GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tak Terasa Sudah 2 Musim Main di Liga Korea, Begini Kata Asnawi Mangkualam

Tak Terasa Sudah 2 Musim Main di Liga Korea, Begini Kata Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam saat merayakan gol debutnya bersama Ansan Greeners di K League 2 2022. (Dok. GOAL Indonesia)

PEWARTA.CO.ID - Tanpa terasa Asnawi Mangkualam sudah berkiprah selama dua musim di Liga Korea bersama Ansan Greeners. Kabar baiknya, performa mantan PSM Makassar itu terus mengalami peningkatan.


Di musim keduanya ini Asnawi sudah bermain di 26 pertandingan di K League 2 2022. Jumlah pertandingan yang lebih banyak dibanding musim pertamanya lalu.


Bahkan, Asnawi turut berkontribusi dengan 2 gol dan 2 assist bagi timnya sejauh ini.


Namun perihal peringkat masih belum terlalu beruntung bagi Ansan Greeners. Pasalnya mereka harus finis di posisi 9 dari 11 klub yang berlaga di K League 2 2022.


Baca juga: UPDATE Ranking FIFA Terbaru Oktober 2022, Indonesia di Peringkat Berapa?


Usai menjalani musim keduanya bersama Ansan Greeners, Asnawi mengutarakan kesan-kesannya. Ia menyebut tawaran Ansan Greeners tidak bisa dielakkan mengingat Liga Korea memiliki kualitas yang bagus.


"Faktanya memang pemain di sini semua bekerja keras, mentalitas bagus, fisik juga, totalitas setiap pertandingan. Saya banyak belajar terutama segi fisik dan mental," kata dia seperti dikutip dari detikSport.


Asnawi lantas membandingkan dengan Liga Indonesia dari segi tempo permainan dan kualitas permainan.


"Beda tempo permainan di sini dengan Liga Indonesia. Di sini saya belajar soal kualitas permainan," ucapnya.


Asnawi juga mengaku ada banyak manfaat yang ia petik selama berkarir di Liga Korea bersama Ansan Greeners. Salah satunya soal peningkatan kemampuan olah bola.


"Ansan sejak awal sangat serius berminat dengan kemampuan saya. Ada tawaran lain, tapi tentunya saya lebih memilih Korea. Saat saya mendapatkan tawaran, yang saya tahu di Korea kemampuan pemain dan liganya sangat bagus. Jadi saya harus siapkan mental dan fisik, itu yang harus saya benahi," ujarnya.


Baca juga: Stadion Kanjuruhan Bakal Direnovasi Mulai 2023, Konsep Serupa Manahan Solo


Pemain yang tahun ini berusia 23 tahun itu juga menyebut sosok Shin Tae-yong sebagai orang yang berjasa untuk memotivasinya.


"Berkat dia (Shin Tae-yong) juga saya termotivasi harus bermain maksimal, dia pelatih timnas saya harus sehingga saya bisa terpantau coach Shin," tutur Asnawi.


Dengan catatan penampilan selama 2 musim ini tentu Asnawi masih memupuk asa untuk menaikkan level dirinya dan juga timnya.


"Tujuan saya bisa memberi kontribusi buat tim, tentunya saya bisa bermain di level tertinggi di Korea," pungkasnya.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close