Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022 Lancar, Kinerja Polri Diapresiasi

Rabu, 11 Mei 2022 | 20:54 WIB Last Updated 2022-05-11T13:54:27Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022 Lancar, Kinerja Polri Diapresiasi
Cucun Ahmad Syamsurijal, Politisi PKB.

PEWARTA.CO.ID - Mobilitas arus mudik dan balik tahun ini meningkat pesat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Namun berkat kinerja Polri semua dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Banyak kalangan mengapresiasi kinerja Polri berkat pelayanan prima selama arus mudik-balik tahun ini, termasuk Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.

Cucun mengatakan, pihaknya menilai Polri sebagai ujung tombak strategi layanan dibalik lancarnya arus mudik-balik tahun ini sehingga patut diapresiasi.

"Kami memberikan apresiasi tinggi bagi kinerja jajaran Polri yang menjadi ujung tombak kelancaran arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Arus lalu lintas relatif jauh lebih lancar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," ujarnya, Rabu (11/5/2022).

Padahal menurutnya, tantangan dalam penyelenggaraan arus mudik-balik tahun ini lebih sulit, mengingat euforia masyarakat untuk pulang kampung begitu besar pasca pandemi dinyatakan melandai.

Bahkan, pemerintah sempat memprediksi akan ada kepadatan luar biasa karena arus mudik-balik akan melibatkan 85 juta warga perantauan yang kembali ke kampung halaman.

Namun faktanya, hampir tak terjadi sesuai yang tidak diinginkan, seperti kemacetan dalam kurun waktu yang lama yang dulu pernah terjadi.

"Situasi ini memunculkan kekhawatiran terjadinya deadlock lalu lintas karena meningkatnya volume penggunaan pribadi di jalan-jalan bebas hambatan," lanjut Cucun.

Kondisi itu lanjut Cucun, telah diantisipasi dengan baik oleh jajaran Polri bersama stakeholder terkait.

Diketahui Polri menerapkan beberapa strategi dalam mengatur arus mudik dan balik tahun ini, mulai dari penerapan one way, ganjil-genap, contraflow, hingga meminimalkan gerbang pembayaran tol yang terbukti berhasil menekan potensi kemacetan.

Apa yang dikhawatirkan banyak pihak akan terjadinya deadlock terbukti tidak terjadi.

"Alhamdulillah meskipun masih ada sedikit kemacetan tetapi secara umum layanan arus mudik dan balik lebaran berjalan dengan baik," ucap Cucun.

"Polri sebagai ujung tombak pelaksanaan layanan arus mudik dan balik lebaran di lapangan mampu menjalankan tugasnya dengan baik," sambungnya.

Selain itu, Cucun juga mengapresiasi inisiatif pemberian vaksin booster kepada masyarakat sebelum melakukan perjalanan mudik. Hal ini menurutnya berlaku cukup efektif untuk menciptakan rasa aman kepada masyarakat.

"Kita melihat intensitas dan keseriusan kinerja Polri di bawah komando langsung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam mengawal arus mudik dan balik lebaran," tuturnya mengapresiasi.

"Kapolri juga turun langsung ke beberapa titik arus mudik dan balik untuk memberikan arahan langsung bagi petugas di lapangan. Langkah ini tentu memberikan kepastian penerapan strategi layanan arus mudik dan balik bagi jajaran Polri di lapangan," pungkasnya.

(nri/why)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close