GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Rayakan HUT RI ke-78, TikTok Luncurkan Kampanye #Serunya17an

Rayakan HUT RI ke-78, TikTok Luncurkan Kampanye #Serunya17an
#Serunya17an TikTok ajak Pejuang Kreatif tebarkan semangat positif. (Dok. TikTok)

PEWARTA.CO.ID - Aplikasi video pendek TikTok meluncurkan kampanye bertajuk #Serunya17an guna menyebarkan semangat perjuangan dengan cara kreatif.

Kampanye dengan hastag #Serunya17belasan tersebut melibatkan sejumlah pesohor tanah air, termasuk komunitas inspiratif yang selama ini dikenal masyarakat luas khususnya melalui internet.

Setidaknya ada 5 pejuang kreatif menurut TikTok, yang ikut terlibat dalam kampanye #Serunya17an tersebut. Kelima pejuang kreatif tersebut diajak untuk menyuarakan perubahan positif melalui konten-konten kreatif ataupun dalam bentuk tindakan secara nyata.

Adapun gerakan menyebarkan semangat perubahan positif itu selaras dengan tema HUT RI ke-78 tahun ini, yakni "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

Masing-masing bidang dari makna pejuang kreatif pada kampanye #Serunya17an TikTok antara lain Pejuang Edukasi, Pejuang Hijau, Pejuang Budaya, Pejuang Prestasi, dan Pejuang Cuan.

Lalu, siapa saja 5 pejuang kreatif yang terlibat dalam kampanye #Serunya17an di TikTok ini? Berikut daftarnya seperti dilansir dari detikHot, Minggu (13/8/2023).

1. Mikha Tambayong - Pejuang Edukasi

Selebritas yang juga pegiat edukasi ini merasa bangga bisa terlibat dalam kampanye #Serunya17an TikTok. Menurutnya, semangat belajar para pelajar masih sangat terasa melalui adanya TikTok.

Mikha juga tak kerap menceritakan pengalamannya di seputar dunia edukasi melalui unggahan konten pada akun TikTok-nya.

Dirinya merasa optimis jika Indonesia dapat melaju lebih baik ke depannya, demi kemajuan bangsa dan negara dengan semangat belajar yang tinggi dari para pelajar.

2. Pandawara Group - Pejuang Hijau

Kehadiran komunitas Pandawara Group telah menginspirasi masyarakat luas untuk bergerak bersama peduli terhadap kebersihan lingkungan. Ini sebagai bentuk nyata semangat positif yang dimaksud oleh TikTok sebagai Pejuang Hijau.

Berawal dari kesadaran 5 anak muda asal Bandung yang memulai langkah membersihkan beberapa pantai dan sungai di berbagai wilayah di Indonesia, kemudian menjadi contoh oleh sebagian besar orang untuk melakukan hal yang sama.

Dalam kampanye #Serunya17an, TikTok mengajak agar gerakan semacam itu dapat terus dilakukan guna menjaga lingkungan menjadi lebih bersih dan enak dipandang.

3. Roman Nuansa - Pejuang Budaya

Seniman tekstil Roman Nuansa juga tak luput dianggap sebagai sosok inspiratif yang menularkan semangat positif. Roman telah mengharumkan nama bangsa lewat pameran fesyen pada ajang New York Fashion Week di Amerika Serikat.

Ia juga rutin mengunggah konten yang memamerkan karya terkait budaya, serta mengedukasi masyarakat yang relevan dengan segala hal tentang keragaman budaya di Indonesia.

4. Leani Ratri Oktila - Pejuang Prestasi

Sosok peraih dua medali emas dan satu medali perak di ajang Paralimpiade Tokyo 2022 ini dianggap sebagai sosok inspiratif sehingga masuk dalam kategori Pejuang Prestasi oleh TikTok.

Oktila telah menginspirasi banyak orang dengan semangat perjuangannya sebagai atlet Para Badminton bagi Indonesia. Karena baginya, kekurangan bukanlah hambatan untuk mengukir prestasi.

Oleh karenanya, TikTok memberinya gelar Pejuang Prestasi pada kampanye #Serunya17an ini.

5. Kohcun - Pejuang Cuan

Kohcun selalu menjadi andalan bagi pengguna aplikasi video pendek itu dalam mencari informasi terkait gadget, teknologi, dan cara cerdas mendulang cuan melalui internet.

Perannya yang aktif mengedukasi masyarakat dianggap sebagai Pejuang Cuan demi membangkitkan semangat masyarakat dalam meraih kesuksesan.

Dedikasinya sebagai creator affiliate itu membuat dirinya kemudian diberi gelar Pejuang Cuan guna menambah semangat bagi orang lain agar bisa seperti dirinya.

TikTok gelar berbagai kegiatan sosial untuk tebar semangat positif

Sematan gelar pejuang kreatif pada masing-masing talenta tersebut tak hanya berupa predikat semata. Tetapi juga diwujudkan melalui berbagai kegiatan sosial demi menyuarakan semangat positif kepada sesama.

Salah satunya seperti yang dilakukan Pejuang Budaya Roman Nuansa. Pegiat budaya itu turut terlibat dalam program pelatihan eco-printed fabric pada 8 Agustus 2023 lalu di Desa Pagerwangi, Lembang, Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Oman itu mengajak warga untuk berkreasi mewarnai selendang bermotif menggunakan daun yang dinilai ramah lingkungan.

Selain itu, ada juga Pejuang Edukasi Vina Muliana yang mengajak ratusan siswa SMK untuk mempelajari keahlian public speaking pada Sabtu (12/8/2023) kemarin.

Dari bidang content creator, TikTok mengerahkan Agung Satria, seorang pesepakbola amputasi Indonesia untuk berbagi semangat perjuangan pada Minggu (13/8/2023) hari ini.

Lalu ada Pandawara Group yang dikenal sebagai komunitas inspiratif di bidang kesehatan melalui gerakan peduli kebersihan lingkungan. Rencananya, komunitas ini akan bergerak pada agenda kampanye 16 Agustus 2023.

Untuk mengikuti rangkaian kampanye #Serunya17an ini, warganet turut diajak untuk melakukan hal-hal positif serupa namun dapat menyesuaikan bidangnya masing-masing.

Caranya cukup mudah, yakni melakukan kegiatan sosial yang didokumentasikan secara apik, lalu unggah video dokumentasinya ke TikTok seraya disematkan hastag #Serunya17an.

Adapun langkah-langkahnya untuk mengikuti kampanye ini adalah sebagai berikut:

- Upload video perjuangan yang menceritakan perjuangan dan pencapaian Anda sebagai kreator konten TikTok, contoh video bisa cek di link ini. https://vt.tiktok.com/ZSLQjRMuU/

- Cantumkan hashtag #Serunya17an pada bagian caption.

- Periode challenge ini berlangsung mulai 2-31 Agustus 2023.

- Cek info lainnya pada laman resmi kampanye #Serunya17an pada tautan ini. https://www.tiktok.com/tag/Serunya17an

Bagi 5 video terbaik, nantinya berkesempatan untuk mendapatkan hadiah senilai total Rp 17 juta. Jadi, jangan lewatkan kampanye #Serunya17an di TikTok ini. Selagi melakukan kegiatan sosial yang positif juga membuka ada meraih hadiah besar pada momentum HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close