GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

6 Tempat Wisata di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Paling Hits 2023

6 Tempat Wisata di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Paling Hits 2023
Pulau Panambungan, salah satu destinasi wisata paling hits di Pangkep. (Dok. Pemkab Pangkep)

PEWARTA.CO.ID - Inilah 6 tempat wisata di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan atau Pangkep paling hits 2023. Baca hingga tuntas agar mengetahui sederet keunggulan dan potensinya untuk Anda kunjungi.

Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) merupakan sebuah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel). Daerah ini dikenal memiliki banyak potensi wisata yang menawan.

Pangkep berjarak sekitar 53 km dari Kota Makassar, atau sekitar 80 menit jika ditempuh melalui jalur darat.

Dalam artikel ini tercantum setidaknya ada 6 tempat wisata di Pangkep paling hits 2023 yang cocok dikunjungi saat musim liburan tiba.

Sehingga akan lebih banyak referensi bagi Anda bersama keluarga harus kemana mengisi waktu liburan nanti saat berada di Pangkep.

Dikutip daro situs Pemerintah Kabupaten Pangkep, daerah ini memiliki dua struktur wilayah, yakni daratan dan kepulauan. Sementara untuk wilayah daratannya sendiri terdiri dari area dataran rendah hingga pegunungan.

Dengan keindahan alam yang menawan itu, Pangkep memiliki banyak tempat wisata yang digadang bakal dan sedang hits pada 2023 ini.

Lantas, apa saja daftar wisata paling hits di Pangkep tersebut? Simak daftar selengkapnya sebagai berikut.

Tempat wisata di Pangkep Paling Hits 2023

Pangkep yang terdiri dari dua wilayah berupa daratan dan kepulauan menyimpan banyak potensi wisata keren.

Di wilayah kepulauannya terdapat sebanyak 115 pulau yang bisa jadi tujuan wisata saat musim liburan.

1. Bulu Sorongan

Rekomendasi tempat wisata paling hits di Pangkep, Sulsel, pertama adala Bulu Sorongan. Lokasinya berada persis di Desa Parenreng, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep.

Bagi pecinta alam, tempat ini cocok untuk dijadikan lokasi pendakian. Pasalnya terdapat gunung dengan ketinggian sekitar 731 mdpl yang cocok bagi pemula untuk belajar mendaki.

Untuk mencapai titik puncak, butuh waktu sekitar 3 jam dengan melewati 8 pos jalur pendakian.

Puncak Bulu Sorongan, Pangkep, menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan
Puncak Bulu Sorongan, Pangkep, menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan.

Lelahnya mendaki akan terbayarkan tatkala sampai di puncak Anda bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa.

Selain itu, ada pula air terjun pada salah satu titik pos pendakiannya. Pengunjung dapat singgah sejenak sembari merasakan kesegaran air terjun juga dengan berfoto ria.

Hal-hal yang bisa dilakukan di tempat ini antara lain mendaki, menikmati sunset, bersantai atau berfoto ria, serta menggelar camping ground di puncak gunung.

2. Taman Purbakala Sumpang Bita

Obyek wisata paling hits selanjutnya ada Taman Purbakala Sumpang Bita yang berada di Desa Sumpang Bita, Kecamatan Balloci, Kabupaten Pangkep.

Untuk menuju ke lokasi ini, pengunjung harus mempuh perjalanan di area perbukitan dengan pemandangan bebatuan karst.

Taman ini juga masuk ke dalam kawasan Geopark Maros Pangkep. Terdapat sejumlah ornamen peninggalan purbakala seperti 2 leang atau goa prasejarah, yaitu Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi.

Taman Purbakala Sumpang Bita, Pangkep, Sulsel
Taman Purbakala Sumpang Bita, Pangkep, Sulsel.

Bahkan, Leang Sumpang Bita disebut sebagai goa terbesar di Sulawesi Selatan.

Butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan darat untuk sampai di lokasi ini jika diukur sejak dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

3. Pulau Panambungan

Mendapat julukan 'surga tersembunyi' di Kepulauan Pangkep, salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi berikutnya adalah Pulau Panambungan.

Pulau ini berada di gugusan Kepualauan Spermonde, Kabupaten Pangkep. Soal keindahan panoramanya tak perlu diragukan lagi, semua mata akan dimanjakan oleh pesona alam yang memukau.

Kecantikan Pulau Panambungan Pangkep, Sulsel
Kecantikan Pulau Panambungan Pangkep, Sulsel.

Di lokasi wisata ini juga terdapat fasilitas berupa dermaga kayu yang menambah unsur alami dari Pulau Panambangan.

Pengunjung bisa berfoto ria, seraya bermain pasir pantai yang lembut. Selain  itu, hamparan pemandangan bawah laut yang eksotis juga terekspos secara jelas berkat airnya yang jernih.

4. Taman Batu Karst Balocci

Jika Anda mengidamkan tempat wisata yang eksotis, maka Taman Batu Karst Balocci ini adalah jawabannya.

Deretan bebatuan karst yang luas dengan latar belakangan pepohonan hijau menjuntai bisa jadi obat pelepas penat paling efektif saat liburan.

Dengan begitu, selain mendapat keseruan, juga bisa sekaligus healing saat berada di Taman Batu Karst Balocci ini.

Meski jalan menuju tempat ini cukup sulit diakses, namun nyatanya tak menyurutkan semangat wisatawan untuk berkunjung. Terbukti tempat ini selalu ramai didatangi turis domestik maupun mancanegara pada periode tertentu seperti akhir pekan.

Taman Batu Karst Balloci, Pangkep, Sulsel
Taman Batu Karst Balloci, Pangkep, Sulsel.

Adapun lokasi Taman Batu Karst Balocci berada di Desa Balleanging, Kecamatan Balloci, Kabupaten Pangkep. Atau sekitar 30 menit perjalanan dari Kota Pangkep via transportasi roda dua.

Soal tiketnya? Ya, tempat ini gratis dikunjungi oleh siapapun dan kapanpun waktu berkunjungnya.

5. Telaga Biru Palleo

Kemudian ada Telaga Biru Palleo yang berada di Desa Baring, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep. Berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Pangkep.

Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati kesejukan udara di sekitar telaga kecil yang memiliki warna air bisa berubah-ubah sesuai kondisi cuaca.

Telaga Biru Palleo memiliki warna air yang dapat berubah sesuai kondisi cuaca
Telaga Biru Palleo memiliki warna air yang dapat berubah sesuai kondisi cuaca.

Saat musim hujan misalnya, warna air telaga akan berubah menjadi biru, sedangkan saat kemarau akan berwarna hijau.

Untuk menikmati obyek wisata ini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

6. Dengeng Highland Puncak Tondongkura

Rekomendasi tempat wisata di Pangkajene dan Kepulauan paling hits 2023 yang terakhir ada Dengeng Highland Puncak Tondongkura.

Salah sattu daya tarik dari tempat ini adalah adanya balon udara berukuran besar yang bisa jadi spot berswafoto ramai-ramai.

Bahkan, balon ini juga yang menjadi ikon land mark di Dengeng Highland Puncak Tondongkura.

Ikon balon udara di Dengeng Hihgland menjadi daya tarik untuk berfoto bagi para wisatawan
Ikon balon udara di Dengeng Hihgland menjadi daya tarik untuk berfoto bagi para wisatawan.

Lokasinya berada di perbatasan antara Kabupanten Pangkep dan Bone. Lebih tepatnya berada di Desa Tondongkura, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkep.

Meski demikian, pengunjung sebaiknya dapat didampingi oleh pemandu berpengalaman yang mungkin bisa melibatkan warga sekitar untuk menuju ke lokasi. Karena tempatnya yang terpecil akan menyulitkan akses bagi pengunjung, terlebih bagi pemula.

Namun ketika sampai di lokasi, rasa lelah perjalanan akan terbayarkan dengan menikmati pemandangan yang menakjubkan di tempat ini. Terlebih tidak adanya tiket masuk, karena semua pengunjung bisa datang secara gratis.

Selain keenam daftar rekomendasi tersebut, sebenarnya masih banyak destinasi lain yang juga tak kalah mempesona. Namun tak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu mengunjungi 6 tempat wisata di Pangkajene paling hits 2023 sesuai yang ada pada artikel ini.

Sementara itu, Anda juga bisa merekomendasikan sejumlah destinasi yang telah disebutkan di atas kepada rekan, kerabat, dan saudara yang barangkali masih bingung saat berada di Sulsel harus kemana saja.

Demikian daftar tempat wisata paling hits di Sulsel 2023 sesuai yang tertulis dalam artikel ini. Sudah ada rencana mau kemana saat liburan nanti, sobat?



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close