GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Menteri PUPR Bakal Renovasi Stadion Kanjuruhan, Perhatikan Aspek Keselamatan dan Kemudahan

Menteri PUPR Bakal Renovasi Stadion Kanjuruhan, Perhatikan Aspek Keselamatan dan Kemudahan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menpora Zainudin Amali saat meninjau Stadion Kanjuruhan di wilayah Kepanjeng,Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (13/10). (Dok. Kementerian PUPR)

PEWARTA.CO.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono mengatakan Kementerian PUPR bakal memimpin renovasi Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Hal itu ia sampaikan saat mengunjungi Kanjuruhan, Kamis (13/10/2022).


Menurutnya, renovasi stadion-stadion di Indonesia perlu dilakukan dengan memperhatikan aspek keselamatan dan kemudahan akses saat terjadi insiden.


Hal ini sesuai dengan perintah Presiden Jokowi terkait keharusan audit seluruh stadion dari klub-klub Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.


“Kami PUPR menjalankan titah tersebut dengan menerjunkan tim Komite Keandalan Bangunan Gedung (KKBG). Tim ini berisi para pakar bangunan,” ujarnya.


Baca juga: Tindakan Polisi dalam Tragedi Kanjuruhan Disorot Profesor Asal Inggris, Dinilai Sebagai Pemicu


Lebih lanjut Basuki mengatakan, tim bentukan Kementerian PUPR bakal bertugas mengaudit seluruh stadion tersebut kemudian hasilnya diserahkan ke Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang diketuai Mahfud MD.


Selain itu, hasil audit juga akan dilaporkan ke Presiden Jokowi untuk ditindaklanjuti setelahnya.


Masih kata Basuki, Stadion Kanjuruhan termasuk ranah tanggung jawab tim KKBG.


“Ada 4 aspek keandalan gedung yang dilihat oleh tim KKBG, yakni keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan,” urainya.


“Aspek keselamatan dan kemudahan di stadion perlu diperbaiki total,” imbuhnya.


Baca juga: Uni Eropa Sampaikan Dukungan untuk Indonesia Atas Tragedi Kanjuruhan


Basuki juga menjelaskan, proses audit seluruh stadion di Indonesia akan dilakukan secara bertahap. Di mana rancangan desain akan selesai dikerjakan dalam lima bulan ke depan.


“Akan diubah mulai dari bentuk yang saat ini ada. Selain terkait keamanan dan kenyamanan, dan diharapkan mampu menghilangkan trauma atas tragedi kemanusiaan ini," tandasnya.


Basuki menegaskan, seluruh biaya renovasi Stadion Kanjuruhan bakal diambilkan dari APBN.


"Kita renovasi stadion Kanjuruhan, kita kasih atap,” tukas dia.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close