Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Di Mana Lokasi Asli KKN Desa Penari Berada? Ini Jawabannya!

Senin, 23 Mei 2022 | 02:09 WIB Last Updated 2022-05-22T19:12:31Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Di Mana Lokasi Asli KKN Desa Penari Berada
Suasana di Rowo Bayu, sebuah danau di Banyuwangi, Jatim

PEWARTA.CO.ID - Film KKN di Desa Penari telah menjadi fenomena. Dalam sekejap mampu memecahkan rekor jumlah penonton film di Indonesia sepanjang masa. Lantas, di mana lokasi asli Desa Penari dalam cerita tersebut?

Pertanyaan tentang lokasi asli KKN Desa Penari sudah lama muncul, hanya saja kali ini kembali mencuat setelah meledaknya film yang diangkat dari cerita salah satu pengguna Twitter dengan akun @SimpleM81378523.

Terkait lokasi asli KKN di Desa Penari belakangan mengarah ke sebuah kawasan di Banyuwangi, yakni Rowo Bayu.

Dikutip dari berbagai sumber di internet, Rowo Bayu adalah sebuah danau yang terletak di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.

Dikonfirmasi melalui Kepala Desa setempat, Sugito, ia membenarkan jika memang ada kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun 2009 di desanya, yang kemudian melatarbelakangi pembuatan film tersebut.

"Kalau KKN itu memang ada tahun 2009. Itu ada orang Surabaya di Desa Bayu. Kalau keterangan dari Kaur Kesra saya, itu ada orang dua itu yang sakit gitu lah. Kesurupan. Sampai 3 hari dicarikan orang tua, akhirnya gak sembuh-sembuh, akhirnya dibawa pulang," ungkap Sugito dikutip dari detikTravel, Senin (23/5/2022).

Lebih spesifik lagi Sugito menyebut lokasi persis kegiatan KKN tersebut dilaksanakan di Dusun Pelataran.

Bahkan Sugito juga mengungkapkan jika ada dua peserta KKN yang meninggal setelah melakukan hal tak senonoh di Dusun Darungan atau yang dikenal sebagai kampung yang 'hilang'.

"Terus ada dua pemuda dan pemudi itu masuk hutan, ya informasi yang kita tangkap, mereka itu ya sampai ke yang namanya Dusun Darungan. (Di sana melakukan hal yang negatif?) Iya seperti itu," sebutnya.

Sugito juga menjelaskan sekilas soal Dusun Darungan. Dari Rowo Bayu, jaraknya sekitar 2 km.

Sugito turut menjelaskan soal Dusun Darungan yang lokasinya sekitar 2 kilometer dari Rowo Bayu.

"Kan di Darungan itu ada kongsi. Kongsi itu kan bahasa Belanda, kalau sekarang perumahan. Dari perkebunan Bayu Lor. Lah, mulai tahun 2000 itu, karena pekerjaannya itu mengurang, kemudian dijadikan satu di kongsi Telepak. Sehingga mulai tahun 2000, perumahan Darungan itu dikosongkan," ungkapnya.

Kehebohan soal KKN di Desa Penari kali pertama terjadi pada 2019 silam. Diceritakan ada enam mahasiswa/i yang melaksanakan kegiatan KKN di Kota B, Jawa Timur pada 2009 akhir.

Kemudian akun @SimpleM81378523 memberi kisi-kisi jika kelompok mahasiswa dan mahasiswi yang menggelar KKN tersebut merupakan angkatan 2005/2006 dari sebuah perguruan tinggi di Kota S.

Netizen lain yang mengetahui postingan @SimpleM81378523 lantas mulai bertanya-tanya mengenai misteri kelompok KKN dan kota yang hanya disebutkan dengan inisial tersebut. Terlebih saat diceritakan dua di antaranya meninggal di lokasi KKN tersebut.

Melihat respon netizen terhadap postingan itu, akhirnya terjadilah kisahnya diangkat ke layar lebar dan bisa meledak seperti sekarang.

Bagaimana sobat Pewarta, apakah Anda setuju dengan pernyataan bahwa lokasi asli KKN di Desa Penari ternyata ada di Rowo Bayu, Banyuwangi?

(scp/gnj)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close