GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Merawat Sepeda Motor Vario 110 Karbu, Biar Jadul Tapi Tetap Gesit di Jalanan

 

Cara Merawat Sepeda Motor Vario 110 Karbu, Biar Jadul Tapi Tetap Gesit di Jalanan

PEWARTA.CO.ID - Honda Vario 110 adalah salah satu jenis motor matic yang memiliki peminat cukup tinggi di pasaran. Motor dari pabrikan Honda ini memang dikenal memiliki CC besar dan cocok banget untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu, meskipun memiliki CC yang besar tapi motor ini sangat hemat konsumsi bahan bakarnya.

Sebagai kendaraan bermotor, Honda Vario 110 karbu ini pastinya membutuhkan perawatan yang memadai  agar nantinya bisa tetap berjalan mulus tidak ada kendala saat digunakan. Selain itu, jika kondisi mesin normal pastinya akan meningkatkan harga jualnya.

Di artikel kali ini, Anda dapat menyimak informasi tentang tips cara merawat Honda Vario 110 karbu agar tetap mulus saat dikendarai. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Panaskan Mesin Motor di Pagi Hari Sebelum Dipakai

Agar motor Honda Vario 110 kalian tetap mulus digunakan dalam perjalanan, maka sebaiknya selalu panaskan motor dipagi hari sebelum kalian gunakan beraktifitas. 

Hal ini dimaksudkan agar kondisi suhu oli sesuai sebelum melumasi mesin sehingga performa menjadi maksimal saat digunakan. Panaskan motor kurang lebih 5 – 10 menit saja, dan sebaiknya menggunakan Kick Starter saja.

Baca juga: Harga Oli Vario 110 Karbu Terbaru Februari 2023

2. Ganti Oli Secara Teratur

Bagi kalian pengguna motor matic, pergantian oli secara berkala menjadi faktor yang sangat penting untuk menjaga kondisi dari kendaraan tersebut. 

Untuk itu agar motor Honda Vario 110 kalian bisa berjalan mulus, maka ganti oli secara teratur dan sesuaikan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 KM, sementara untuk penggantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal melakukan perjalanan 5.000 KM. 

Jika kalian lupa mengenai sudah berapa Kilometer kalian melakukan perjalanan, maka bisa dengan cara mengganti secara rutin oli motor 2 sampai 3 bulan sekali, pastikan juga menggunakan oli yang berkualitas terbaik untuk motor Honda Vario kalian.

3. Jangan Sampai Telat Bensin

Nah, untuk menjaga kesehatan mesin motor Honda Vario 110 kalian, maka hindari kebiasaan buruk sampai motor kehabisan bensin. 

Maka dari itu, kebiasaan kehabisan bensin pada motor matic harus ditinggalkan, pasalnya jika kehabisan bensin dapat merusak mesin motor Honda Vario kalian, terlebih jika jenis motor yang kalian lakukan adalah matic injeksi. 

Jika indikator bensin di motor kalian sudah menunjuk indikator E pada speedometer, maka langsung saja isi bahan bakar hingga full.

Baca juga: 3 Rekomendasi Merek Oli Terbaik yang Cocok untuk Vario 110 Karbu Menurut Motopedia

4. Periksa Kondisi Vanbelt dan Roler

Sebagai motor jenis matic, vanbelt dan roller menjadi komponen yang sangat penting karena menjadi penghubung antara mesin dengan roda motor. M

Oleh karenaya, silahkan periksa kondisi vanbelt dan roler motor Honda Vario kalian secara berkala, guna memastikan kondisinya prima. 

Vanbelt terbuat dari bahan karet, sehingga dikawatirkan bakal putus di tengah jalan dan bisa menyebabkan motor berhenti  dijalan. 

Jika sampai hal ini terjadi maka mau tidak mau kalian harus mengganti vanbelt motor tersebut, pastikan kalian menggunakan onderdil original guna memastikan kualitasnya terjamin dan lebih awet nanti.

5. Lakukan Servis Berkala

Sama halnya dengan oli, melakukan servis berkala pada motor Honda Vario 110 kalian juga menjadi sebuah kewajiban. 

Karena pentingnya peranana dari motor ini untuk menemani aktifitas kalian, maka melakukan servis secara rutin juga bisa menjadikan motor kalian awet nantinya. Dalam servis ini biasanya dilakukan pembersihan pada karburator, filter, pengecekan kondisi rem,  hingga vanbelt motor. 

Pastikan juga mengganti oli pada saat melakukan servis ini agar nantinya motor makin maksimal performanya. Servis bisa kalian lakukan setiap 3 bulan sekali nanti.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close