Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Kunjungan Wisatawan Asing di Tana Toraja Mulai Meningkat

Senin, 23 Mei 2022 | 04:44 WIB Last Updated 2022-05-23T05:54:49Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Kunjungan Wisatawan Asing di Tana Toraja Mulai Meningkat
Wisatawan mancanegara mulai ramai mengunjungi Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Dok.Adi/detikSulsel)

PEWARTA.CO.ID - Setelah dua tahun lamanya pandemi Covid-19 meluluhlantakkan sektor wisata di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, kini dilaporkan kondisinya berangsur pulih. Bahkan sudah banyak turis asing yang mulai berkunjung.

Salah satunya adalah Elena, wisatawan asal Portugal yang sengaja berlibur di Toraja. Ia memuji suasana Toraja yang menurutnya rapih dan nyaman.

"Sangat senang bisa berkunjung ke Toraja, setelah beberapa tahun tidak melakukan perjalanan jauh karena Pandemi. Pengelolaan objek wisata di sini (Toraja) tertata rapih dan sangat nyaman," ungkapnya seperti dicuplik dari detikSulsel, Senin (23/5/2022).

Selama berada di Toraja, Elena ditemani tiga orang kerabatnya yang masing-masing berasal dari India, Filipina, dan Italia. Mereka tiba di Toraja sejak Sabtu (21/5/2022).

Destinasi pertama yang menarik perhatian Elena bersama teman-temannya adalah wisata Patung Yesus Memberkati di wilayah Buntu Burake.

"Pertama kali. Patungnya tertinggi dunia yah, tempat yang luar biasa," pujinya.

Menurutnya, pariwisata di Toraja dapat memberikan pengalaman berbeda dibanding negara lain yang pernah ia kunjungi. Di Toraja semua objek wisata dapat menyatu dengan unsur adat istiadat masyarakat setempat.

"Banyak juga kerajinan tangan yang dibuat warga. Kultur budaya seperti ini harus dipertahankan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Rospita Napa mengatakan, meningkatnya jumlah turis asing yang berkunjung ke Tana Toraja menjadi pertanda baik.

"Dari pantauan kami, beberapa destinasi sudah mulai ramai pengunjung, dampaknya terlihat dari perputaran uang di beberapa destinasi, usaha kuliner dan juga pada sentra ekonomi kreatif," ujar Rospita dikutip dari detikSulsel.

Kunjungan wisatawan di Toraja mulai meningkat selepas kebijakan pelonggaran prokes diumumkan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Meski begitu, Rospita tak ingin lengah dengan memastikan bahwa prokes tetap diterapkan di tiap-tiap lokasi wisata.

"Kenyamanan antar (orang) yang paling utama. Prokes tetap dilaksanakan, ini juga yang masih akan kami gencarkan," pungkasnya.

(sfy/mli)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close