GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Cek Sertifikat Tanah Online, Enggak Perlu ke Kantor BPN

Cara Cek Sertifikat Tanah Online, Enggak Perlu ke Kantor BPN
Aplikasi Sentuh Tanahku milik Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

PEWARTA.CO.ID - Sertifikat tanah merupakan bukti otentik sebagai tanda kepemilikan hak atas aset berupa sebidang tanah. Kedudukan surat tersebut kuat karena diakui oleh negara.

Namun dalam transaksi jual-beli properti biasanya orang lengah untuk mengecek keaslian surat sertifikat tersebut. Sehingga tak jarang dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab untuk berbuat jahat.

Agar terhindar dari aksi penipuan sertifikasi palsu atau surat tanah 'bodong' maka diperlukan upaya untuk mengecek langsung ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan mendatangi kantornya.

Namun seiring perkembangan teknologi, cara mengecek keaslian surat tanah tidak harus repot mendatangi kantor BPN. Karena hal itu bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan internet.

Setidaknya ada dua metode cara mengecek surat tanah online di internet, yakni menggunakan aplikasi pada perangkat telpon pintar (smartphone), serta melalui situs resmi BPN.

Website resmi BPN menyimpan data histori serta keterangan lengkap mengenai aset tanah di seluruh Indonesia. Data tersebut terkoneksi dengan server sehingga dapat diketahui jelas mengenai status tanah berdasarkan keterangan di sertifikat.

Artinya, sertifikat tanah bisa dilihat asli atau tidaknya menggunakan layanan di situs BPN tersebut.

Selain mengecek sertifikat tanah, layanan online BPN juga bisa digunakan untuk melihat informasi lokasi bidang tanah, ukuran, serta titik koordinat atas bidang tanah tersebut.

Di samping itu, situs BPN juga dilengkapi keterangan mengenai persyaratan, penyelesaian, keterangan tarif, hingga simulasi biaya mengurus kepemilikan tanah.

Adapun aplikasi BPN tersebut diberi nama "Sentuh Tanahku" yang bisa diunduh melalui PlayStore untuk smartphone berbasis Android, dan AppStore bagi pengguna iOS atau ponsel produk Apple. Aplikasi tersebut dapat dipasang (install) secara gratis.

Terkait penggunaannya, berikut keterangan cara mengecek tanah online menggunakan dua metode tersebut, lebih mudah dan ringkas tanpa perlu repot ke kantor BPN.

Aplikasi Sentuh Tanahku Kementerian ATR BPN


Cara Cek Sertifikat Tanah Online dengan Aplikasi


  • Unduh aplikasi Sentuh Tanahku di PlayStore atau AppStore, menyesuaikan jenis perangkat yang Anda gunakan (Android = PlayStore / Apple = AppStore)
  • Daftar/registrasi menjadi pengguna dengan alamat email yang aktif
  • Masukkan username beserta kata sandi yang diinginkan
  • Anda akan mendapatkan link aktivasi yang dikirimkan ke email, lalu klik tautan tersebut
  • Tautan akan terhubung ke halaman aktivasi pengguna, lalu klik opsi "aktivasi" untuk mengaktifkan akun
  • Login untuk masuk ke aplikasi, dengan username dan password yang sudah Anda buat
  • Setelah berhasil masuk, pilih layanan Cek Berkas BPN online
  • Klik pada pilihan "info sertifikat" untuk melihat nomor sertifikat tanah beserta data-data kepemilikannya.

Cara Cek Sertifikat Tanah Online melalui Website


  • Buka situs BPN dengan alamat www.atrbpn.go.id melalui browser
  • Klik opsi "publikasi"
  • Lengkapi data yang ingin Anda cari di kolom-kolom yang tersedia
  • Klik "cari berkas"
  • Tunggu sampai data muncul terkait keterangan sertifikat beserta info kepemilikannya

Demikian cara cek sertifikat tanah secara online, yang diklaim lebih mudah, instan, tidak perlu repot ke kantor BPN. Sehingga dua cara tersebut dapat menghemat waktu dan biaya pengurusannya.


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close