GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Sejarah Asal-usul Kata Kempot pada Nama Didi Kempot, Ternyata Singkatan dari Nama Grup Musik Pertamanya

Sejarah Asal-usul Kata Kempot pada Nama Didi Kempot, Ternyata Singkatan dari Nama Grup Musik Pertamanya
Arti kata 'Kempot' pada nama Didi Kempot berasal dari nama grup musik jalanan. (Dok. Web)

PEWARTA.CO.ID - Mungkin belum banyak yang mengetahui arti kata Kempot pada akhiran nama Didi Kempot.


Menarik untuk diketahui bagaimana sejarah asal-usul kata Kempot itu bisa melekat pada musisi yang sebenarnya memiliki nama asli Didik Prasetyo itu.


Termasuk alasan penggunaan kata Kempot yang bagaimana kaitannya dari Didik Prasetyo bisa berganti menjadi Didi Kempot.


Sebenarnya, Didi Kempot merupakan nama panggung saja. Di mana kata kempot ternyata menyimpan makna tersirat di dalamnya.


Berdasarkan informasi yang tercantum pada laman Google Doodle Minggu, 26 Februari 2023, kata Kempot itu merupakan singkatan belaka.


Baca juga: Mengenang Didi Kempot, Google Jadikan Sang Mestro Campursari Tema Doodle Hari Ini


Kempot merupakan akronim dari Kelompok Pengamen Trotoar, yang tak lain grup musik di mana ia memulai awal karirnya.


Grup musik yang berisi sekumpulan musisi jalanan yang berjalan menyusuri wilayah demi wilayah untuk menyambung hidup.


Meski berkarya di jalanan namun mimpi seorang Didi Kempot untuk menjadi musisi besar telah tertanam sejak usia 18 tahun.


Berbagai cara ia lakukan bersama kelompok musik Kempot tersebut agar masuk di dapur rekaman dengan menawarkan karya musik mereka. Namun angan-angan itu tidak serta-merta dapat dengan mudah diraih begitu saja.


Beragam penolakan pernah dialami adik dari pelawak Mamiek Prakoso ini. Hingga akhirnya perjuangan Didi Kempot dkk berbuah manis dengan berhasil rekaman bersama label besar tanah air pada 1989.


Tak tanggung-tanggung, bahkan saat itu single pertamanya yang berjudul Cidro menjadi hits di berbagai negara, seperti Indonesia, Belanda, dan Suriname.


Bahkan Didi Kempot dengan Belanda dan Suriname memiliki kemesraan tersendiri. Di mana banyak masyarakat kompatriot yang hapal lirik lagu sang maestro kala itu.


Jadi Tema Google Doodle


Berkat dedikasinya di dunia musik khususnya genre Campursari, pada 26 Februari 2020 lalu Didi Kempot diganjar penghargaan oleh Billboard Indonesia sebagai musisi sepanjang masa lewat Lifetime Achievement Award. Sebuah perjuangan yang terbayar lunas oleh anak jalanan yang menjelma menjadi musisi tersohor lintas generasi.


Hal itulah yang kemudian membuat perusahaan teknologi sekaliber Google menjadikannya tema Doodle pada Minggu, 26 Februari 2023. Sebuah apresiasi setinggi langit untuk karya-karya yang tak lekang oleh waktu.


Baca juga: AMBYAR, Tema Doodle Didi Kempot Tampil di Google Inggris dan Indonesia


Istimewanya lagi, tema Google Doodle Didi Kempot tidak hanya tampil pada laman pencarian berbahasa Indonesia saja, tetapi juga Google versi bahasa Inggris. Dengan demikian ilustrasi wajahnya dapat dilihat oleh miliaran pasang mata yang mengakses Google hari ini. LUAR BIASA!


Nah, melalui artikel ini kita jadi tahu bagaimana sejarah asal-usul kata Kempot pada Nama Didi Kempot. Termasuk alasan mengapa nama itu dipilih sebagai identitas panggung sang seniman.


Beristirahatlah dengan tenang "Godfather of Broken Hearts", Anda layak mendapat panggilan bapaknya lagu-lagu patah hati yang super fenomenal. AMBYARR....



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close