GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Alodokter Hadirkan Alni, Platform ChatGPT Khusus untuk Konsultasi Dokter

Alodokter Hadirkan Alni, Platform ChatGPT Khusus untuk Konsultasi Dokter


PEWARTA.CO.ID - Teknologi semakin berkembang dan mengubah banyak aspek dalam kehidupan manusia, termasuk dalam bidang kesehatan. Di era digital ini, semakin banyak platform dan aplikasi kesehatan yang memudahkan orang untuk mengakses layanan kesehatan. Salah satu platform kesehatan yang terkemuka di Indonesia, Alodokter, kembali menghadirkan inovasi baru dengan memperkenalkan Alni, sebuah platform chat khusus untuk konsultasi dokter.


Chatbot ini tersedia untuk dokter dan dikembangkan sejak 2018 dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh Alodokter secara kolektif melalui jutaan telekonsultasi pasien dan saran konstruktif dari ribuan dokter yang tergabung di Alodokter.


Alni sendiri adalah asisten virtual yang dibangun dengan teknologi chatbot berbasis kecerdasan buatan. Alni dirancang khusus untuk memberikan layanan konsultasi dokter yang lebih mudah dan cepat bagi pengguna. Melalui Alni, pengguna dapat melakukan konsultasi kesehatan tanpa harus pergi ke rumah sakit atau klinik, sehingga meminimalkan risiko penyebaran penyakit dan mempermudah akses layanan kesehatan.


Alni juga dilengkapi dengan teknologi ChatGPT (Generative Pre-trained Transformer) yang memungkinkan Alni untuk memahami bahasa alami dan memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan pengguna. Dengan menggunakan teknologi ini, Alni dapat memberikan informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.


Hasil ini akan menjadi rekomendasi yang bisa digunakan oleh dokter di Alodokter. CEO Alodokter Nathanael Faibis menjelaskan bahwa teknologi AI dan dokter akan bekerja sama dengan sangat baik, karena AI memiliki memori tidak terbatas dan kapasitas yang baik untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan kunci kepada pasien, sementara dokter memiliki kemampuan untuk memastikan akurasi diagnosa dan menunjukkan empati yang dibutuhkan pasien selama konsultasi berlangsung.


Baca juga: Kisah Unik Prof. Dr. Sulianti Saroso, Dokter yang Tak Pernah Suntik Pasien, Loh Kok Bisa?


Selain memberikan kemudahan dalam akses konsultasi dokter, Alni juga dirancang untuk memberikan pengalaman konsultasi yang lebih baik bagi pengguna. Dalam setiap sesi konsultasi, Alni akan membantu pengguna untuk membuat catatan tentang hasil konsultasi dan memberikan saran tentang tindakan yang perlu dilakukan selanjutnya.


Penambahan fitur Alni menambah manfaat bagi pengguna di antaranya adalah kemudahan untuk melakukan telekonsultasi dengan dokter, membuat janji dengan dokter, mencari rumah sakit pilihan, akses ke artikel-artikel kesehatan, dan proteksi kesehatan bersama Aloproteksi. 


Saat ini lebih dari 80% dokter umum di Alodokter dibantu teknologi AI saat telekonsultasi dengan pasien, dan hasilnya, AI berhasil meningkatkan efisiensi konsultasi hingga 100% dan secara signifikan meningkatkan kepuasan pasien.


Chief Medical Officer Alodokter Louise Hewitt menilai dokter di masa depan perlu memanfaatkan kekuatan AI untuk meningkatkan hasil perawatan kesehatan. Alni menyediakan bantuan untuk mendapat rekomendasi instan bagi para dokter dengan berbasis kepada semua informasi yang tersedia mengenai kondisi pasien. 


“Setelah dokter memiliki semua informasi yang disusun oleh kemampuan AI kami, selanjutnya dokter membuat keputusan akhir,” kata Hewitt.


Baca juga: Inilah Teknologi AI yang Mampu Mendeteksi Berbagai Penyakit dengan Cepat dan Akurat!


Alodokter merupakan startup penyedia layanan kesehatan digital terkemuka di Indonesia yang menyediakan rangkaian pelayanan kesehatan terpadu, seperti pengobatan jarak jauh, e-farmasi, pemesanan janji temu, asuransi kesehatan digital, dan konten medis. 


Saat ini, Alodokter memiliki lebih dari 30 juta pengguna aktif bulanan dan 85.000 dokter terdaftar. Lebih dari 96% dokter menilai asisten virtual AI sangat bermanfaat untuk membantu dokter selama periode konsultasi berlangsung, dan Alni mengirimkan ribuan saran setiap hari mengenai rekomendasi-rekomendasi kesehatan. 


Alodokter siap berjuang untuk menciptakan hubungan simbiotik antara dokter dan AI untuk memastikan akurasi diagnosis yang maksimal.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close