GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Kota Batu Terima 2 Penghargaan dalam Inotek Award 2023

Kota Batu Terima 2 Penghargaan dalam Inotek Award 2023
Kota Batu Terima 2 Penghargaan dalam Inotek Award 2023. (Dok. Diskominfo Kota Batu)

PEWARTA.CO.ID - TRIDI(Pestisida Nabati) dengan inovatornya Kelompok Tani Muda Desa, Desa Bulukerto dan Es Krim OMG (Organik Milik Giripurno) dengan inovator Kelompok Wanita Tani Puspa Kencana, Desa Giripurno, Kota Batu, berhasil meraih penghargaan Inovasi Teknologi (Inotek) Award Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.

TRIDI menerima penghargaan Terbaik I Kategori Inovasi Teknologi di Bidang Non Ekonomi dan Es Krim OMG menerima penghargaan Terbaik V Kategori Inovasi Teknologi di Bidang Ekonomi.

Kedua penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, kepada Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dalam “Inotek Award Ceremony 2023 dan Launching Aplikasi Jatim Berdasi”, di Hotel Novotel Samator, Surabaya, Senin (9/10/2023).

Penghargaan dua inovasi tersebut telah melewati tahapan penilaian dari Mei hingga Agustus 2023, dan berhasil masuk nominasi dengan menyisihkan puluhan inovasi dari daerah lain.

"Inovasi yang lahir dari masyarakat bisa menjadi pemicu motivasi yang lain untuk bergerak bersama. Terima kasih kepada semua yang terlibat," ujar Aries.

Kelompok Tani Muda Desa dengan inovasi TRIDI (Pestisida Nabati) berhasil meningkatkan kualitas produksi buah apel, pengembangan pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan, dan bisa diaplikasikan pada komoditas hortikultura (buah, sayuran, dan bunga potong).

Sementara itu, Kelompok Wanita Tani (KWT) Puspa Kencana dari Dusun Sawahan, Desa Giripurno berhasil menciptakan olahan pangan sayur yang disukai anak-anak yaitu es krim yang berasal dari sayuran.

Dari situlah muncul ide dan dikembangkan menjadi es krim dan bisa untuk memenuhi gizi anak-anak yang cenderung tak menyukai sayur. Dengan ini diharapkan nantinya bisa menurunkan angka stunting di Desa Giripurno.

Gubernur Jatim menegaskan bahwa inovasi adalah sebuah keharusan. Ia berharap kedepannya Inotek dapat berdampak pada kehidupan manusia, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Inovasi dan teknologi itu harus berdampak, harus memberikan manfaat bagi kehidupan kemanusiaan,” tegas Khofifah.

Inotek Award sendiri merupakan ajang tahunan yang diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Jawa Timur.

Proses seleksi diawali dengan tahap pengajuan usulan inovasi dari setiap kabupaten/kota. Berikutnya, dipilih 15 inovasi terbaik untuk memaparkan proposal secara langsung.

Diikuti 363 peserta dari 34 kabupaten/kota se-Jatim, ajang ini diharapkan bisa menjadi ajang unjuk gigi Pemda di bidang inovasi dan teknologi. Sekaligus menjadi stimulan bagi kabupaten/kota untuk membiasakan diri dengan inovasi baru yang mampu meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close