Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Pesawat TNI AU Bakal Ikut Meriahkan Pembukaan MotoGP Mandalika 2022

Minggu, 20 Maret 2022 | 06:01 WIB Last Updated 2022-03-19T23:01:16Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Pesawat TNI AU meriahkan pembukaan MotoGP Mandalika
Aksi manuver tim JAT TNI AU.


PEWARTA.co.id, Jakarta - Persiapan menjelang gelaran MotoGP Mandalika 2022 sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Mulai dari event Mandalika GP Hub yang digelar di Jakarta, sampai parade pebalap yang mendapat sambutan antusias masyarakat.

Puncaknya, 20 Maret hari ini, ajang balapan MotoGP Mandalika 2022 akan digelar. Seremonial pembukaan akan semakin meriah dengan melibatkan atraksi pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU), yakni Jupiter Aerobatic Team (JAT). JAT dijadwalkan akan melakukan atraksi manuver di langit Mandalika.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Indam Gilang Buldansyah mengatakan, aksi ini merupakan wujud kontribusi TNI AU untuk turut menyukseskan gelaran MotoGP Mandalika 2022.

The Jupiters, sebutan JAT, dilaporkan telah mendarat di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, sejak Jumat (18/3/2022) lalu.

"The Jupiters akan tampil pada Minggu (20/3/2022), menghibur seluruh pengunjung dan peserta MotoGP Mandalika 2022," ujarnya, seperti dilansir detikNews.

"Tim aerobatik yang dipiloti para instruktur penerbang TNI AU ini akan menampilkan 14 manuver udara spektakuler di langit Mandalika selama 15 menit," jelasnya.

Marsma Indan menambahkan, nantinya Jenderal TNI AU bintang tiga juga akan terlibat dalam aksi itu, ia adalah Komandan Kodiklatau Marsekal Madya (Marsdya) TNI Nanang Santoso, yang akan memimpin aksi tim JAT di atas Sirkuit Mandalika, NTB.

Dalam penuturannya, Marsdya Nanang Santoso mengaku siap menampilkan aksi terbaik bersama tim JAT.

"JAT turut berpartisipasi menyukseskan gelaran MotoGP Mandalika 2022, dan siap menggelegarkan ajang balap motor kasta tertinggi dunia. Kami mohon doa restu seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya.

Perlu diketahui, aksi tim JAT dalam pembukaan MotoGP Mandalika 2022 merupakan instruksi langsung dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melalui Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Aksi JAT di Pembukaan World Superbike


Sebelum menjadi bagian dari pembukaan MotoGP Mandalika 2022, tim The Jupiters sudah lebih dulu menampilkan aksinya saat pembukaan World Superbike (WSBK) Championship beberapa waktu lalu, yang juga digelar di Sirkuit Mandalika. Saat itu JAT menurunkan enam pesawat untuk melakukan atraksi manuver.

Hal yang sama juga akan dilakukan pada seremonial pembukaan MotoGP Mandalika kali ini. Itu terlihat dari kegiatan gladi bersih yang telah dilakukan oleh tim JAT melalui unggahan Instagram resmi @jupiteraerobaticteam.

Atraksi enam pesawat Jupiter Aerobatic Team salah satunya akan membentuk formasi Heart Formation, atau membentuk pola asap di udara berbentuk hati atau simbol 'love'. Serta bentuk lain seperti yang dilakukan saat pembukaan WSBK 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close