Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Tanggal 25 Mei Memperingati Hari Apa Saja? Cek Daftarnya!

Minggu, 22 Mei 2022 | 05:39 WIB Last Updated 2022-05-21T22:53:00Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Tanggal 25 Mei Memperingati Hari Apa Saja
Situs Kota Petra di selatan Amman, Yordania.

PEWARTA.CO.ID - Ada beberapa momen peringatan yang terjadi di tanggal 25 Mei setiap tahunnya. Di tahun 2022 ini tanggal 25 Mei jatuh pada hari Rabu. Lantas, tanggal 25 Mei memperingati hari apa?

Disadur dari laman Kompas, Minggu (22/5/2022), peringatan 25 Mei menandai beberapa momentum, di antaranya disebutkan seperti di bawah ini, lengkap beserta penjelasannya.

Daftar Peringatan Tanggal 25 Mei


Setidaknya ada tiga peringatan yang terjadi pada tanggal 25 Mei. Dimulai dari peringatan Hari Kemerdekaan Yordania, kemudian hari handuk, dan terakhir hari anak hilang di Amerika Serikat. Seperti apa sejarahnya? Baca sampai tuntas ya!

Hari Kemerdekaan Yordania


Yordania adalah sebuah negara Arab di Asia Barat. Yordania memiliki sejarah panjang, disebutkan kerajaan Yordania kini dipimpin dinasti keturunan Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan, pada abad ke-11 Yordania menyaksikan sebuah fase ketidakstabilan, sebab negara tersebut menjadi salah satu zona inti Perang Salib yang berujung pada kekalahan oleh Dinasti Ayyubiyah.

Secara geografis, Yordania letaknya berbatasan dengan Arab Saudi dan Irak yang masing-masing berada di bagian selatan dan timur.

Yordania memiliki nama resmi Kerajaan Hasyimiyah Yordania. Sejarah terbentuknya negara ini tak lepas dari peran keturunan Hasyim bin Abdul Manaf. Peringatan Hari kemerdekaan Yordania jatuh pada tanggal 25 Mei.

Hari Handuk


Mungkin bagi Anda yang membaca poin kedua ini sedikit mengernyitkan dahi. Antara penting dan tidak mengetahui fakta unik satu ini. Namun perlu diketahui jika faktanya 25 Mei juga diperingati sebagai hari handuk di sejumlah negara. Terutama setelah kematian Douglas Adams di tahun 2001 silam.

Adams menulis tentang manfaat handuk yang disebut sebagai barang paling berguna bagi para pelancong. Kegunaan handuk sebagai penghangat tubuh saat cuaca dingin.

Siapa Douglas Adams sebenarnya? Ia adalah seorang penulis yang humoris dengan karakter yang menyenangkan.

Berkat tulisannya itulah tanggal 25 Mei diperingati sebagai hari handuk untuk mengenang Adams.

Hari Anak Hilang Nasional di Amerika Serikat


Kemudian, tanggal 25 Mei juga diperingati sebagai Hari Anak Hilang Nasional bagi warga Amerika Serikat.

Hal ini tak lepas dari serangkaian pemberitaan tentang anak hilang bernama Etan Patz pada 25 Mei 1979. Semua media menjadikannya berita nasional kala itu.

Etan Patz (6) dilaporkan hilang saat dalam perjalanan pulang ke rumahnya di New York City.

Saat itu, kasus anak hilang jarang mendapat perhatian lebih dari media nasional Amerika, namun berbeda dengan Etan Patz, dalam waktu singkat beritanya sudah disiarkan oleh media secara luas.

Tiga tahun berselang kejadian serupa kembali terjadi. Kali ini lebih mencengangkan, setelah puluhan mayat anak kecil ditemukan di sebuah danau di pinggir jalan. Sontak kasusnya menjadi perhatian semua media nasional Amerika Serikat. Setelah ungkap kasus, pelakunya dapat ditangkap pada tahun 1981.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat Presiden Ronald Reagan menetapkan 25 Mei sebagai peringatan bagi anak-anak yang hilang.

Penetapan 25 Mei sebagai hari anak hilang dilakukan dua tahun setelah penemuan puluhan mayat anak di danau pinggir jalan tersebut.

Referensi:

Rahmawati, Nina. 2020. Hari-hari Penting Internasional. Yogyakarta: Laksana

Dilansir dari Kompas.com 2022. Tanggal 25 Mei Memperingati Hari Apa?

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close