GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Fakta Unik Tentang Hari Valentine yang Terjadi di Seluruh Belahan Dunia

 

Fakta Unik Tentang Hari Valentine Yang Terjadi Di Seluruh Belahan Dunia
Ilustrasi Hari Valentine (Shutterstock)

PEWARTA.CO.ID - Setiap tanggal 15 Februari dikenal sebagai hari valentine atau hari kasih sayang.

 

Momen ini dimanfaatkan sebagian orang untuk mengungkapkan perasaan dan menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai.

 

Tetapi, tahukah Anda jika ada banyak fakta menarik di balik hari valentine?

 

Berikut 5 Fakta unik seputar Valentine yang jarang orang tahu.


1. Asal-usul Hari Valentine


Sejarah pertama datang dari seorang pendeta Roma yang bernama Valentine, dia memiliki akhir hidup tragis. Legenda ini menceritakan bahwa Valentine dipancung kepalanya pada tanggal 14 Februari 278 masehi. Bentuk eksekusi pancung ini adalah hukuman karena Pendeta Valentine yang dianggap menentang kebijakan seorang kaisar yang bernama Claudius II.

 

Berdasarkan catatan sejarah, Claudius II dikenal dengan seorang yang kejam setelah membuat Roma terlibat dalam serangkaian pertemuan berdarah.  Hal ini supaya Roma dapat selalu menang dalam peperangan.

Baca juga: Asal-usul Sejarah Perayaan Hari Valentine, Kapan Pertama Kali Diperingati

Untuk mewujudkan ambisinya, sang kaisar berkeinginan membentuk tentara yang siap mati di medan perang. Tetapi bala tentaranya enggan untuk terjun ke medan perang karena terikat pada kekasih atau istri mereka. Akhirnya sang kaisar Claudius II melarang semua masyarakat di Roma untuk melakukan pertunangan serta menikah.

 

Akan tetapi, kebijakan ini dilawan oleh pendeta Valentine. Dia secara diam-diam menikahkan pasangan muda yang saling jatuh cinta . Tindakan ini ternyata ketahuan sehingga akhirnya Pendeta Valentine ditahan serta dihukum pancung.

 

Atas jasanya, Pendeta Valentine dinobatkan sebagai orang suci dan disebut sebagai Santo Valentine.  Hukuman ini sekaligus dijadikan sebagai peringatan yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari.


2. Dirayakan Tiga Kali di Korea Selatan


Di korea selatan Hari Valentine dirayakan tiga kali, terhitung mulai dari tanggal 14 Februari, 14 Maret dan 14 April. 


Pada 14 Februari, kaum wanita memberikan coklat kepada pria. Tepat satu bulan kemudian pada tanggal 14 Maret, giliran para pria yang memberikan coklat kepada wanita.


Lalu, pada tanggal 14 April, para orang yang single akan menyantap mie hitam.


Baca juga: 4 Kerajaan Bisnis Gerard Pique yang Membuatnya Tak Pusing Saat Pensiun, Sudah Kaya Banget


3. Kotak Coklat Valentine 


Kotak coklat berbentuk hati pertama kali diperkenalkan oleh Richard Cadbury pada tahun 1868 untuk diberikan kepada orang yang disayangi


 Richard Cadbury berasal dari keluarga yang membuat cokelat. Dia menggunakan hari libur khusus untuk memproduksi cokelat Hari Valentine bersama dengan berbagai produk lainya.

 
4. Kotak Coklat Valentine 


Fakta selanjutnya yang harus diketahui adalah mitos yang terjadi pada abad pertengahan. Orang yang masing bujang dan berlawanan jenis yang pertama kali bertemu pada 14 Februari, dipercaya akan menjadi seorang pasangan atau berjodoh.

 

5. Riset Menyedihkan di Hari Valentine 


Hari Valentine tidak hanya dihiasi oleh hari kasih sayang. Menurut riset mengatakan bahwa 75 persen percobaan bunuh diri yang didasarkan oleh masalah asmara.


Selain itu, hal ini juga terlihat dengan adanya Hari Valentine dimana cukup banyak pria dan wanita gagal menyatakan perasaan mereka pada Hari Valentine tiba. Mereka mengalami frustasi sehingga menyebabkan bunuh diri dengan angka kematian yang cukup tinggi, khususnya di Amerika Serikat.***



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close