GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

IAIN Kudus Maksimalkan V Class untuk Mudahkan Perkuliahan Jarak Jauh

IAIN Kudus Maksimalkan V Class untuk Mudahkan Perkuliahan Jarak Jauh
Gedung kampus IAIN Kudus. (Dok. IAIN Kudus)

PEWARTA.CO.ID - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus memaksimalkan program Virtual Class atau V Class untuk memudahkan proses perkuliahan bagi mahasiswa dari jarak jauh.


Perkuliahan yang digelar secara daring atau online itu juga sebagai bentuk pemanfaatan teknologi era digital terhadap dunia pendidikan.


Meski digelar secara daring, namun perkuliahan di V Class IAIN Kudus memiliki banyak fitur yang tak kalah lengkapnya dengan perkuliahan secara luring, seperti materi pembelajaran online, sistem tugas dan ujian virtual, absensi, hingga monitoring kegiatan belajar mahasiswa.


Dikutip dari Azania Jurnal, berikut penjelasan dari masing-masing fitur dari V Class di IAIN Kudus tersebut.


Materi Belajar Online


Semua materi pembelajaran disajikan secara online mulai dari e-book, video interaktif, slide presentasi, dan lain sebagainya.


Selain bisa disimak saat proses belajar, materi-materi yang disediakan para dosen IAIN Kudus tersebut juga bisa diunduh oleh peserta belajar.


Baca juga: UKI Toraja Studi Banding di Unibos Makassar


Tugas dan Ujian Virtual


Selain proses perkuliahan yang bisa dilakukan secara daring, proses pemberian tugas dan ujian juga bisa diselenggarakan melalui metode yang sama.


Hal itulah yang diklaim semakin memudahkan perkuliahan mahasiswa meski berada di lokasi yang jauh dari tempat kampus IAIN Kudus berada.


Absensi Digital


Jika kegiatan kuliah bisa digelar secara daring, maka sudah pasti proses absensi mahasiswa juga bisa dilakukan dalam metode yang sama, yakni online.


Metode ini membuat proses rekapitulasi kehadiran peserta bisa dilakukan cepat meskipun antara mahasiswa dan dosen tidak saling bertatap muka.


Metode ini pula yang kini menjadi tren kemudahan sejak era pandemi Covid-19 lalu.


Baca juga: Hebat, Mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) Juara 1 Lomba Infografis Tingkat Nasional


Monitoring Mahasiswa/i


Dosen juga tetap bisa memantau kegiatan belajar para mahasiswa-mahasiswi meski hanya memonitornya lewat tampilan layar.


Metode perkuliahan virtual dinilai tidak mengurangi esensi proses belajar bagi mahasiswa karena monitoring juga dilakukan layaknya proses belajar yang dihadiri secara fisik di kelas biasa.


Upload RPS


RPS merupakan akronim dari Rencana Pembelajaran Semester, yakni sebuah time schedule yang bisa diketahui mahasiswa mengenai kegiatan maupun materi apa saja yang akan dipelajari selama satu semester ke depan.


Semua fitur yang ada dalam Virtual Classroom di IAIN Kudus ini dipercaya memiliki efektivitas dan efisiensi yang tak kalah efektifnya dengan kegiatan perkuliahan tatap muka.


Terlebih bagi kalangan mahasiswa yang telah memiliki profesi sebagai pekerja atau karyawan, dengan hadirnya V Class tersebut membuat mereka tetap bisa berkuliah mesti tidak sedang berada di Kudus secara langsung.


Untuk mengakses layanan V Class IAIN Kudus tersebut, mahasiswa dapat dengan mudah menemukannya dengan hanya mengetikkan kata kunci "vclass IAIN Kudus" di peramban pada gawai mereka.


Atau jika ingin lebih cepat menemukan laman Virtual Classroom IAIN Kudus tersebut dapat membukanya pada URL https://classroom.iainkudus.ac.id.


Sebelum menggunakan layanan V Class tersebut mahasiswa diharuskan untuk melakukan proses login dengan menggunakan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan password yang diberikan oleh pihak kampus.


Jika NIM dan password yang dimasukkan benar, selanjutnya mahasiswa akan diarahkan otomatis ke laman virtual class.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.