Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Gempa Berkekuatan M 6,9 Guncang Nias Selatan, 14 Maret 2022

Senin, 14 Maret 2022 | 05:44 WIB Last Updated 2022-03-13T22:44:03Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


berita gempa Nias Selatan Sumut 14 Maret 2022
Ilustrasi peta Nias Selatan, Sumatera Utara (Wiki)


Pewarta.co.id, Nias Selatan - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,9 terjadi di Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin (14/3/2022) pagi tadi sekitar pukul 04.09 WIB.

Gempa yang dirasakan warga terasa cukup kencang. Seketika di kondisi yang masih gelap itu membuat warga Nias Selatan menjadi panik.

Mengutip informasi yang di-posting akun Twitter resmi BMKG (@infoBMKG), pusat gempa terjadi di 161 km Tenggara Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut).

Sementara untuk titik koordinatnya berada di 0.71 LS-98.50 BT pada kedalaman 25 kilometer.

Meski gempa dirasakan cukup kencang, namun BMKG menyatakan gempa di Nias Selatan ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi di Nias Selatan Sumatera Utara 14 Maret 2022
Tangkapan layar dari akun Twitter resmi BMKG (@infoBMKG) 14 Maret 2022.



Langkah dan Sikap ketika terjadi gempa


Saat peristiwa gempa seperti yang terjadi di Nias Selatan tersebut Anda mengalaminya sendiri, maka sikap yang sangat diperlukan adalah tetap tenang dan tidak panik berlebihan.

Tarik nafas pelan, tarik dalam-dalam, lalu hempaskan seraya berpikir relax. Kemudian lihat kondisi sekitar Anda, pilih tempat berlindung yang aman dari potensi terjadinya reruntuhan.

Tetap di dalam rumah saja


Jika terjadi gempa, pastikan tetap di dalam rumah saja meskipun getaran yang Anda rasakan cukup kencang. Ini untuk menghindari reruntuhan dan potensi cidera lebih serius. Karena akibat gempa bisa saja mengakibatkan pohon tumbang, tiang listrik ambruk, dan benda rapuh lainnya menimpa sesuatu yang lebih rendah.

Jika di luar ruangan


Namun jika ternyata saat terjadinya gempa bumi Anda berada di luar ruangan, maka bijaknya adalah menjauh dari benda-benda berukuran besar dan tinggi menjulang yang berpotensi tumbang.

Sekali lagi, pilih tempat berlindung yang aman. Serta jangan lupa berdoa.

Jika berada di bukit atau area pegunungan


Namun jika saat terjadi gempa tersebut Anda sedang beraktivitas di area perbukitan atau pegunungan, ada baiknya segera bergegas pindah ke tempat lapang. Pastikan tidak terlalu dekat dengan pepohonan yang tinggi menjulang.

Posisi di laut


Kebanyakan gempa berpusat dari kedalaman yang ada di bawah laut. Sehingga saat gempa terjadi segera pindah ke tempat yang lebih tinggi pada kapal yang Anda tumpangi.

Saat berkendara roda dua


Bagi yang sedang melakukan perjalanan menggunakan transportasi roda dua, jika terjadi gempabumi, maka disarankan berpegangan kuat agar tidak terjatuh. Atau lebih baik berhenti sejenak, menepi pada sisi jalan dan cari tempat yang tidak dekat dengan bangunan, gedung, atau benda-benda lain yang tinggi.

(ano/dlr)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close