Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Julukan Nama Kota-kota di Indonesia (Bagian 1)

Minggu, 20 Maret 2022 | 12:05 WIB Last Updated 2022-03-20T05:05:30Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Foto masjid 99 kubah Makassar
Masjid 99 Kubah di Makassar, Sulawesi Selatan.


PEWARTA.co.id - Sudah menjadi tradisi sejak lama jika nama-nama kota di Indonesia memiliki julukannya masing-masing untuk merepresentasikan identitas kota itu. Julukan yang diberikan bukan tanpa alasan, tetapi mengacu pada makna yang terkandung di dalamnya.

Melalui artikel ini, tim Pewarta coba rangkum nama julukan beserta makna dan alasan kenapa kita tersebut mendapat julukan demikian.

Indonesia memiliki ratusan kota yang tersebar pada tiap-tiap provinsi, malan akan begitu panjang jika artikel ini mencantumkan semuanya dalam sekali waktu.

Untuk itu khusus pada artikel ini tim redaksi Pewarta beri judul Julukan Nama Kota-kota di Indonesia (bagian 1), artinya masih akan ada bagian selanjutnya untuk menjelaskan julukan kota lain yang belum ada pada daftar di artikel ini. Coba simak, mungkin satu di antaranya adalah kota Anda!

Surabaya - Kota Pahlawan


Surabaya mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan. Ini tak lepas dari perjuangan arek-arek Suroboyo yang bertempur melawan penjajah pada peristiwa 10 November 1945. Identitas Kota Pahlawan pertama kali diberikan oleh Presiden RI yang pertama, yaitu Ir Soekarno, pada tahun 1950.

Bandung - Kota Kembang


Kota yang berada di Jawa Barat ini mendapat julukan unik, yaitu Kota Kembang. Hal ini karena Bandung memiliki kekayaan flora yang istimewa. Banyak beragam jenis bunga tumbuh subur di kota ini.

Bahkan terdapat kebun bunga yang cukup populer sebagai destinasi wisata keluarga, seperti Kebun Begonia Lembang, Taman Bunga Lembang Cihideung, Taman Pustaka Bunga, Kampung Tulip, Bunga rumah Rizal, dan masih banyak lainnya.

Jakarta - Kota Metropolitan


Dikenal sebagai barometer peradaban modern pertama di Indonesia, karena perkembangan ekonomi dan teknologi yang pesat sesuai ciri khas pengembangan kawasan Ibu Kota, sudah sewajarnya Jakarta mendapatkan julukan kota Metropolitan.

Selain itu alasan lain Jakarta disebut sebagai Kota Metropolitan, adalah karena menjadi letak pusat pemerintahan negara berada.

Malang - Kota Bunga


Pasti banyak yang menyangkal dengan sebutan ini. Wajar saja, karena selama ini identitas Malang dikenal sebagai Kota Apel. Namun faktanya, apel justru merupakan komoditas asli Kota Batu, yang kedudukannya sudah berdiri sendiri secara administratif.

Sedangkan julukan Malang Kota Apel masih berlaku saat Batu masih menjadi bagian dari Malang. Sehingga, kini Pemerintah Kota Malang melabeli identitas atau julukan Malang sekarang sebagai Kota Bunga.

Makassar- Kota Daeng


Sebelum berganti nama menjadi Makassar pada tahun 1999, kota ini dulunya bernama Ujung Pandang. Statusnya sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan, menjadikan Makassar sebagai Kota Metropolitan terbesar untuk wilayah Indonesia Timur.

Sementara itu, julukan Kota Daeng tak lepas dari kebiasaan adat dan budaya masyarakat Makassar yang sering menggunakan kata Daeng untuk berinteraksi, terutama saat memanggil orang yang lebih dituakan.

Medan - Kota Melayu Deli


Di zaman dahulu, di wilayah ini terdapat Kesultanan Deli, yang berkuasa hingga Perang Dunia 2 berakhir. Sampai sekarang, wujud Kesultanan Deli pun masih ada, tetap sistem pemerintahannya sudah tidak berlaku seperti dulu lagi.

Atas dasar nilai historis itu, akhirnya Medan mendapat julukan Kota Melayu Deli.

Yogyakarta - Kota Pelajar


Tanpa perlu dijelaskan pun Anda pasti tahu apa alasan Jogjakarta atau Yogyakarta mendapatkan julukan tersebut. Namun untuk lebih meyakinkan, Pewarta tetap cantumkan alasan dan maknanya sehingga julukan Kota Pelajar itu tersemat pada Jogjakarta.

Ya, di Yogyakarta terdapat banyak sekali wisata edukasi serta perguruan tinggi. Menurut data yang terhimpun, pada 2017 laku setidaknya ada 40 perguruan tinggi yang terakreditasi.

Julukan ini semakin diperkuat dengan adanya wisata edukasi seperti Taman Pintar, Museum Anak Kolong Tangga, Kampung Edukasi Watu Lumbung, Taman Tino Sidin, dan masih banyak lainnya.

Palembang - Kota Pempek


Pempek adalah kuliner khas Palembang. Karena saking kuatnya branding makanan asli Sumatera Selatan itu, sehingga Palembang yang notabene sebagai Ibu Kota Provinsi akhirnya mendapat julukan itu yang sudah melekat sejak dulu.

Bahkan Pempek bukan hanya ada di Palembang, melainkan sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia, tetapi tanpa meninggalkan identitas aslinya yaitu Pempek Palembang.

Sekian dulu untuk artikel kali ini. Selanjutnya akan kami sajikan kembali daftar julukan kota di Indonesia, lengkap diserta makna dan alasannya.

Tetap update informasi terkini, warta berita Indonesia terbaru hanya di Pewarta.co.id.

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close