GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

KIB Komitmen Tidak Bubar Meski PPP Dukung Ganjar Capres 2024

KIB Komitmen Tidak Bubar Meski PPP Dukung Ganjar Capres 2024
KIB tegaskan tidak bubar meski PPP dukung Ganjar sebagai capres pada Pilpres 2024. (Dok. Antara Foto)

PEWARTA.CO.ID - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berkomitmen untuk tidak bubar meski salah satu partai anggotanya yakni PPP mendukung pencapresan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.


Pernyataan bahwa KIB tidak bubar itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto, pada Kamis (27/4/2023).


Hal itu dikatakan Airlangga di rumah dinasnya saat melakukan pertemuan dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Plt Ketum PPP Mardiono.


"Kita KIB, selama ini terlihat kita solid, guyub, dan rukun. Seperti mekanisme yang dipahami bahwa KIB tidak akan ikut campur urusan partai masing-masing," ujar Airlangga dikutip CNN Indonesia.


Bahkan kata Airlangga, KIB siap menampung segala aspirasi masing-masing partai anggota soal siapa capres dan cawapres yang dijagokan.


"Masing-masing kita bicara atas nama partai. Kemudian kita rundingkan kembali. Tentu untuk ke depan KIB masing-masing melihat pembicaraan lanjutan," imbuhnya.


Baca juga: Survei Terbaru SMRC, Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik Signifikan Usai Jadi Capres PDIP


Hal senada juga disampaikan Zulkifli Hasan. Menurutnya, KIB menghormati keputusan PPP untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.


Pria yang akrab disapa Zulhas ini juga menguatkan pernyataan Airlangga terkait solidnya kondisi KIB saat ini.


"Kita hormati putusan PPP, memutuskan mendukung Pak Ganjar. Tentu pada saatnya PAN akan memutuskan. Ada mekanismenya begitu juga Golkar. Bisa sama bisa tidak," ucap Zulhas.


Sementara itu, Plt Ketum PPP Mardiono juga membenarkan jika KIB tetap solid kendati partainya mengusung Ganjar sebagai capres.


"Kalau beda, kita perlu negosiasi agar kita punya pandangan dan tujuan sama. Ada di masyarakat mengatakan KIB bubar, enggak bubar," tegas Mardiono.


Baca juga: Menag Yaqut Sebut Duet Prabowo-Airlangga di Pilpres 2024 Cukup Menjanjikan


Diberitakan sebelumnya, PPP mendukung pencapresan Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024 mendatang. Menurut partai berlambang Ka'bah itu, Ganjar adalah sosok yang memiliki integritas di dunia politik.


"Partai Persatuan Pembangunan memutuskan Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Umum Presiden 2024 yang akan datang," kata Mardiono dikutip dari sumber yang sama.


Mendapat dukungan itu, partai utama pengusung Ganjar yakni PDIP menyebut bakal melakukan pertemuan dengan PPP dalam waktu dekat.


"Atas keputusan PPP, akan ditindaklanjuti dengan pertemuan dan dialog antarkedua partai dalam waktu dekat guna mengukuhkan kerja sama," terang Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Rabu (26/4/2023).


Terkait komitmen bahwa KIB tetap solid, namun hingga saat ini belum ada keputusan apapun dari koalisi tersebut terkait siapa capres-cawapres yang akan diusung.


Namun belakangan mencuat kabar akan ada penggabungan antara KIB dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) untuk menghadapi kontestasi 2024.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close