GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Misteri Pertemuan Jokowi-Surya Paloh, Dijawab Singkat: Mau Tau Aja!

Misteri Pertemuan Jokowi-Surya Paloh, Dijawab Singkat: Mau Tau Aja!
Presiden Jokowi (kiri) saat bertemu Surya Paloh beberapa waktu lalu. (Dok. NasDem)

PEWARTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menggelar pertemuan pada Kamis (26/1/2023). Hingga kini masih menjadi misteri hal apa yang menjadi pembahasan dalam pertemuan tersebut.


Surya Paloh menemui orang nomor satu itu di Istana Negara dengan suasana hangat layaknya saudara yang lama tak bertemu. Demikian disampaikan Ketua DPP Nasdem Sugeng Suparwoto seperti dikutip dari detikcom.


"Jadi ekspresi yang nampak, kebetulan saya pertanyakan kepada Pak Surya, bagai kakak adik yang kurang lebih selama tiga bulan tidak berkomunikasi lantas berkomunikasi dengan sangat baik," ujarnya saat ditemui di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (27/1).


Baca juga: Minta Pemilu 2024 Kondusif, Jokowi: Jangan Politisasi Agama dan Bawa Isu SARA


Meski tak menjelaskan terkait agenda apa yang melatarbelakangi pertemuan kedua tokoh negara itu, namun Sugeng menduga jelas ada kaitannya dengan bangsa, seperti perihal ekonomi, sosial budaya, dan persoalan penting lainnya.


"Saya menduga bahwa ini adalah cara membangun kebersamaan, saya tahu persis karena saya sering mendampingi Pak Surya ketemu Pak Jokowi. Beliau-beliau ini kalau bertemu pasti berbicara tentang bangsa, berbagai tantangannya dan secara implisit karena, dan saya kan tidak mau mengorek-ngorek lebih jauh ya, ya seperti biasanya lah kita ketemu," jelasnya.


"Maka kami-kami itu bahagia betul rasanya, kenapa? Semua pihak saya Kira sadar ya bahwa sekali lagi tokoh-tokoh besar ini tidak hanya Pak Surya, tidak hanya Pak Jokowi, tapi tokoh-tokoh yang lain alangkah eloknya gitu, alangkah bagusnya kalau saling membahas persoalan bangsa secara bersama-sama. Duduk membahas berbagai persoalan," lanjutnya.


Baca juga: Di Depan Peserta Munas HIPMI, Jokowi: Ciptakan Pemilu 2024 yang Adem


Di sisi lain, menurut pandangan politisi PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, pertemuan Jokowi-Surya Paloh berkaitan dengan wacana reshuffle.


Sekjen PDI-P itu menyebut sudah jadi kebiasaan Jokowi jika hendak melakukan pergantian jajaran kabinet selalu melakukan pemberitahuan dahulu.


"Bagi Presiden Jokowi sebelum mengambil keputusan-keputusan penting, itu kan juga melakukan dialog, pemberitahuan, misalnya akan ada reshuffle itu kan ada pemberitahuan," ucapnya saat ditemui di Kantor DPC PDI-P Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/1).


"Tetapi pertemuan dengan Bapak Surya Paloh ya bagaimana pertemuan dengan ketua umum parpol yang lain," tutupnya.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close