Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Kenali Ciri-ciri Omicron pada Orang Dewasa, Serta Solusinya

Selasa, 08 Maret 2022 | 03:20 WIB Last Updated 2022-03-07T20:20:06Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


ilustrasi covid19 varian omicron
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron (Freepik)

Pewarta.co.id, Jakarta - Pandemi virus Corona belum berakhir, penyebaran virus ini masih menjadi ancaman secara global. Terlebih dengan munculnya varian Omicron, yang di klaim lebih cepat menular dan sangat berbahaya


Omicron dikatakan lebih berbahaya oleh peneliti, karena dapat menginfeksi berbagai kalangan usia. Penularan Omicron dapat terjadi pada anak-anak, orang dewasa, hingga lanjut usia (lansia).


Namun tidak semua orang dapat mengenali tanda-tanda bahwa dirinya tengah terjangkiti Omicron. Kondisi itu diperparah dengan aktifitas harian yang seolah tanpa batasan, yang padahal dengan tidak menyadari bahwa ada virus Omicron ditubuhnya, justru memperbesar peluang penyebaran kepada orang lain secara meluas.


Seperti dikutip dari University of California Davis Health, Minggu (6/3/2022), orang yang mengidap Omicron memiliki gejala yang hampir mirip dengan varian Covid-19 lainnya, termasuk Delta. Gejala tersebut seperti batuk, demam, dan merasa kelelahan.


Meski begitu, varian Omicron tidak boleh dianggap remeh, sekalipun yang dirasakan hanya sebatas batuk, pilek, meriang, atau demam seperti pada umumnya. Mengingat Omicron tetap mematikan bagi penderita yang memiliki penyakit penyerta (komorbid), begitu juga pada lansia.


Omicron juga dapat berakibat fatal bagi mereka yang belum tervaksinasi. Seperti dikatakan oleh Dean Blumberg, Kepala Penyakit Menular Pediatrik dari Rumah Sakit Anak UC Davis, California, bahwa orang-orang yang belum mendapatkan vasinasi juga rentan terserang ganasnya Omicron karena sistem kekebalan tubuh yang belum siap menerima serangan virus tersebut.


Lantas, seperti apa ciri-ciri Omicron, atau seperti apa tanda bahwa seseorang mengalami gejala Omicron?


dr Harish Chafle, konsultan pulmonologi dan perawatan kritis Rumah Sakit Global Parel, Mumbai, mengklasifikasikan setidaknya 3 kategori gejala Omicron, yaitu gejala umum, kurang umum, dan kategori serius.


Gejala Umum Omicron


  • Batuk;
  • Pilek;
  • Merasa kelelahan berlebih;
  • Kehilangan indera penciuman; serta
  • Kehilangan indera perasa.

Gejala Kurang Umum Omicron


  • Mengalami sakit tenggorokan;
  • Sakit kepala;
  • Rasa nyeri dan pegal-pegal di badan;
  • Ruam kulit (menjadi merah di bagian tertentu);
  • Aadanya perubahan warna pada jari tangan atau kaki; dan
  • Mata merah atau iritasi.

Gejala Serius Omicron


  • Kesulitas bernafas (susah nafas);
  • Kehidalangan bicara atau mobilitas;
  • Sering cemas;
  • Muncul perasaan kebingungan; dan
  • Nyeri dada.

Meski begitu, orang-orang yang memiliki gejala seperti dijelaskan di atas tidak perlu panik secara berlebihan. Mereka dianjurkan untuk tetap tenang, seraya fokus pada solusi mengatasi gejala Omicron tersebut.

Jika mengalami ciri-ciri tersebut, langkah bijaknya adalah dengan cara mengobati seperti layaknya flu biasa, seperti mengkonsumsi Paracematol dengan dosis yang teratur serta terukur, yang tujuannya untuk menurunkan suhu badan saat mengalami demam tinggi.

Dan jika yang dialami seperti sakit tenggorokan, solusi pertama yang bisa dicoba adalah mengkonsumsi permen pelega tenggorokan.

Beberapa dokter juga menyarankan unttuk mengkonsumsi air kelapa, karena dalam air kelapa terdapat kandungan elektrolit yang dapar mencegah potensi yang lebih buruk dari Omicron. Namun, pada dasarnya orang yang menderita gejala Omicron memang harus menyuplai asupan caairan yang cukup, agar menjaga tubuh tetap terdehidrasi.

Langkah penanganan gejala Omicron lain yang disarankan adalah menghirup uap hangat dari baskom yang berisi air panas. Siapkan juga kain berbahan lembut untuk dicelupkan ke dalam air hangat, lalu basuhkan ke dahi (kompres), untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat demam.

Namun demikian, hal terpenting dari semua itu adalah untuk segera mendapatkan vaksin. Dengan begitu upaya preventif terhadap serangan Omicron akan lebih maksimal.


Simak video "Gejala Omicron yang Beda dengan Varian Covid-19 Lain" berikut ini:


Itulah tadi keterangan mengenai ciri-ciri Omicron pada orang dewasa, atau penjelasan mengenai gejala Omicron yang patut diwaspadai.

(ano/dil)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close