GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Punya Masalah Bibir Pecah-pecah? Ini 7 Cara Ampuh untuk Mengobatinya

Punya Masalah Bibir Pecah-pecah? Ini 7 Cara Ampuh untuk Mengobatinya
Masalah bibir pecah-pecah memang menjengkelkan. Segera atasi dengan ketujuh tips di bawah ini.

PEWARTA.CO.ID - Bibir pecah-pecah merupakan kondisi yang umum terjadi, terutama saat musim kemarau. Akan tetapi, kondisi ini bisa juga terjadi saat pergantian musim tiba.

Masalah bibir pecah-pecah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti udara kering, sinar matahari, kekurangan cairan, kebiasaan menjilat bibir, dan alergi.

Bibir pecah-pecah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman serta menyebabkan penampilan menjadi kurang menarik sehingga memengaruhi kepercayaan diri.

Karenanya perlu penanganan cepat agar kondisinya tak semakin parah. Seperti dijelaskan dalam artikel ini, jika Anda mengalami bibir pecah-pecah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

7 cara ampuh mengobati bibir pecah-pecah

Ada 7 cara yang bisa dilakukan untuk mengobati bibir pecah-pecah. Beberapa cara berikut cukup mudah dipraktikkan, serta bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Terlebih, tips mengobati bibir pecah-pecah ini cukup aman dilakukan, sehingga tidak ada risiko yang perlu dikhawatirkan.

Simak cara ampuh mengobati bibir pecah-pecah selengkapnya di bawah ini.

1. Gunakan pelembap bibir

Pelembap bibir merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Pelembap bibir akan membantu menjaga kelembapan bibir dan mencegahnya dari kekeringan.

Pilihlah pelembap bibir yang mengandung bahan-bahan alami, seperti petroleum jelly, lanolin, atau shea butter.

Anda dapat mengoleskan pelembap bibir secara rutin, terutama saat bibir terasa kering atau pecah-pecah. Anda juga dapat mengoleskan pelembap bibir sebelum tidur agar bibir tetap terhidrasi sepanjang malam.

2. Hindari menjilat bibir

Menjilat bibir memang dapat membuat bibir terasa lebih basah, tetapi hal ini justru akan memperburuk kondisi bibir pecah-pecah.

Air liur mengandung enzim yang dapat mengikis lapisan kulit bibir, sehingga bibir menjadi lebih kering dan mudah pecah.

Jika bibir Anda terasa kering, hindari menjilat bibir dan gantilah dengan mengoleskan pelembap bibir.

3. Pastikan tubuh terhidrasi

Kekurangan cairan juga dapat menjadi penyebab bibir pecah-pecah. Minumlah air putih yang cukup, yaitu minimal 8 gelas per hari.

Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan air, seperti semangka, melon, dan tomat.

4. Hindari pemicu alergi

Jika Anda memiliki alergi terhadap makanan, obat-obatan, atau bahan kimia tertentu, alergi tersebut dapat menjadi salah satu sebab bibir pecah-pecah.

Hindari pemicu alergi tersebut untuk mencegah bibir pecah-pecah. Anda bisa menggantinya dengan makanan atau jenis bahan lain yang bisa dikonsumsi namun tidak menyebabkan lapisan bibir bermasalah.

Tips menyembuhkan bibir pecah-pecah
Masalah bibir pecah-pecah harus segera diatasi agar tak menyebabkan gejala lain pada kesehatan fisik.

5. Hindari mengelupas kulit mati

Jika bibir Anda sudah pecah-pecah, hindari mengelupasi kulit mati yang ada di permukaan bibir.

Karena kulit mati nantinya dapat mengelupas dengan sendirinya seiring dengan proses penyembuhan.

Mengelupas kulit mati secara sengaja sebelum waktunya justru dapat menyebabkan luka terbuka dan memperburuk kondisi bibir pecah-pecah.

6. Pilih lipstik yang sesuai

Jika Anda menggunakan lipstik, pilihlah lipstik yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi bibir, seperti pewangi, pewarna, dan alkohol.

Selain itu, Anda juga dapat memilih lipstik yang mengandung pelembap untuk mencegah bibir pecah-pecah.

7. Mengoleskan madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Oleskan madu pada bibir secara rutin, terutama sebelum tidur.

Jika ketujuh cara di atas belum juga dapat menyembuhkan masalah bibir pecah-pecah yang Anda alami, maka opsi terakhir tiada lagi kecuali melakukan konsultasi kepada dokter.

Karena jika dibiarkan saja, biasanya akan muncul gejala-gejala lain seperti demam, pembengkakan, atau nyeri. Maka segera berkonsultasi dengan dokter adalah langkah yang bijak.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close