Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Diet, Bisa? Begini Caranya!

Kamis, 17 Maret 2022 | 08:32 WIB Last Updated 2022-03-17T01:32:17Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Tips menurunkan berat badan tanpa diet
Ilustrasi pola makan sehat.


Pewarta.co.id - buat sebagian orang, memiliki kelebihan berat badan memang menjadi masalah. Mulai dari susahnya beraktivitas, sampai repot soal urusan memilih busana. Tak jarang diet ketat pun dilakukan hanya demi menurunkan badan ideal.

Ironisnya, tak sedikit orang melakukan diet dengan cara yang sembarangan, atau bahkan sampai 'menyiksa' tubuh. Arti menyiksa di sini bisa diartikan seperti diet tak wajar, seperti mengurangi porsi makan secara ekstrim, serta olahraga keras yang memforsir tenaga, yang efeknya kadang sampai sakit.

Sampai sefrontal itukah harusnya untuk mencapai berat badan ideal?

Untungnya, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan dalam menurunkan berat badan dengan cara sehat. Tanpa harus berlebihan melakukan aktivitas di luar batas kebiasaan.

Tentunya cara menurunkan berat badan tersebut sesuai dengan saran dan anjuran yang diberikan oleh pakar kesehatan ya.

Nyatanya ada kok tips menurunkan berat badan tanpa harus diet. Artinya, Anda akan tetap bisa menikmati hidup secara normal tanpa perlu membatasi diri untuk melakukan ini dan itu.

Dalam artikel ini Anda akan menemukan sekaligus mengetahui langkah bijaknya, sehingga mencapai apa yang Anda inginkan, yaitu memiliki berat badan yang proporsional, ideal, dan tentunya tidak sampai stres memikirkan cara-caranya.

Mengutip dari laman Grid, inilah cara menurunkan berat badan tanpa harus diet tersebut.

Budayakan Sarapan Pagi Secara Teratur


Langkah pertama yang harus Anda terapkan untuk memulai hidup sehat bisa dimulai dari cara yang paling sederhana, sesederhana melakukan sarapan pagi secara teratur.

Berniat menurunkan berat badan kok malah disuruh makan secara teratur? Ya sesuai judulnya, kan ada penjelasan di mana Anda tidak harus diet!

Memang apa efeknya melakukan sarapan pagi secara teratur?

Menurut penelitian, orang yang rutin sarapan secara teratur memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.

Hal ini bisa berimbas bagus ketika beraktivitas. Produktivitas Anda juga akan lebih positif, semangat, dan tidak mudah lemes.

Sarapan pagi tidak harus nasi, misal Anda memilih gandum, sereal, atau bahkan hanya sekedar roti dan susu pun dirasa cukup selama itu bisa mengganjal perut yang kosong.

Konsumsi Gandum Berserat


Cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan dalam menurunkan berat badan tanpa perlu diet adalah mengkonsumsi gandum berserat.

Gandum memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Karena gandum dapat menambah serat dalam tubuh, yang fungsinya untuk menahan lapar.

Efeknya, Anda akan cenderung makan dalam porsi yang wajar ketika perut terasa kenyang terus.

Olahraga Ringan


Selain mengkonsumsi makan yang kaya akan serat, Anda pun disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Tetapi, olahraganya pun tak perlu yang berat-berat. Cukup olah raga ringan seperti jalan kaki misalnya.

Di era yang dituntut serba cepat seperti sekarang, orang cenderung berpacu dengan waktu untuk melakukan pekerjaan. Bahkan saking sibuknya, sampai tak terasa jika sudah berjam-jam duduk di kursi dibalik layar. Padahal, seharusnya Anda sempatkan sesekali untuk melakukan peregangan otot dan berjalan kaki di sekitar tempat kerja.

Atau jika keseharian Anda hanya di rumah saja, bisa karena bisnis dari rumah (online shop), juga tak jarang hanya sibuk pada pekerjaan sampai lupa untuk olahraga ringan.

Hanya dengan berjalan kaki saja misalnya, Anda bisa merasakan manfaatnya, seperti menyehatkan jantung, pernafasan jadi teratur, dan tentunya berdampak pada penurunan berat badan secara sehat.

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan setidaknya per hari dapat berjalan kaki minimal 10 ribu langkah untuk setiap orang. Tapi jangan kurang kerjaan ya, dengan menghitung setiap langkahmu dalam berjalan.

Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran


Menurunkan berat badan tanpa diet yang paling nikmat adalah dengan makan! Loh kok bisa?

Ya karena sedari awal sudah kita bahas, bahwa ternyata ada cara menurunkan berat badan yang mudah tanpa harus menyiksa tubuh. Hasrat untuk makan jangan dilawan, turuti saja, asalkan yang dikonsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran.

Mengkonsumsi buah bisa kapan saja, baik pagi, siang, atau malam hari. Tidak ada waktu khusus yang mengatur perihal ini. Tetapi jangan lupa bersihkan dahulu buah tersebut sebelum memakannya. Atau baiknya selalu masak dengan cara yang tepat untuk jenis sayuran.

Mengkonsumsi banyak sayuran dan buah akan berdampak baik pada tubuh. Karena tubuh anda akan menerima banyak vitamin, mineral, fitonutrien, dan serat yang baik untuk metabolisme dan kekuatan daya tahan tubuh.

Nah itu dia tadi setidaknya ada 4 cara menurunkan berat badan ideal tanpa harus diet. Mudah bukan?

Mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat ya sobat. Jangan lupa seimbangkan juga dengan menjaga pola makan yang sehat, baik dari segi mengatur waktu makan, maupun selektif mengenai apa yang hendak dimakan.

Kesehatan itu mahal, dan Anda sendiri yang dapat menjaganya. Jadi mulai sekarang mari terapkan langkah-langkahnya seperti dijelaskan di atas. Selamat mencoba!

(fit/mkt)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close