GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Wapres Sebut Pemerintah RI Siap Dukung Sistem Pemilu Proporsional Terbuka, Apa Maksudnya?

Wapres Sebut Pemerintah RI Siap Dukung Sistem Pemilu Proporsional Terbuka, Apa Maksudnya?
Ilustrasi pemilu. (Dok. Pekanbaru.go.id)

PEWARTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin menyebut jika pemerintah pusat mendukung penuh penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan sistem proporsional terbuka.


Adapun maksud Pemilu sistem proporsional terbuka adalah proses pemilihan yang dilakukan dengan cara mencoblos kandidat Calon Legislatif (Caleg).


Menurutnya, hal ini sudah sesuai dengan ketentuan yang selama ini berlaku. Di mana sistem tersebut juga mendapat dukungan dari mayoritas partai di parlemen.


"Saya kira sudah (mendapat persetujuan) oleh menteri hukum, saya kira sudah ada bahwa pemerintah juga mendukung kembali yang terbuka. Kemudian partai-partai, delapan partai, juga minta terbuka," ujarnya seperti dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (24/2/2023).


Baca juga: NasDem Dinilai Bakal Tinggalkan Anies Jika Koalisi Perubahan Gagal


Kendati demikian, penentuan keputusan sistem yang terapkan pada Pemilu nanti tetap ada di tangan Mahkamah Konstitusi (MK).


Artinya, baik pemerintah, legislatif, maupun partai-partai tersebut masih menunggu keputusan yang akan diambil MK tersebut.


"Andai kata MK memutuskan lain, kan semua putusan MK harus tunduk, final and binding," lanjut Wapres.


Sebelumnya, sistem pemilihan proporsional terbuka ini mendapat gugatan dari sejumlah pihak yang meminta agar pemilihan dilakukan dengan sistem proporsional tertutup.


Baca juga: Minta Pemilu 2024 Kondusif, Jokowi: Jangan Politisasi Agama dan Bawa Isu SARA


Jika akhirnya menggunakan sistem proporsional terbuka, artinya pemilih dapat menyalurkan hak suaranya dengan bebas dengan mencoblos berdasarkan partai politik atau foto calon anggota Caleg.


Sedangkan jika proporsional tertutup, pemilih hanya akan mencoblos partai politik pada kertas suara, tanpa disertai foto Caleg. Dengan sistem ini partai memiliki kuasa penuh untuk menentukan siapa kandidat yang dipilih untuk mewakili partai di parlemen.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close