Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Terinspirasi Kesuksesan Odekta, Elite Race Borobudur Marathon 2022 Siap Digelar!

Jumat, 17 Juni 2022 | 19:57 WIB Last Updated 2022-06-17T13:08:19Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Terinspirasi Kesuksesan Odekta, Elite Race Borobudur Marathon 2022 Siap Digelar!
Momen saat Odekta Naibaho dan Agus Prayogo berhasil meraih gelar female winner dan male winner pada Borobudur Marathon 2021 lalu. (Dok. Paquita Ganis).

PEWARTA.CO.ID - Terinsipirasi dari kesuksesan Odekta Naibaho yang berhasil menyabet medali emas di ajang SEA Games Vietnam 2021, event Elite Race Borobudur Marathon akhirnya kembali digelar.

Diketahui Odekta Naibaho sebelumnya pernah memenangi Elite Race Borobudur Marathon pada 2021 lalu.

Kemudian prestasi yang lebih membanggakan adalah saat atlet lari putri Indonesia itu sukses menjadi yang tercepat finis di SEA Games ke-31 lalu dengan catatan waktu 2 jam 55 menit 27 detik. Bahkan catatan itu lebih cepat dibanding saat ia mengikuti Elite Race Borobudur Marathon kala itu yakni 3 jam 2 menit 48 detik.

Catatan tersebut lebih baik dibanding saat berlari di Candi Borobudur pada 27 November 2021, yakni 3 jam 2 menit 48 detik.

Berkat kemenangan Odekta itu juga yang akhirnya memutus rentetan puasa gelar cabang olahraga lari maraton Indonesia setelah 11 tahun lamanya.

Terakhir kali atlet maraton Indonesia sukses memenangi gelar di SEA Games melalui Triyaningsih pada 2011 silam.

Kisah manis perjalanan karir Odekta itulah hingga akhirnya Elite Race Borobudur Marathon 2022 bakal segera digelar kembali. Tujuannya, untuk mencari bibit baru generasi emas atlet lari Indonesia.

Di samping itu, ada misi untuk membangkitkan perekonomian khususnya di sektor pariwisata melalui event Borobudur Marathon 2022 ini.

Pada gelaran tahun ini, Borobudur Marathon 2022 siap membuat gebrakan baru dengan mengundang peserta umum dengan sistem ballot.

Berikut 4 nomor kategori lomba lari pada Borobudur Marathon 2022 nanti, di antaranya:

Jarak 42,195K (full marathon) – Borobudur Marathon Elite Race, diikuti hanya oleh atlet elite nasional yang lolos seleksi.

Jarak 21,097K (half marathon)– Bank Jateng Tilik Candi, diikuti oleh pelari umum dengan sistem ballot.

Jarak 10K – Borobudur Marathon Young Talent, diikuti atlet muda yang lolos seleksi.

Jarak 5K – Bank Jateng Friendship Run, fun run yang terbuka untuk masyarakat umum, dan slot lari bisa didapatkan secara pendaftaran regular.

Borobudur Marathon 2022 akan digelar pada Sabtu dan Minggu, 12-13 November 2022 mendatang.

Dukungan Gubernur Jawa Tengah


Meski menyandang nama Borobudur, namun event maraton ini sejatinya bukan hanya bagi warga sekitar Magelang saja. Jika melihat pengalaman sebelumnya, banyak dijumpai peserta yang berasal dari berbagai daerah lain di Indonesia, bahkan di antaranya berasal dari luar negeri.

Mengetahui potensi dan manfaat dari penyelenggaraan Borobudur Marathon Elit Race ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut menyampaikan dukungannya.

"Tentunya ini merupakan event yang ditunggu," kata Ganjar dikutip dari Kompas, Jumat (17/6/2022).

"Menjadi usaha kita bersama-sama untuk menyehatkan tidak hanya raga tetapi menyehatkan kembali ekonomi, sosial, termasuk interaksi sosial pelari dengan masyarakat", tambahnya.

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close