutnya, keutamaan yang didapat umat Islam yang menjalankan ibadah shalat Subuh adalah mendapatkan cahaya sempurna saat hari kiamat tiba.

Karena saat hari itu tiba, keadaan akan gelap gulita. Namun karena keihklasan umat Islam yang melakukan perjalanan menuju masjid saat waktu subuh, menjadikannya jaminan mendapat cahaya sempurna dibanding yang tidak mengamalkannya.

Hal ini telah diterangkan dalam hadits, dari Buraidah al-Aslami Radhiyallahu'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

"Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Itu dia tadi 10 keutamaan yang terdapat dalam ibadah sholat Subuh yang dilakukan secara berjamaah serta tepat waktu. Meski sekali lagi, masih ada banyak fadillah yang sebenarnya bisa didapat umat muslim dengan menjalankan sholat Subuh berjamaah dan tepat waktu tersebut. Namun mungkin bisa diulas lebih lanjut pada artikel selanjutnya.

Setelah tahu keutamaan dari sholat Subuh berjamaah tersebut, mulai sekarang harus lebih semangat lagi untuk beribadah di waktu pagi hari ini ya sobat!

(mry/ben)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close