GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Mengenal Apa Saja Bagian Kaki-kaki Mobil? Anak SMK Otomotif Wajib Paham Ini

Mengenal Apa Saja Bagian Kaki-kaki Mobil? Anak SMK Otomotif Wajib Paham Ini
Mengenal apa saja bagian kaki-kaki mobil. (Ilustrasi: Web)

PEWARTA.CO.ID - Sebagai pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Otomotif tentu harus mengenali apa saja bagian-bagian dari mobil, tak terkecuali bagian kaki-kaki mobil.


Pasalnya bagian bawah mobil tersebut merupakan komponen penting yang berperan sebagai penopang mesin, penumpang, hingga faktor penggerak dari mobil itu sendiri.


Oleh sebab itu pelajar SMK jurusan Otomotif harus memahami bagian kaki-kaki mobil terdiri dari komponen apa saja, termasuk fungsi kerjanya.


Bagian Kaki-kaki Mobil


Dikutip dari blog Sukma G, inilah bagian dari kaki-kaki mobil yang wajib diketahui.


1. Shockbreaker


Dilansir dari indsukma.com, shockbreaker merupakan komponen paling penting dalam kaki-kaki mobil.


Fungsi shockbreaker demi memberi kenyamanan penumpang, kestabilan, dan tentunya keselamatan yang utama.


Saat ini terdapat berbagai jenis shockbreaker yang tersedia di pasaran, tentunya menyesuaikan jenis mobilnya.


2. Support Shockbreaker


Di samping kerja shockbreaker yang dinilai penting, ada komponen lain yang juga menjadi penunjang dari kinerja shockbreaker itu sendiri, yakni peran dari support shockbreaker.


Support shockbreaker bakal menjadi tumpuan untuk menopang beban shockbreaker agar dapat bekerja dengan baik.


Baca juga: Kenapa Toyota Baru Hadirkan Mobil Listrik di Indonesia? Ini Jawabannya


3. Bearing


Bearing atu juga lazim disebutt laher merupakan komponen kaki-kaki mobil yang berperan untuk menjaga stabilitas roda mobil.


Komponen satu ini menjadi bantalan yang posisinya berada di antara hub roda dan axle shaft yang memungkinkan roda bnerputar dengan lancar.


Ada beberapa bagian dari bearing itu sendiri, antara lain bola atau rol yang ditempatkan pada ring atau race.


4. Ball Joint


Bergeser pada sistem suspensi mobil, di sana terdapat komponen bernama ball joint yang berfungsi untuk memastikan roda depan dapat bergerak dinamis.


Bahkan memastikan roda dapat bergerak memantul dengan baik ke atas dan ke bawah saat berada di kondisi medan jalanan yang tidak rata.


Dengan begitu mobil akan tetap terasa seimbang dikendarai sampai hampir tidak terasa adanya medan yang tidak rata. Hal ini karena suspensi dapat bekerja dengan maksimal dan balance.


5. Tie Rod End


Kemudian ada Tie Rod yang juga merupakan komponen penting pada bagian kaki-kaki mobil. Fungsinya untuk membantu pergerakan roda depan agar mudah dikendalikan pengemudi.


Stabilitas kendaraan akan sangat berpengaruh pada kondisi Tie Rod ini. Di mana sopir akan dapat merasakan mobil nyaman dikendalikan atau tidak dari indikasi kondisi Tie Rod ini.


Tie Rod juga lah yang nantinya membawa kemana arah roda mobil akan berputar sesuai kendali dari sopir.


Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Mini EV, Harga Termurah di Indonesia


6. Link Stabilizer


Terakhir ada Link Stabilizer yang berbentuk batang lurus yang posisinya membujur berada di bawah mobil. Komponen ini terhubung dengan sistem suspensi mobil.


Adapun umumnya Link Stabilizer terbuat dari bahan logam dengan diameter yang bervariasi antar satu mobil dengan lainnya.


Peran lain Link Stabilizer adalah menjaga kemiringan mobil saat berada di tikungan yang tajam. Stabilitas mobil juga akan terjaga berkat fungsi dari Link Stabilizer ini.


Fungsi Kaki-kaki Mobil


Setelah mengetahui komponen apa saja yang tergolong menjadi bagian dari kaki-kaki mobil, yang tak kalah pentingnya untuk juga dipahami adalah fungsi dari masing-masing komponen tersebut.


Masih dikutip dari sumber yang sama, berikut ini fungsi dari kaki-kaki mobil yang disebut memiliki peran penting terhadap kondisi kendaraan roda empat tersebut.


Menopang berat mobil


Kaki-kaki mobil berperan penting dalam menopang berat mobil secara keseluruhan, utamanya pada bagian suspensi dan peredam.


Hal itu guna memastikan mobil dapat bergerak secara dinamis, serta aman saat dikendarai.


Jika ternyata kondisi kaki-kaki mobil dalam keadaan aus maka bisa berakibat fatal terhadap kerja mobil itu sendiri.


Terlebih keselamatan penumpang akan menjadi pertaruhan jika kondisi kaki-kaki mobil tidak dalam keadaan prima.


Baca juga: Pengumuman! Masa Berlaku SIM Tidak Lagi Berdasarkan Tanggal Lahir, Tapi..


Mengatur stabilitas posisi roda


Fungsi kaki-kaki mobil yang juga penting selanjutnya adalah mengatur stabilitas atau keseimbangan dari posisi roda.


Posisi roda jika tidak balance tentu akan membuat mobil tidak nyaman ketika dijalankan. Selain itu juga tentunya berbahaya bagi penumpang yang ada di dalamnya.


Nah, setelah membaca keseluruhan penjelasan bagian kaki-kaki mobil sampai dengan fungsionalitasnya di atas, tentu tidak ada alasan lagi untuk tidak memahaminya.


Tugas siswa kini tinggal menyeimbangkan antara pemahaman teori dengan realisasi praktiknya di lapangan. Karena teori akan menjadi sia-sia jika tanpa ditunjang dengan kemampuan hard skill.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter