GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Resep Dodol Ketan Kukus Putih Ala YouTuber Fransiska Tien, Rasanya Enak dan Lembut di Mulut

Resep Dodol Ketan Kukus Putih Ala YouTuber Fransiska Tien, Rasanya Enak dan Lembut di Mulut
Tangkapan layar unggahan video resep/cara membuat dodol ketan putih kukus dari channel YouTube Fransiska Tien. (Dok. YouTube)

PEWARTA.CO.ID - Dodol merupakan jajanan tradisional khas Garut, Jawa Barat. Makanan ini sudah populer sejak dulu, dan termasuk yang masih bertahan lintas generasi hingga hari ini.

Bukan saja karena rasanya yang enak, tetapi juga dodol sangat cocok dinikmati di segala kondisi, baik saat santai, hidangan tamu, atau suguhan acara-acara besar.

Bahkan, dodol biasanya dibanderol lumayan tinggi jika sudah terpajang di rak toko oleh-oleh. Nah, jika Anda termasuk di antaranya yang menyukai pengaman dodol ini, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri.

Karena membuat dodol bisa dibilang cukup mudah. Adonan yang dibutuhkan pun juga muda dijumpai di pasar sehingga tidak terlalu sulit untuk mengumpulkan bahan-bahan tersebut.

Dari sekian banyak food vlogger dan content creator, salah satunya yang terpopuler adalah Fransiska Tien. Kreator ini mempraktikkan cara membuat dodol dalam channel YouTube-nya yang kini telah ditonton ratusan ribu orang.

Dalam video yang diunggah pada Selasa (1/8/2023) lalu, Fransiska Tien membocorkan cara membuat dodol berbahan tepung ketan. Hingga artikel ini diterbitkan, video berjudul "KUE YANG PALING SERING SAYA BIKIN UNTUK SUAMI !! SANGAT ENAK DAN LEMBUT !! RESEP DODOL KETAN KUKUS" itu telah disaksikan sebanyak 237 ribu kali pada platform YouTube.

Fransiska menjelaskan, pembuatan dodol ketan kukus itu sangatlah gampang. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut di mulut, serta beraroma harum karena pengaruh daun pandan.

Selain itu, dodol ketan putih kukus itu juga memiliki rasa manis dan gurih yang bersahabat dengan lidah orang Indonesia. Penasaran ingin mencoba membuatnya? Simak resep dodol ketan putih kukus ala YouTuber Fransiska Tien berikut ini.

Resep dodol ketan putih kukus

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- 375 gram gula pasir (25 sendok makan)

- 700 ml santan kental 

- 2 lembar daun pandan 

- 1 sendok teh garam 

- 500 gram tepung ketan putih 

- 1 sendok teh pewarna makanan (warna putih)

Cara membuat dodol ketan putih kukus

- Masukkan 375 gram gula pasir (25 sendok makan) ke dalam wajan lalu panaskan dengan api sedang.

- Tuangkan 700 ml santan kental ke dalam wajan berisi gula tadi.

- Masukkan 2 lembar daun pandan.

- Tambahkan 1 sendok teh garam, lalu aduk merata sampai mendidih.

- Setelah mendidih, angkat wajan lalu aduk-aduk hingga dingin.

- Ambil 500 gram tepung ketan putih di loyang terpisah.

- Campurkan santan tadi ke dalam wadah berisi tepung secara bertahap, lalu aduk hingga merata.

- Setelah adonan rata, lalu masukkan 1 sendok teh pewarna makanan (warna putih) yang telah lebih dulu diberi sedikit air panas.

- Aduk lagi hingga warnanya tercampur.

- Setelah tercampur, kemudian pindahkan adonan tadi ke wadah berbeda dengan cara disaring terlebih dahulu agar tidak ada adonan yang bergerindil.

- Setelah itu, siapkan loyang berukuran 18x7 cm, lalu oleskan sedikit minyak goreng.

- Jangan lupa alasi selembar daun pisang di bagian dasar loyang yang telah diolesi minyak goreng.

- Setelah daun pisang tadi melapisi dasar loyang, oleskan lagi minyak goreng agar adonan tidak lengket sehingga dodol dapat dengan mudah diangkat.

- Pindahkan loyang ke kukusan yang telah dipanaskan dengan api sedang sebelumnya.

- Setelah itu tuangkan adonan yang telah disaring tadi ke dalam loyang tersebut.

- Tutup panci tersebut kemudian kukus adonan selama 1 (satu) jam dengan api sedang.

- Setelah satu jam, angkat loyang dari kukusan lalu tunggu hingga benar-benar dingin sepenuhnya. Hal ini agar dodol dapat diangkat dari loyang dengan mudah saat kondisinya benar-benar dingin.

- Jika sudah dingin, keluarkan dari loyang lalu potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan.

- Jika proses yang dilakukan benar, maka proses pemotongan akan terasa mudah karena lembutnya tekstur dodol. Selain itu akan tercium aroma yang harum sehingga dapat menggugah selera.

- Jika pemotongan telah selesai dilakukan, selanjutnya dodol sudah siap untuk disajikan

***

Agar lebih jelas mengenai alur pembuatan dodol ketan putih kukus tersebut, tonton video tutorialnya seperti dicuplik dari channel YouTube Fransiska Tien di bawah ini.

Demikian resep dodol ketan putih kukus ala YouTuber Fransiska Tien yang barangkali bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk segera mencobanya.

Sajian dodol ketan putih kukus tersebut selain bisa dinikmati sendiri, juga bisa sebagai ide jualan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close