GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Dampak Positif Media Sosial Di Era Digital, ini Kata Kominfo


PEWARTA.CO.ID - Media sosial (medsos) dinilai dapat memberi manfaat positif bagi penggunanya jika digunakan dengan tepat. Sebaliknya, medsos juga bisa menjadi sumber masalah jika disalahgunakan, seperti menyebar berita bohong misalnya.

Karenanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar kegiatan webinar bertema 'Makin Cakap Digital' dengan tujuan meningkatkan pengetahuan publik akan pentingnya melakukan literasi digital di era teknologi informasi seperti sekarang.

Sebagai pilar dalam indeks informasi dan literasi data, masyarakat Indonesia dipandang perlu dalam mengakses, mencari, menyaring, dan memanfaatkan setiap data dan informasi yang diterima dan didistribusikan dari dan ke berbagai platform digital yang dimilikinya

Kegiatan seminar daring tersebut digelar Rabu (22/6/2022) dengan narasumber Anwar Sadat selaku IPUSTA ID.

Secara spesifik Anwar Sadat menyampaikan materi bertema 'Dampak Positif Media Sosial'.

“Individu yang mahir dalam media digital dianggap mampu memahami, memahami dan Menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak dalam lingkungan digital, mesin pencari Aplikasi informasi, percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, toko online dan transaksi digital,” ujarnya.

“3 kunci bermedia sosial adalah personal branding, yaitu proses pembentukan persepsi masyarakat publik terhadap aspek yang dimiliki seseorang. Aspek ini meliputi kepribadian, kemampuan, nilai, serta persepsi positif yang ditimbulkan atau ada dalam dari individu. Selanjutnya kuasai tools media sosial. Dan yang terakhir gunakan hashtag atau keyword. Agar mudah dikenali dan dicari di kolom pencarian,” sambungnya.

Anwar juga menambahkan, untuk bisa cakap digital maka masyarakat perlu paham tentang lanskap digital, pencarian informasi, aplikasi percakapan pada media sosial, serta transaksi di dunia digital.

Selain itu, kecakapan di media sosial termasuk memanfaatkan kesempatan yang hadir dengan kemudahan yang ada di ruang digital juga bagian penting dalam mengoptimalkan penggunaan perangkat digital.

(kmf/ses1)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close