GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tanggapan Manajemen Arema FC Terkait Kongres Luar Biasa PSSI

Tanggapan Manajemen Arema FC Terkait Kongres Luar Biasa PSSI
Ilustrasi: Kantor Arema FC

PEWARTA.CO.ID - Manajemen Arema FC menanggapi upaya PSSI untuk mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB). Klub berjuluk Singo Edan itu menyambut positif KLB tersebut.


Layaknya tim lain yang bernaung di bawah PSSI, Arema FC turut mendapat pemberitahuan melalui surat bernomor 4449/UDN/2853/X-2022 pada 29 Oktober 2022 terkait penyelenggaraan KLB.


PSSI juga menjelaskan tahapan yang mesti ditempuh sebelum adanya KLB seperti pembentukan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).


Baca juga: PSSI Sudah Kirim Surat ke FIFA Terkait Pelaksanaan KLB, Bakal Digelar 18 Maret 2023


Komisaris Arema FC Tatang Dwi Arifianto mengatakan, pihaknya siap mengikuti semua proses seperti yang dijelaskan PSSI dalam surat tersebut.


“Kami setuju mengikuti alur dan arahan yang mengatur tentang KLB,” kata dia seperti dikutip dari Kompas.


Manajemen Arema FC menilai, KLB adalah sebuah langkah konkret dalam upaya transformasi sepak bola di Indonesia.


Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menjelaskan PSSI selaku federasi tertinggi sepakbola tanah air bakal menggelar KLB secepat mungkin.


Hal ini sesuai yang tertuang dalam statuta PSSI Pasal 34 ayat 2, di mana jika ada sekurangnya 2/3 delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis untuk adanya KLB maka harus diterima dan dipenuhi aspirasinya.


Adapun dalam hal ini dua anggota PSSI yang sudah mengajukan KLB secara tertulis adalah Persis Solo dan Persebaya Surabaya.


"Exco PSSI memutuskan mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan. Exco PSSI juga merupakan mandataris yang dipilih oleh voter," ucap Iwan Bule.


Baca juga: Isi Surat PSSI yang Dikirimkan ke FIFA Terkait Kongres Luar Biasa


PSSI juga telah mengirimkan surat kepada FIFA terkait agenda KLB itu. PSSI juga berharap segera ada respon dari FIFA sebelum tanggal 7 November 2022 agar dapat diteruskan dengan pemberitahuan kepada semua anggota.


Rencananya puncak KLB bakal digelar pada 18 Maret 2023 dengan didahului penetapan KP dan KBP pada Januari 2023.


"Tahapan KLB akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres," pungkas Iwan Bule.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close