Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Cara Setting Remote TV Universal Bisa untuk Semua Merek

Minggu, 31 Juli 2022 | 16:37 WIB Last Updated 2022-07-31T09:37:49Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Cara Setting Remote TV Universal Bisa untuk Semua Merek
Cara setting remote TV universal dapat dilakukan dengan berbagai cara.


PEWARTA.CO.ID - Kemunculan produk-produk elektronik kini kian canggih. Selain berkualitas baik, juga telah dilengkapi perangkat pendukung. Salah satunya televisi, di mana saat ini banyak bermunculan merek-merek unggulan dengan beragam fitur yang ditawarkan.


Namun jika dicermati, hampir semua produk tv keluaran terbaru selalu dilengkapi remote penyerta, berbeda dengan keluaran terdahulu yang masing menggunakan navigasi analog yang menggunakan tombol manual.


Tetapi, ternyata belum banyak yang tahu jika pada suatu waktu remote tersebut rusak, perangkat remote dapat diganti meski bukan bawaan asli dari perangkatnya. Hal itu sering disebut remote TV universal, atau remote yang bisa digunakan untuk segala macam merek tv.


Lantas, bagaimana cara menyetting remote TV universal tersebut sehingga dapat cocok dengan perangkat tv di rumah kita?


Cara setting remote tv universal sebenarnya telah banyak diulas melalui berbagai artikel di internet, namun tidak ada salahnya untuk menyimak kembali cara-cara yang dijelaskan pada artikel ini.


Fungsi Remote TV


Untuk dapat mengoperasikan analog televisi guna memindah saluran dari satu channel ke channel lainnya, tentu peranan remote sangat dibutuhkan. Terlebih remote memang sebagai salah satu penunjang untuk memudahkan hal tersebut.


Seiring perkembangan teknologi, televisi kini telah dilengkapi remote yang bisa dibilang canggih. Terkadang, bukan hanya untuk keperluan mengganti channel saja, tetapi juga untuk menyeting redup-terang pencahayaan gambar, mode suara pada speaker, switching dari satu sumber keluaran gambar ke sumber port lainnya, dan sebagainya.


Namun, jika remote tersebut diketahui bukan bawaan asli dari perangkat tv yang Anda miliki, tentunya dibutuhkan cara tambahan agar remote dan TV tersebut dapat tersambung sebagaimana mestinya.


Karenanya, Anda perlu membaca tutorial cara setting remote TV universal tersebut hingga tuntas, agar permasalahan cara menyetel remote TV universal dapat berfungsi sesuai yang diharapkan.


Cara setting remote tv universal


Dilansir dari situs hargaspeaker.com, cara setting remote TV universal sebenarnya cukup mudah, hanya saja terkadang fungsinya tidak berjalan jika menggunakan metode yang tidak sesuai.


Maka dari itu, Anda perlu menyesuaikan langkah-langkah menyetel ulang remote TV universal tersebut melalui tutorial berikut.


1. Cara setting remote TV universal dengan tombol volume


Cara pertama bisa menggunakan fungsi lain dari tombol volume atau pengatur besar-kecil suara. Cara ini terbilang efektif, karena tidak perlu memasukkan kode khusus remote ke perangkat tv. Berikut langkahnya:


  • Nyalakan televisi Anda.
  • Dekatkan remote TV pada lampu indikator TV Anda.
  • Tekan tombol set pada remote TV Anda (tahan dan jangan dulu lepaskan) hingga lampu indikator remote TV tersebut menyala.
  • Tekan tombol volume + berulang kali hingga muncul tulisan volume pada layar TV Anda.
  • Tekan tombol volume. Apabila volume pada layar TV Anda berkurang, maka pertanda bahwa remote TV Anda sudah berhasil disetting. Jika belum, maka Anda bisa mengulang langkah-langkah tersebut sekali lagi.
  • Jika sudah selesai maka tekan tombol set lampu indikator remote hingga mati.


2. Cara setting remote TV dengan kode universal


Cara kedua, menggunakan kode universal remote dengan menyesuaikan jenis tv. Cara inipun juga sangat mudah dipraktikkan, karena biasanya telah dijelaskan pada buku panduan pengguna yang turut disertakan saat pembelian remote universal televisi.


Sebagai contoh, cara melakukan pengaturan remote tv dengan kode TV Polytron, berikut penjelasannya:


  • Tekan tombol set pada remote (tahan tombol pengaturan set tersebut dan jangan lepaskan).
  • Tekan tombol power sambil menunggu selama beberapa saat hingga lampu idnikator di remote Anda menyala.
  • Setelah lampu indikator pada remote TV Anda menyala, maka lepaskan tombol set tersebut.
  • Masukkan atau tekan pada nomor yang tertera pada remote sesuai dengan daftar kode remote TV Polytron. Adapun kode remote TV Polytron di antaranya 017, 024, 043, 053, 120, 147, 150, 151, 152 dan 214.
  • Pilih salah satu daftar kode tersebut dan masukkan nomor tersebut satu persatu. 
  • Setelah berhasil, maka lampu indikator pada remote TV tersebut akan mati dan remote TV Anda akan bisa digunakan.
  • Apabila belum berhasil, maka Anda bisa mengulang langkah-langkah tersebut dari awal kembali.


3. Cara setting remote TV dengan Aplikasi


Kemudian, cara ketiga menggunakan aplikasi di ponsel pintar (smartphone) Android. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore. Berikut penjelasan langkahnya:


  • Buka aplikasi Google Playstore Anda. 
  • Temukan aplikasi Peel Smart Remote.
  • Unduh dan install aplikasi tersebut pada perangkat smartphone android Anda.
  • Setelah aplikasi tersebut terinstal di smartphone Anda, maka selanjutnya Anda bisa membuka aplikasi tersebut.
  • Ikuti panduan interface di aplikais tersebut. Pertama, cari merk TV Anda atau bisa juga dengan mengetiknya secara manual. Kemudian, pilih next. Tekan tombol power sampai TV menyala. Selesai.


4. Cara setting remote TV universal tanpa kode


Terakhir, cara setting remote TV universal tanpa menggunakan kode apapun. Cara ini terbilang gampang-gampang susah, karena diperlukan kesabaran untuk memastikan remote dapat berfungsi sesuai yang diinginkan.


  • Langkah pertama yaitu anda harus menekan tombol SET dan Power secara bersamaan sampai lampu indikator menyala
  • Langkah kedua anda harus menekan tombol volume +
  • Langkah ketiga anda harus menekan tombol –
  • Jika semua tombol aktif seharusnya setting remot universal tanpa kode sudah aktif


Demikian cara setting remote TV universal melalui beberapa metode. Jika berhasil, jangan lupa sebarkan tautan artikel ini kepada rekan lainnya, ya!


Siapa tahu dengan membaca tutorial ini dapat mengatasi permasalahan cara setting remote TV universal untuk perangkat elektronik yang Anda miliki di rumah.


Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close