Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Universitas Muhammadiyah Malang, Surakarta, dan Purwokerto Masuk 30 Besar di ASEAN

Kamis, 10 Maret 2022 | 06:21 WIB Last Updated 2022-03-09T23:21:59Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


universitas muhammadiyah malang peringkat 6 di asia tenggara
View Pemandangan Kampus UMM, Malang, Jawa Timur dari atas via drone

Pewarta.co.id, Malang - Melalui sistem pemeringkatan yang dilakukan AppliedHE, terdapat nama Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Ketiga kampus milik organisasi Islam, Muhammadiyah itu, masuk dalam 30 besar universitas swasta yang memenuhi beberapa kriteria penilaian, seperti kualitas pengajaran dan pembelajaran, kemampuan kerja, penelitian, keterlibatan masyarakat, internasionalisasi, dan reputasi institusional sebagai kampus yang di akui di wilayah Asia Tenggara.

Dari ketiga universitas Muhammadiyah itu, yang mendapatkan ranking tertinggi adalah kampus Malang. Pasalnya, UMM menjadi peringkat 6 di ASEAN berdasarkan rilis dari laman AppliedHE.

Sedangkan Universitas Muhammadiyah Surakarta berada di peringkat 15, dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto ads di posisi 27, dari total 29 kampus swasta yang terdaftar.

"(Sebanyak) 30 universitas dar Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam berpartisipasi dalam pemeringkatan edisi pertama tahun 2022)," tulis website AppliedHE, dikutip Republika, Rabu (9/3/2022).

AppliedHE merupakan organisasi yang bertugas melakukan pendataan sekaligus pemeringkatan terhadap universitas swasta yang ada di Asia Tenggara. Mereka berkantor pusat di Ming Lane, Midview City, Singapura.

Meskipun kantor mereka berada di Singapura, penilaian yang dilakukan AppliedHE sangat subjektif. Di mana mengaku tidak melibatkan kampus swasta yang ada di Singapura dikarenakan belum terakreditasi. Selain itu, universitas swasta dari Brunei Darussalam, dan Laos juga bernasib serupa.

Total ada 700 perguruan tinggi swasta di Asia Tenggara yang masuk dalam penilaian tim AppliedHE. Terdiri dari 500 kampus asal Indonesia, 80 kampus di Filipina, 50 kampus di Malaysia, 40 kampus di Kamboja, 30 kampus asal Thailand, 30 kampus Vietnam, dan 10 kampus dari Myanmar.

Menurut AppliedHE, universitas swasta memiliki peran penting dalam melahirkan tenaga kerja berkompeten, serta memiliki akses ke pendidikan tinggi.

Parameter penilaiannya meliputi, harus menawarkan setidaknya satu program gelar sarjana dan memberikan gelar universitas swasta. Dengan kriteria antara lain, metode mengajar dan belajar (40 persen), ketenagakerjaan (15 persen), penelitian (15 persen), keterlibatan komunitas (10 persen), internasionalisasi (10 persen), serta reputasi kelembagaan (10 persen).

Tujuan pemeringkatan universitas swasta ini kata AppliedHE, adalah untuk mengukur tingkat relevansi kampus bagi pelajar usia SMA, dan menjadikannya sebagai referensi ketika ingin berkuliah. Dengan melihat berbagai aspek penilaian, maka para siswa diharapkan dapat menemukan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat mereka.

Untuk daftar lengkap universitas swasta terbaik versi AppliedHE dapat Anda lihat pada artikel Pewarta melalui link ini.

(tia/sfy)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close