GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Mengenal Permainan Rounders, Serupa Olahraga Baseball Tapi Berbeda

Mengenal Permainan Rounders, Serupa Olahraga Baseball Tapi Berbeda
Rounders disebut mirip dengan baseball, padahal keduanya berbeda.

PEWARTA.CO.ID - Mungkin masih banyak yang merasa asing dengan istilah rounders jika dikaitkan untuk penyebutan salah satu jenis permainan. Pasalnya, rounders memang berasal dari mancanegara.


Saat ini masih menjadi misteri perihal dari mana asal-usul sejarah permainan rounders bermula. Namun banyak yang meyakini permainan rounders berasal dari Inggris dan telah ada sejak abad 16.


Pengertian Permainan Rounders


Disebut mirip dengan olahraga baseball namun sejatinya keduanya berbeda. Dikutip dari bangayas.com, rounders merupakan permainan bola antar dua tim.


Setiap tim terdiri dari 9 orang pemain yang bergantian memainkan berbagai posisi, seperti pemukul, penjaga, dan pitcher.


Adapun tujuan dari permainan rounders sendiri adalah setiap tim berlomba untuk mencetak poin sebanyak mungkin yang diperoleh dari skor pemukulan bola kemudian berlari mengelilingi basis sebelum bola ditangkap lawan.


Itulah mengapa olahraga rounders ini disebut mirip baseball. Tak lain karena model permainannya yang memang hampir sama.


Dengan begitu, ketahanan fisik pemain rounders haruslah kuat. Karena selain harus bisa teliti mengarahkan pukulan kepada bola juga harus tangkas dalam berlari secepat mungkin.


Perbedaan Rounders dan Baseball


Ada sejumlah hal yang membedakan antara rounders dengan baseball, mulai dari segi lapangan sampai jumlah pemain yang terlibat.


Berikut beberapa poin perbedaan rounders dan baseball tersebut:


1. Bentuk lapangan


Dari segi bentuk lapangan pertandingan kedua permainan ini cukup terlihat jelas perbedaannya. Di mana lapangan rounders berbentuk segi empat, sedangkan lapangan baseball berbentuk pola berlian.


2. Jumlah pemain


Untuk jumlah pemain dari masing-masing tim masih tak terlalu berbeda jauh, di mana rounders beranggotakan 9 pemain, di baseball sendiri bisa 9 atau 10 pemain per timnya.


3. Penghitungan poin


Soal penghitungan poin dalam rounders, angka atau skor akan tercatat setiap kali pemain dapat berlari mengelilingi basis sebanyak mungkin sebelum bola jatuh ke tangkapan lawan.


Berbeda dengan baseball yang mana skor tersebut dihitung jika pemain berhasil mengelilingi empat basis sesuai urutan yang tepat seraya berpacu dengan waktu sebelum bola ditangkap lawan.


4. Peralatan permainan


Pada permainan rounders, alat-alat yang digunakan meliputi tongkat kayu sebagai pemukul. Ukurannya lebih kecil dari yang digunakan pada baseball.


Selain itu ukuran dan bobot bola pada rounders juga lebih ringan ketimbang bola baseball.


5. Durasi waktu permainan


Terakhir yang membedakan antara rounders dengan baseball dari segi durasi waktu permainan.


Biasanya, satu pertandingan rounders dapat berlangsung selama 60-90 menit, sementara baseball lebih menguras tenaga karena dapat berakhir dalam 3-4 jam.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close