GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Viral di Medsos! M. Shadows Vokalis Avenged Sevenfold Nyanyi Lagu Band Ungu 'Sejauh Mungkin', Benarkah?

Viral di Medsos! M. Shadows Vokalis Avenged Sevenfold Nyanyi Lagu Band Ungu 'Sejauh Mungkin', Benarkah?
Thumbnail video cover lagu band Ungu 'Sejauh Mungkin' dengan suara vokalis Avenged Sevenfold, M. Shadows. (Dok. YouTube/@asrulmaulanabeling)

PEWARTA.CO.ID - Belakangan viral di media sosial (medsos) terkait video lagu milik grup band Indonesia, yakni Ungu, yang dinyanyikan vokalis Avenged Sevenfold Matthew Charles Sanders atau M. Shadows.

Benarkah video M. Shadows yang menyanyikan lagu band Ungu tersebut merupakan suara asli sang vokalis band Avenged Sevenfold?

Adapun lagu Ungu yang viral tersebut salah satunya berjudul "Sejauh Mungkin". Lagu yang masuk dalam album "Melayang" yang dirilis tahun 2005.

Namun setelah ditelusuri, ternyata faktanya suara M. Shadows yang menyanyikan lagu 'Sejauh Mungkin' hanyalah hasil rekayasa Artificial Intelligence (AI).

Kreasi AI tersebut dibuat oleh content creator sekaligus YouTuber bernama Asrul Maulana Beling.

YouTuber dengan subscriber 7,23 ribu itu diketahui merupakan penggemar M. Shadows. Karenanya di setiap konten yang ia unggah selalu menggunakan sampling suara vokalis Avenged Sevenfold tersebut.

Bahkan, saat di cek di channel YouTube miliknya, total sudah ada 243 video yang merupakan hasil reka suara M. Shadows dengan menyanyikan lagu-lagu dari penyanyi Indonesia.

Tak hanya Ungu, Asrul juga menggubah isi vokal lagu lain seperti milik ADA Band, Dewa 19, NOAH, hingga lagu-lagu nostalgia Indonesia dan Malaysia dengan suara M. Shadows.

Belum diketahui pasti apakah hal ini termasuk pelanggaran hak cipta atau eksplorasi dari sebuah karya semata dengan label cover seperti yang banyak dilakukan peng-cover lagu lainnya.

Namun, sejauh ini respon warganet cukup positif terkait karya Arul dengan mengganti suara asli vokalis band maupun penyanyi Indonesia dengan suara rekayasa AI M. Shadows tersebut.

Kendati demikian, masih banyak warganet yang justru terkecoh dengan kebenaran lagu Ungu yang dinyanyikan M. Shadows tersebut. Mereka mengira hal itu benar-benar terjadi.

Padahal si pengunggah video sudah menjelaskan sanggahan pada deskripsi di setiap videonya bahwa penggunaan sample suara M. Shadows hanya sebagai bentuk apresiasinya terhadap sang vokalis idolanya tersebut.

Arul mencantumkan keterangan bahwa ia menggunakan sample suara AI M. Shadows yang diambil antara tahun 2010-1011.

Belum lagi adanya kreator konten yang mengunggah video lipsync lagu Ungu "Sejauh Mungkin" versi suara M. Shadows tersebut dikira sebagai suara asli.

Hingga artikel ini diterbitkan, total lagu 'Sejauh Mungkin' cover suara M. Shadows total sudah ditonton sebanyak 44 ribu kali dan 93 komentar.

Untuk melihat karya-karya AI suara M. Shadows yang menyanyikan lagu-lagu penyanyi dan band Indonesia dapat ditonton pada channel @asrulmaulanabeling.

Update: player tidak tersedia karena channel YouTube yang mengunggah konten tersebut telah dihapus.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close