GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Cek Waktu Berbuka Puasa Seluruh Kota di Indonesia Lewat HP

Cara Cek Waktu Berbuka Puasa Seluruh Kota di Indonesia Lewat HP
Ilustrasi. Berbuka puasa

PEWARTA.CO.ID - Bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa tentu membutuhkan informasi tentang kapan waktu berbuka puasa pada masing-masing hari dan tanggal.


Hal ini agar tidak membuat persiapan menjelang buka puasa menjadi ribet. Pasalnya, membatalkan puasa jelang waktu Maghrib seringnya didahului menjalankan banyak kegiatan seperti memasak atau pertemuan dengan kerabat untuk melakukannya secara bersama-sama.


Maka baiknya selain mengetahui jadwal imsakiyah sudah barang tentu harus sekaligus mengetahui kapan waktu berbukanya.


Jika dahulu waktu berbuka puasa harus menunggu kode dari musholla atau masjid di sekitar tempat kita berada, tapi saat ini lebih dimudahkan lewat hadirnya perangkat teknologi.


Ya, mengecek waktu berbuka bisa dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel atau smartphone, dan atau perangkat gawai lainnya seperti komputer dan laptop.


Cek waktu buka puasa lewat aplikasi


Bagi pemilik smartphone, ada banyak pilihan aplikasi yang berfungsi sebagai pengecek waktu berbuka puasa. Sejumlah aplikasi tersebut kompatibel dengan versi Android terbaru dari bermacam-macam merek HP.


Adapun beberapa aplikasi yang berguna untuk mengecek waktu berbuka puasa antara lain:


1. Aplikasi Athan Pro


Aplikasi pengecek waktu berbuka puasa dan waktu-waktu penting lain dalam Islam yang pertama adalah Athan Pro.


Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi bernama Quanticapps.


Ukurannya sekitar 42MB dan telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali.


Sampai artikel ini dibuat, aplikasi Athan Pro telah mendapat 59 ribu ulasan pengguna, di mana mayoritas menyampaikan rasa puas dalam menggunakan aplikasi ini.


Baca juga: 4 Website Tempat Download Twibbon Tema Ramadhan 2023, Mudah Cara Buatnya


2. Aplikasi Muslim Pro


Selanjutnya adalah aplikasi Muslim Pro yang dibuat oleh developer bernama Bitsmedia.


Sampai saat ini total unduhannya telah mencapai lebih dari 100 juta kali. Benar-benar angka yang fantastis untuk rekor unduhan aplikasi di PlayStore.


Selain itu, sebanyak 1 juta ulasan positif juga telah memenuhi kolom feed back di toko aplikasi milik Google itu. Artinya, aplikasi ini telah mendapat kepercayaan yang tinggi dari para pengguna khususnya yang beragama Islam.


3. Aplikasi Muslim Go


Aplikasi Muslim Go dikembangkan oleh Media 365 Company Limited. Rating penilaian aplikasi ini terbilang cukup baik karena mendapatkan nilai sebesar 4,6 dari skala 5 via PlayStore.


Hingga artikel ini dibuat, aplikasi Muslim Go telah mencatatkan jumlah unduhan lebih dari 1 juga kali download.


Ukuran filenya juga cukup kecil, yakni hanya sebesar 12MB saja sehingga tidak mengurangi banyak ruang penyimpanan di ponsel.


Baca juga: Deretan Kata Bijak Ramadhan 2023: Bisa untuk Kirim Ucapan di Medsos


4. Aplikasi Umma


Begitu juga dengan aplikasi mengecek waktu berbuka puasa sebelumnya, Umma menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda coba.


Hal ini karena fitur dalam aplikasi Umma cukup lengkap, dengan ukuran aplikasi yang hanya sebesar 47 MB namun memiliki banyak keunggulan.


Aplikasi ini dibuat oleh developer yang juga bernama sama dengan aplikasi tersebut, yakni Umma.


Cek waktu buka puasa lewat website online


Sedangkan cara lain untuk mengecek waktu berbuka puasa di masing-masing daerah di Indonesia juga bisa dilakukan lewat peramban (browser).


Caranya, buka browser lalu ketikkan alamat website penyedia informasi jadwal berbuka puasa yang dikelola resmi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).


Kemenag RI memiliki kanal website resmi yang diberi nama Bimbingan Masyarakat Islam atau BimasIslam.


Adapun alamat website BimasIslam adalah https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah


Selain jadwal berbuka puasa, situs itu juga mencantumkan info jadwal imsakiyah serta waktu sholat secara lengkap sepanjang hari berdasarkan regional kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.