GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Pantai Wediombo Gunungkidul Yogyakarta: Harga Tiket Terbaru, Fasilitas, dan Rute Lokasi

Pantai Wediombo Gunungkidul Yogyakarta: Harga Tiket Terbaru, Fasilitas, dan Rute Lokasi
Keindahan Pantai Wediombo Gunungkidul Yogyakarta menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. (Dok. Trip Jalan Jalan)

PEWARTA.CO.ID - Rekomendasi tempat wisata keluarga di Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya. Salah satunya Pantai Wediombo yang ada di wilayah Gunungkidul berikut ini.

Pantai Wediombo Yogyakarta belakangan banyak menjadi pembicaraan karena daya tariknya yang luar biasa.

Sering menjadi tujuan wisata favorit khususnya kalangan keluarga dan pasangan. Pasalnya, selain bisa menikmati suasana pantai yang menenangkan, pengunjung juga bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan.

Selain itu, beragam fasilitas tersebut tidak membuat kantong jebol alias berlibur ke Pantai Wediombo dijamin hemat banget.

Artikel ini menjelaskan apa saja kelebihan destinasi wisata satu ini, lengkap dengan info harga tiket terbaru, hingga rute yang bisa dilalui untuk sampai ke lokasi.

Fasilitas Pantai Wediombo Yogyakarta

Pantai yang namanya diambil dari Bahasa Jawa, yaitu Wedi yang berarti pasir, serta Ombo yang berarti luas. Jadi Wediombo berarti memiliki makna hamparan pasir yang luas yang notabene menjadi keunggulan dari pantai ini.

Ada sejumlah fasilitas unggulan yang membuat Anda akan betah berkunjung ke Pantai Wediombo, antara lain:

Hamparan pasir putih yang luas

Bagi yang menyukai suasana alami dan asri, maka beraktivitas seperti berjalan atau berlarian di hamparan pasir putih bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan selama di Pantai Wediombo.

Karena hamparan pasir putih di tempat ini cukup luas untuk beragam kegiatan, seperti berjemur atau duduk bersantai sembari menikmati suara debur ombak.

Kolam renang alami

Selain menikmati matahari terbenam (sunset), pengunjung juga bisa mengisi waktu untuk berenang di kolam alami.

Kolam dengan air jernih dan alami ini memiliki kedalaman 1,5 meter, sehingga hanya disarankan bagi orang dewasa saja.

Olahraga ekstrim

Bagi yang suka dengan olahraga menantang, maka bisa melakukan kegiatan seperti snorkeling dan surfing.

Segala peralatan juga sudah disiapkan, termasuk pendampingan dari tim ahli yang berjaga di kawasan tersebut.

Kemah/camping

Untuk penyuka alam, maka melakukan kemah atau camping di sekitar area Pantai Wediombo Gunungkidul bisa menjadi pengalaman yang mengesankan.

Untuk bermalam dengan cara berkemah, pengunjung biasanya dipatok harga Rp 10.000. Dan penting untuk diingat agar selalu menjaga kebersihan pantai saat berkemah.

Pemandangan tebing karang

Selain menikmati luasnya panorama pantai serta pasir putih, di sekitar lokasi juga terpampang deretan tebing yang menjulang tinggi.

Pemandangan ini kian menambah eksotisme Pantai Wediombo yang akan membuat Anda semakin betah tentunya. Lokasi tebing ini juga menjorok ke laut sehingga bisa menjadi spot foto keren bagi yang ingin mengabadikan momen tak terlupakan ini.

HTM dan jam buka Pantai Wediombo Yogyakarta
Panorama alam Pantai Wediombo Yogyakarta menjadi alasan tempat ini difavoritkan wisatawan. (Dok. Homecare 24)

Rute ke lokasi Pantai Wediombo Yogyakarta

Untuk sampai ke lokasi Pantai Wediombo Yogyakarta, pengunjung bisa mengakses sejumlah jalur dari berbagai penjuru.

Namun untuk memudahkan Anda sampai ke lokasi tujuan, silakan gunakan pedoman rute berikut ini. Di mana perjalanan dimulai dari Kota Yogyakarta, berlanjut ke Alun-alun Wonosari, dan berakhir di Jalan Wediombo.

Kota Yogyakarta - Berkendara dari pusat Kota Yogyakarta lewat daerah daerah Piyungan, Bantul. Sampai di Piyungan, terus mengikuti Jalan Nasional III sampai ke alun-alun Wonosari.

Alun-alun Wonosari - Dari alun-alun Wonosari ambil arah ke selatan menuju Balai Desa Mulo. Kemudian terus mengikuti Jalan Baron hingga pertigaan Mulo Wonosari. Di pertigaan belok ke arah kiri menuju pertigaan Jepitu dengan patokannya SMKN 1 Girisubo.

Jalan Wediombo - Apabila sudah melihat sekolah tersebut, berarti sudah tiba di Jalan Wediombo. Selanjutnya dari pertigaan terakhir belok kanan dan ambil arah turun ke selatan sampai menuju area parkiran Pantai Wediombo.

Sampai di parkiran, pengunjung tinggal turun ke melewati anak tangga untuk sampai ke tepi Pantai Wediombo.

Pantai Wediombo terletak di Desa Balong, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Apabila berangkat dari Kota Yogyakarta, jaraknya tempuhnya sekitar 70 km dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan jika dalam keadaan normal.

Harga Tiket Pantai Wediombo Yogyakarta Terbaru

Sebelum menentukan tanggal keberangkatan ke Pantai Wediombo Yogyakarta, sebaiknya ketahui dahulu berapa harga tiket terbaru yang berlaku di tempat wisata itu.

Adapun harga tiket masuk Pantai Wediombo terbilang cukup terjangkau. Hal ini tentu tak akan membuat Anda khawatir kehabisan uang saat berlibur.

  • Biaya tiket masuk : Rp 5.000 per orang
  • Biaya parkir roda dua (motor) : Rp 5.000 per kendaraan
  • Biaya parkir roda empat (mobil) : Rp 10.000 per kendaraan
  • Biaya menginap di sekitar area wisata : Rp 10.000

*Sementara jika menginap di hotel atau homestay maka biaya dihitung terpisah. Sehingga pengunjung harus mengeluarkan sendiri sesuai harga dari masing-masing tempat penyedia akomodasi tersebut.

Sementara untuk jam buka Pantai Wediombo atau waktu operasionalnya adalah 24 jam, alias tidak ada jam buka dan tutupnya.

Namun sangat disarankan untuk berkunjung pada hari dan jam yang efektif sehingga suasana pantai tidak dalam kondisi padat pengunjung.

Biasanya, waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Wediombo adalah pada hari dan jam kerja, karena kebanyakan orang masih sibuk dengan pekerjaannya. Sehingga Anda dan keluarga dapat menikmati keindahan Pantai Wediombo dengan leluasa.

Demikian ulasan rekomendasi tempat wisata populer di Jogja, yaitu Pantai Wediombo Gunungkidul Yogyakarta.

Tertarik untuk segera mengunjunginya? Sebaiknya atur tanggal keberangkatan dari sekarang, sehingga tidak ada yang tertinggal saat berangkat nanti.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.