GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tips Liburan ke Pantai Pangandaran Super Hemat: Nikmati Wisata Alam, Kuliner, dan Tarif Menginap Terjangkau

Tips Liburan ke Pantai Pangandaran Super Hemat: Nikmati Wisata Alam, Kuliner, dan Tarif Menginap Terjangkau
Keindahan panorama Pantai Pangandaran telah menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara. (Dok. Travel Kompas)

PEWARTA.CO.ID - Berikut ini tips liburan ke Pantai Pangandaran yang super hemat dan ngga bikin kantong jebol.

Dengan biaya terjangkau sudah bisa menikmati sejumlah fasilitas di Pantai Pangandaran, mulai dari panorama alam yang memukau, hingga deretan kuliner yang lezat.

Hal ini bisa menjadi solusi bagi yang ingin berwisata saat momen liburan tiba, atau sekadar menghabiskan akhir pekan bersama yang tersayang.

Simak daftar selengkapnya dari mulai makanan terenak sampai apa saja yang menjadi daya tarik di Pantai Pangandaran.

Dengan tips liburan ke Pantai Pangandaran ini bisa menjadi pedoman untuk menghemat pengeluaran, sehingga tidak khawatir kehabisan uang saat berlibur.

Tips liburan ke Pantai Pangandaran

Pada dasarnya, agar liburan bisa hemat tergantung dari bagaimana mengontrol pengeluaran. Hal ini bisa dimulai dengan persiapan sebelum berangkat sampai waktu kepulangan.

Wisatawan harus bijak mengatur pengeluaran, serta bisa menahan 'lapar mata' saat melihat barang apapun yang dirasa kurang dibutuhkan.

Namun, beda halnya untuk kebutuhan primer seperti penginapan, makan, dan anggaran pembelanjaan oleh-oleh yang memang harus diutamakan agar menambah kesan saat liburan.

Tetapi untuk kebutuhan primer pun juga harus selektif agar tidak merepotkan perjalanan usai liburan, sekaligus dapat menghemat pengeluaran saat berkunjung ke Pantai Pangandaran.

Agar lebih jelas, hal apa saja yang mesti diperhatikan selama liburan ke Pantai Pangandaran agar tidak boncos pengeluaran, berikut tipsnya:

1. Pilih waktu liburan di luar musim ramai

Musim liburan atau akhir pekan seringkali menjadi waktu ketika Pantai Pangandaran amat ramai dikunjungi. Hal ini menyebabkan harga akomodasi, transportasi, dan makanan menjadi lebih mahal.

Untuk menghemat biaya, sebaiknya pilihlah waktu liburan di luar musim ramai, seperti pada hari kerja atau di tengah pekan.

2. Pilih akomodasi yang terjangkau

Ada berbagai macam pilihan akomodasi di Pantai Pangandaran, mulai dari hotel, villa, hingga homestay. Untuk menghemat biaya, sebaiknya pilihlah akomodasi yang terjangkau, seperti homestay atau hostel.

Anda juga bisa memilih akomodasi yang terletak di luar kawasan Pantai Pangandaran, tetapi masih terjangkau dengan kendaraan umum.

3. Bawa makanan dan minuman sendiri

Harga makanan dan minuman di Pantai Pangandaran bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar. Untuk menghemat biaya, sebaiknya bawalah makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Anda juga bisa membeli makanan dan minuman di warung-warung kecil di sekitar pantai, yang biasanya menawarkan harga yang lebih terjangkau.

4. Berwisata secara mandiri

Anda bisa menghemat biaya dengan berwisata secara mandiri. Anda bisa menyewa kendaraan sendiri atau menggunakan kendaraan umum untuk berkeliling Pantai Pangandaran.

Anda juga bisa melakukan kegiatan wisata secara mandiri, seperti berenang, bermain air, atau memancing.

5. Manfaatkan promo dan diskon

Banyak tempat wisata dan penginapan di Pantai Pangandaran yang menawarkan promo dan diskon. Anda bisa mencari informasi tentang promo dan diskon tersebut di internet atau media sosial.

Tips liburan ke Pantai Pangandaran
Tips liburan ke Pantai Pangandaran bisa menjadi bekal sebelum berangkat berwisata di tempat tersebut.

Destinasi favorit di Pantai Pangandaran

Kemudian menarik untuk diketahui, sebenarnya ada apa saja yang ada di Pantai Pangandaran, sehingga dirasa wajib untuk masuk ke daftar rekomendasi destinasi yang harus dikunjungi saat musim liburan?

Berikut ini sejumlah spot terbaik yang ada di sekitar Pantai Pangandaran:

1. Sensasi ombak eksotis

Apalagi yang dicari dari sensasi liburan ke Pantai Pangandaran kalau bukan untuk melihat deburan ombak yang seakan bergoyang-goyang.

Eksotisme itu kian mengesankan saat para peselancar memainkan atraksinya di tengah gulungan ombak tersebut.

Pemandangan ini menjadi hal yang lumrah tersaji, di tambah suasana terik matahari menjadi segar seraya menikmati kelapa muda sambil bersantai di bibir pantai.

2. Hamparan pasir putih

Bagi yang hobi berfoto-foto dengan pemandangan aestetik, wisatawan bisa berlarian atau berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai dengan hamparan pasir putih yang indah.

Dengan latar belakang pasir putih dan pantai, foto Anda akan terlihat keren untuk dipamerkan di media sosial.

Hal ini juga akan menjadi pengalaman mengesankan saat deretan foto dapat terdokumentasi dengan baik pada galeri ponsel Anda.

3. Hutan Mangrove

Pengunjung juga bisa menikmati rimbunnya hutan mangrove seraya menaiki perahu yang disediakan pengelola atau nelayan setempat.

Ada berbagai spesies hewan di hutan mangrove Pantai Pangandaran. Ini akan menambah kesan liburan, karena melihat langsung deretan hewan-hewan yang tak mungkin dijumpai di dataran pada umumnya.

4. Menyaksikan sunset yang mempesona

Dan lagi, sunset atau pesona matahari terbenam bisa menjadi obat untuk mencari ketenangan. Mata Anda akan termanjakan. melihat kebesaran Tuhan melalui sunset tersebut.

Anda juga akan merasakan kenyamanan bersama pasangan, karena suasana sunset dapat menambah kesan syahdu bagi siapapun yang melihatnya.

5. Curug Cikaso

Curug Cikaso merupakan air terjun yang berlokasi di Sukabumi, jaraknya sekitar 100 kilometer dari Pantai Pangandaran.

Memang tak bisa dikatakan dekat, hanya saja bisa menjadi alternatif tambahan untuk mengobati rasa rindu Anda akan destinasi wisata bernuansa air yang menyegarkan mata dan pikiran.

Curug Cikaso memiliki tiga tingkatan tempat yang bisa dijelajahi, lengkap dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

6. Taman Nasional Pangandaran

Terakhir ada Taman Nasional Pangandaran yang memiliki sejumlah koleksi flora dan fauna yang hidup dan berkembang di kawasan Jawa Barat.

Anda bisa menyaksikan sejumlah binatang langka macam rusa, lutung hitam, dan beraneka ragam burung yang hidup dan tinggal di taman nasional tersebut.

Kepiting saus telur asin menjadi salah satu kuliner terpopuler di Pantai Pangandaran
Ilustrasi. Kepiting saus telur asin menjadi salah satu kuliner terpopuler di Pantai Pangandaran.

Daftar kuliner di Pantai Pangandaran

Tak lengkap rasanya jika berlibur tidak sambil memanjakan lidah dengan beragam kuliner lezat. Di Pantai Pangandaran, ada banyak pilihan kuliner yang dijajakan para pedagang, antara lain:

1. Kepiting saus telur asin

Memanjakan lidah saat liburan ke Pantai Pangandaran bisa dengan mencicipi lezatnya kepiting saus telur asin.

Makanan ini menjadi yang paling difavoritkan kebanyakan pengunjung saat berada di Pantai Pangandaran.

Kepiting yang dimasak juga masih segar hasil tangkapan nelayan setempat, yang diolah dengan bumbu khas sehingga mengguncang mulut dan lidah.

2. Ikan bakar

Lalu ikan bakar yang hampir tak pernah absen menjadi makanan khas area laut. Tentu menjadi salah satu opsi kuliner yang wajib dicoba khususnya saat berada di Pantai Pangandaran, Jawa Barat ini.

Aroma asap yang harum, berpadu dengan daging ikan yang gurih dan ditambah siraman kecap manis akan menambah citarasa kuliner satu ini sebagai yang terbaik di wisata Pangandaran tersebut.

3. Es krim Pangandaran

Saat ke pantai, untuk menyegarkan tubuh tak harus dengan menenggak es kelapa muda saja, karena ada cara lain untuk meredakan rasa haus Anda dengan es krim khas Pangandaran.

Es krim ini dijual dengan harga terjangkau, dan pengunjung bisa mencoba salah satu yang terpopuler dari Depot Es Krim Ragil yang ada di sekitar pantai.

4. Nasi kucing khas Pangandaran

Meski nasi kucing kerap dijumpai di berbagai kota, namun beda halnya dengan yang ada Pantai Pangandaran ini. Rasa yang murah serta harganya yang super terjangkau pasti Anda akan menyukainya.

Oleh karena itu, jangan tunda rasa lapar Anda untuk segera menikmati lezatnya nasi kucing yang disajikan sepaket dengan berbagai lauk pauk pilihan.

Rekomendasi penginapan di Pantai Pangandaran

Jika kegiatan liburan dirasa melelahkan, maka jangan paksakan untuk pulang di hari itu juga. Anda bisa memutuskan untuk menginap pada fasilitas penginapan yang ada di sekitar tempat wisata itu.

Berikut ini beberapa rekomendasi penginapan di Pantai Pangandaran yang diklaim memiliki biaya menginap yang hemat.

  • Pondok Wisata Pantai Indah, Pangandaran. Harga kamar standar adalah Rp 175.000/orang/malam.
  • Losmen Setia Kawan, Pangandaran. Biaya menginapnya adalah Rp 200.000/orang/malam. Jenis kamar Deluxe yang membuat nyaman saat bermalam di tempat ini.
  • Homestay Pantai Pangandaran, tarifnya sebesar Rp 150.000/orang/malam. Tipe kamar yang disediakan cocok untuk segala jenis tamu.

Meski terbilang murah untuk sekali menginap, tetapi kenyamanan pengunjung tetap menjadi prioritas yang diberikan pihak pengelola dengan hadirnya berbagai fasilitas yang memadai.

Demikian tips liburan ke Pantai Pangandaran dengan biaya super hemat agar tak mengurangi kesenangan Anda saat berkunjung ke tempat itu.

Alih-alih mendapat kesenangan, jika biaya wisata mahal tentunya akan membuat 'rungkad' dan malas untuk berkunjung lagi di kemudian hari.

Karenanya penting untuk mengikuti tips liburan ke Pantai Pangandaran di atas agar sensasi menikmati panorama, mencicipi kuliner idola, sampai menginap di tempat yang nyaman bisa Anda rasakan.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.