Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Jangan Bunuh Kelabang yang Masuk ke Rumah, Ini Alasannya!

Jumat, 03 Juni 2022 | 05:17 WIB Last Updated 2022-06-02T22:17:05Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Jangan Bunuh Kelabang yang Masuk ke Rumah, Ini Alasannya!
Kelabang (Credit: 99co)

PEWARTA.CO.ID - Pernahkah Anda menjumpai seekor kelabang tiba-tiba masuk ke dalam rumah? Hewan berkaki banyak itu bisa saja muncul tanpa di duga seperti di kolong tempat tidur, celah lemari, maupun lantai kamar mandi.

Karena keberadaannya dianggap membahayakan, lantas banyak orang kemudian memilih untuk membunuhnya. Padahal, cara itu tidaklah tepat.

Melansir Family Handyman, ternyata cara membasmi kelabang yang masuk ke dalam rumah bukanlah dengan cara seperti itu. Ada cara lain yang lebih disarankan dengan mempertimbangkan beberapa alasannya.

Adapun alasan-alasan seseorang dilarang membunuh kelabang di dalam rumah antara lain:

1. Pemakan hama


Kelabang yang biasa berkeliaran di rumah biasanya merupakan pemburu handal terhadap binatang lain yang juga kerap muncul di rumah, seperti kecoak, lalat, ngengat atau kutu, dan rayap.

Kelabang memiliki dua kaki beracun yang berada di dekat kepalanya. Dua kaki itulah yang digunakan untuk membunuh mangsanya.

Perilaku kelabang itu disebut sebagai teknik lassoing, di mana kelabang biasa melompat ke arah mangsanya lalu mengikat dengan kaki-kakinya, sebelum akhirnya membunuh mangsa tersebut.

Jika memangsa binatang seperti disebutkan di atas, bukankah itu bagus untuk kondisi rumah?

Meski begitu, kehadiran kelabang juga bukan kabar baik. Hanya saja, dengan langsung membunuh berarti memutuskan rantai makanan bagi ekosistem kelabang yang efeknya akan memudahkan kehadiran binatang lain yang merupakan mangsa kelabang.

2. Pemburu aktif tak bersarang


Selama hidupnya, kelabang begitu aktif berburu mangsa. Bahkan kelabang bukan tipikal hewan yang suka berdiam diri. Itulah sebabnya hampir tak pernah diketahui seperti apa jika kelabang bersarang.

3. Tidak merusak furnitur


Kelabang yang hadir di dalam rumah sedikitpun tidak memengaruhi kondisi perkakas. Pasalnya, kelabang memang hanya pemburu ulung bagi mangsanya. Sehingga furnitur berbahan kayu akan aman karenanya.

Selain itu, juga belum pernah ditemukan kelabang membawa penyakit berbahaya bagi penghuni rumah. Namun sekali lagi, bukan berarti jika ada kelabang yang masuk ke rumah untuk tidak disingkirkan ya?!

Sikap waspada memang perlu, namun ada cara lain mengusir kelabang tanpa harus membunuhnya.

Dilansir dari Kompas, Kamis (2/6/2022), berikut cara mengusir kelabang yang dianjurkan jika menemuinya di dalam rumah.

- Basmi serangga yang menjadi makanan kelabang.


Jika tadi dijelaskan kehadiran kelabang dapat membunuh binatang lain seperti kecoak dan sebagainya, itu artinya, yang justru harus dipastikan dahulu adalah membasmi mangsa kelabang. Dengan begitu rumah menjadi lebih aman tanpa kehadiran bintang-binatang pengganggu itu, apalagi kelabang.

- Tutup setiap celah dalam rumah


Segera tutup celah apapun di rumah seperti di sela-sela lemari, kolong tempat tidur, dan lainnya yang memungkinkan serangga lainnya dapat bertelur di dalamnya.

- Jangan sembarang menyemprotkan cairan ke dinding


Hindari menyemprotkan cairan ekstra di dinding kamar mandi dengan alat dehumidifier atau kipas angin. Hal itu dapat menyebabkan kelembaban yang disukai kelabang.

Bersihkan rumah dari puing-puing yang dapat menyebabkan kelembapan atau dinding bocor yang bisa saja jadi jalan masuk bagi kelabang.

Itulah cara mengusir kelabang dari rumah tanpa harus membunuhnya. Mulai sekarang lebih peduli pada kebersihan rumah ya sobat!



(bqs/bqs)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close