GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

5 Kuliner Khas Wonosobo yang Patut Dicoba Saat Liburan, Lezatnya Melegenda!

5 Kuliner Khas Wonosobo yang Patut Dicoba Saat Liburan, Lezatnya Melegenda!
Daftar kuliner khas Wonosobo legendaris.

PEWARTA.CO.ID - Inilah daftar kuliner khas Wonosobo yang patut dicoba saat liburan di daerah ini. Pasalnya ada banyak makanan khas yang siap memanjakan lidah.

Bahkan, untuk mencicipi kuliner khas Wonosobo tersebut tak harus merogoh kocek terlalu dalam. Karena harganya cukup terjangkau, sehingga ramah bagi kantong wisawatan.

Lantas, apa saja daftar kuliner khas Wonosobo yang patut dicoba tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Daftar Kuliner Khas Wonosobo

Meski sebenarnya ada banyak sekali daftar makanan khas Wonosobo, namun setidaknya redaksi Pewarta.co.id merekomendasikan sedikitnya 5 menu yang sayang jika dilewatkan saat berada di kawasan yang memang terkenal dengan kulinernya ini.

Bahkan tak hanya menu khasnya saja, tetapi juga sekaligus rekomendasi tempat makan legendaris di Wonosobo. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Soto sapi khas Wonosobo

Rekomendasi kuliner khas Wonosobo pertama yang wajib dicoba adalah soto sapi. Makanan ini selain dapat membuat kenyang, juga memanjakan lidah karena kelezatannya.

Ciri khas kuah bening dengan daging sapi yang bertekstur empuk saat disantap kian meningkatkan selera makan.

Meski terdapat banyak jenis soto di Wonosobo, namun yang menjadi andalan dan favorit para wisatawan ialah soto sapi ini.

Karenanya, sangat disayangkan jika tak mencoba soto sapi khas Wonosobo saat melintas di kawasan Jalan A. Yani Nomor 118, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng).

2. Sego jagung Wonosobo

Daerah Jawa Tengah yang mayoritas masih terjaga keasrian wilayahnya memang dikenal kaya akan hasil bumi. Di mana hasil panen para petani tersebut bisa diolah menjadi beragam penganan khas, salah satunya sego jagung.

Sego jagung atau dalam Bahasa Indonesia berarti nasi jagung merupakan campuran antara nasi yang berasal dari beras yang dicampur dengan jagung.

Saat menyantapnya, bisa ditambahkan aneka lauk pauk tradisional seperti sambel, tempe dan tahu goreng, serta daging atau ikan bakar.

Bisa bayangkan harumnya bumbu tradisional tersebut yang tentunya akan semakin nikmati jika disantap dengan suasana pedesaan.

Sego jagung Wonosobo yang terkenal salah satunya seperti yang berada di Jalan Sugondo, Kliwonan, Wonosobo Barat, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo.

Ayam goreng Bugisan khas Wonosobo
Ayam goreng Bugisan khas Wonosobo, Jateng.

3. Ayam goreng Bugisan

Jika sudah bertema ayam goreng, sudah barang tentu rasanya memanjakan lidah. Kelembutan tekstur daging ayam di Bugisan bisa jadi pilihan tepat untuk berwisata kuliner di Wonosobo.

Menariknya, ukuran ayam sengaja dibuat besar-besar di tiap porsinya. Kendati begitu, dagingnya tetap empuk saat disantap.

Paduan bumbu rempah yang istimewa kian menambah kelezatan ayam goreng Bugisan ini.

Sebelum digoreng, daging ayam biasanya diungkap bersama adonan bumbu-bumbu tadi, sehingga rasa gurih dan lezat dapat meresap ke dalam daging.

Untuk mencicipi kelezatannya, Anda bisa mengunjungi area Jalan Masjid II Nomor 28, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jateng.

4. Martabak Marparis

Bagi penggemar makanan manis, mencoba martabak Marparis adalah solusi yang tepat. Martabak di Wonosobo terdiri dari dua macam varian rasa, yaitu manis yang lazim disebut 'Terang Bulan', dan asin yang biasa disebut martabak telur.

Isian daging cincang pada martabak telur kian menambah kelezatan rasanya saat menempel di lidah. Atau paduan lembutnya tekstur terang bulan yang berpadu dengan rasa susu dan keju juga tak kalah menarik untuk dicoba.

Anda bisa menyesuaikan sesuai selera, di mana dua jenis martabak manis dan asin ini bisa dicoba dengan mengunjungi kedai Martabak Marparis yang berada di kawasan Singkir, Jaraksari, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo.

5. Rujak dan Lotek Mbak Yem

Meski rujak identik dengan Surabaya, namun nyatanya rujak dan lotek khas Wonosobo ini juga tidak kalah menggugah selera. Karena rujak dan lotek Mbah Yem misalnya, memiliki rasa yang khas dibanding rujak lain pada umumnya.

Aneka potongan buah menjadi komposisi yang menyegarkan saat dicampur dengan bumbu khas. Juga lotek yang yang terasa gurih dan nikmat.

Sebagai informasi, lotek merupakan campuran aneka sayuran yang disiram dengan bumbu kacang kemudian diuleg menjadi satu secara merata.

Untuk merasakan kenikmatan rujak dan lotek tersebut, Anda bisa mendatangi lokasi warung Mbak Yem yang berada di Jalan Mayor Kaslam Nomor 23, Ngapelan, Wonosobo Barat, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Demikian kelima kuliner khas Wonosobo, Jawa Tengah, yang patut dicoba baik saat tujuan liburan maupun dalam rangka menjalani agenda aktivitas apapun.

Sudah tergiur ingin mencoba yang mana dulu, sobat Pewarta?



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close